Siapa sih di antara kamu yang nggak suka menonton televisi? Entah itu di Rumah, di Pos Ronda, ataupun di Warung deket rumah kamu, pasti kamu suka dong, ya… Yup! Di negara kita, Indonesia, televisi itu boleh dibilang sebagai salah satu alat yang bisa mempersatukan bangsa. Nggak percaya? Buktinya di daerahku saja…

Aku jadi teringat ketika dulu lagi heboh-hebohnya Timnas Indonesia berlaga di SEA Games 2019 Filipina. Di daerahku, orang-orang begitu antusias dan penuh semangat menyaksikan Timnas Indonesia berlaga. Sampai-sampai diadakannya acara nonton bareng hanya untuk menyaksikan Timnas Indonesia berlaga di salah satu televisi swasta. Ketika ingat momen itu, aku jadi rindu. Rasanya begitu menyenangkan.

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 1

Dari cerita di atas kita bisa mengetahui, bahwa menonton televisi itu bisa memberikan dampak yang baik bagi kehidupan, salah satunya bisa mempersatukan masyarakat. Jika kita telaah lebih jauh lagi, keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menonton televisi itu ternyata cukup banyak, seperti:

  • Sebagai media hiburan
  • Sebagai sarana edukasi kepada keluarga
  • Kita juga bisa belajar berempati kepada seseorang
Pertama tentunya sebagai media hiburan, bagi kamu yang jenuh bahkan stres setelah seharian beraktivitas di luar rumah, mungkin menonton televisi bisa menjadi solusinya, kamu bisa menonton tayangan yang menghibur di televisi untuk menghilangkan rasa jenuh atau stres yang menimpa dirimu. Dengan begitu, rasa jenuh dan stres perlahan mulai hilang, atau bahkan bisa bertambah melihat tayangan televisi Indonesia yang makin ke sini makin menurun?

Kedua sebagai sarana edukasi di keluarga. Yup! Dengan menonton tayangan televisi yang berkualitas dan bersifat edukatif dapat menjadi sebagai sarana edukasi di keluarga, terutamanya bagi anak-anak, ya!
 
Dan yang ketiga jadi bisa belajar berempati kepada seseorang. Ehem, seperti yang kita ketahui bersama, kebanyakan tayangan di Indonesia itu isinya adalah menjual rasa kasihan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan rating-nya. Tak jarang, tayangan yang seperti itu bisa membuat kita sedih, hal ini bisa membuat kita belajar berempati kepada orang lain dan juga peka terhadap perasaan seseorang.

Menurunnya Kualitas Tayangan Televisi di Negeri Kita

Dulu, aku termasuk orang yang sering banget menonton televisi. Hampir tiap harinya aku duduk manis di depan televisi untuk menyaksikan program televisi kesayanganku. Menonton televisi seolah-olah udah menjadi sebuah keharusan yang nggak boleh terlewatkan.

Tapi.. itu dulu. Sekarang, aku udah males banget menonton televisi. Mungkin teman-teman semua udah tau kan apa penyebabnya? Yup, kualitasnya yang menurun! Bisa dibilang tayangan televisi sekarang itu lebih mengedepankan rating atau selera penonton dari pada kualitasnya. 

Sedih memang melihat realita yang ada, namun apa daya, aku hanyalah seorang pengguna yang tak bisa berbuat apa-apa.

Tayangan televisi yang buruk membuatku beralih ke YouTube untuk mencari tayangan yang ‘sedikit’ lebih baik. Walaupun tayangan Youtube di negara kita nggak bagus-bagus amat, paling tidak, di Youtube tayangannya lebih bervariasi, kita bisa memilih tayangan apa saja yang diinginkan.

Kita bisa dengan leluasa memilih berbagai channel dari berbagai topik yang menarik, mulai dari channel hiburan, jalan-jalan, otomotif, agama, dan masih banyak lagi.

Smart TV, bikin nonton Televisi jadi lebih menyenangkan

“Ah elah, emangnya masih seneng ya nonton Youtube lewat ponsel? Nggak sakit tu mata?” Ucap salah seorang teman ketika melihatku lagi asyik menonton video di Youtube lewat ponsel.

Mendengarkan ucapannya itu aku kaget, “Emangnya selain di ponsel bisa ya nonton Youtube, di mana emangnya?” Tanyaku.

Wajar saja, aku hidup di daerah pedesaan yang kurang update masalah perkembangan zaman. Yang aku ketahui, menonton Youtube itu hanya bisa dilakukan di ponsel ataupun gawai seperti komputer dan laptop.

Tapi…

Setelah temanku menjelaskan, aku baru tau, ternyata sekarang kita bisa menonton Youtube lewat televisi. Caranya? Yaitu dengan menggunakan perangkat canggih bernama Smart TV.

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 2

Hmm, apakah sobat udah tau apa itu Smart TV? Atau juga baru tau seperti aku? Jadi begini, Smart TV atau televisi pintar ini adalah alat elektronik yang dibekali dengan berbagai macam fitur dan teknologi yang membuatnya menjadi terlihat ‘pintar’.

Iya, seriusan!

Smart TV biasanya memiliki sistem operasinya sendiri dan yang paling menyenangkan bisa terkoneksi dengan internet. Dengan begitu, kamu bisa melakukan beragam aktivitas secara online dengan mudah dan lebih menyenangkan.

Dukungan fitur yang canggih seperti bisa mengontrol dengan suara dan gerakan juga membuat Smart TV semakin menggoda untuk dimiliki.

Android TV dan Smart TV dari Coocaa, Canggih dan Harganya Bersahabat!

Walaupun menonton televisi bisa memberikan dampak positif, tapi makin ke sini tayangan televisi di Indonesia semakin menurun kualitasnya. Lalu, apakah solusinya? Kamu bisa beli Android Tv dari Coocaa ini!

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 3

Sekarang, kamu udah tau kan apa itu Smart TV? Bagaimana, jadi tertarik kan untuk memilikinya?

Memiliki smart tv sendiri di rumah merupakan impian bagi sebagian orang. Apalagi ketika mereka udah tau, bahwa dengan mempunyai smart tv sendiri di rumahnya akan memberikan banyak impact yang positif.

Apa sih contohnya? Dengan adanya smart tv di rumah, keluarga kita bisa terhindar dari tayangan di televisi biasa yang ‘kurang’ berbobot.

Nah, bagi kamu yang baru mengenal smart TV mungkin bingung dan bertanya-tanya, apa sih merek Smart TV Terbaik dan harganya pas di kantong? Nah, sudah pasti jawabannya adalah Coocaa.

Apa sih Coocaa itu?

Bagi kamu yang turut menyaksikan keseruan Indonesia merebutkan medali di Sea Games di Filipina tahun lalu mungkin sedikit mengenal brand satu ini, pasalnya Coocaa merupakan partner resmi Sea Games 2019 di Filipina. Nggak percaya? Video di bawah buktinya!

Jadi, Coocaa adalah merek smart tv besutan PT Skyworth Industry Indonesia. Brand ini menghadirkan televisi dari berbagai jenis, seperti smart TV dan android TV dengan fitur yang canggih, kualitas terbaik, dan harga yang terjangkau. 

Siapa yang nggak tertarik kalau begini? 

Di antara banyaknya produk televisi yang ditawarkan oleh Coocaa, yang paling membuatku tertarik untuk memilikinya adalah Android TV UB7500

Android TV UB7500 adalah televisi yang didukung oleh sistem operasi android 9.0 yang diluncurkan oleh Coocaa untuk memeriahkan perhelatan SEA Games di Filipina tahun lalu. Hmm, spesial banget kan produk yang satu ini?

Tak jauh berbeda dengan smart TV yang memiliki kecanggihan yang memukau, Android TV dari Coocaa ini juga memiliki banyak keunggulan yang membuatku pengin banget memilikinya. Apa aja itu?

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 4

Desain yang Memukau

Android TV UB7500 dari Coocaa ini memiliki desain yang memukau dengan bodi yang tipis. Layar inifinity yang tersedia dalam model 43 ”, 50”, 55 ”dan 65” dengan bezel ramping yang dibekali dengan resolusi UHD alias 4K membuat menonton televisi semakin menyenangkan, ditambah dukungan teknologi Dolby Vision dan juga Pure HDR membuat pengalaman menonton televisi semakin berkesan. Keren banget, kan?

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 5

Suara yang Kenceng Banget

Tak hanya dibekali dengan desain yang memukau, Android TV UB7500 dari Coocaa juga dibekali dengan suaranya yang kenceng banget, membuat pengalaman menonton terasa lebih realistis. Bagaimana tidak, Coocaa menyematkan teknologi audio dari Dolby Audio yaitu DTS TruSurround yang dapat menghasilkan suara yang kuat dan lebih detail. Siapa yang nggak ngiler kalau begini?

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 6

Didukung oleh Fitur Canggih

Seperti yang udah aku sebutkan tadi, Android TV UB7500 dibekali dengan sistem operasi android 9.0, yang mana memudahkan pengguna untuk menyambungkan televisi dengan beberapa aplikasi seperti soundbar, gamepad, kamera, mikrofon, dan masih banyak lagi.

Bagaimana ulasan mengenai Android TV UB7500 dari Coocaa? Sangat keren, kan? Ngomong-ngomong, seberapa canggihkah Android TV UB7500 ini? Mari kita lihat spesifikasinya:

– 4K Ultra high-definition
– Trochilus Extreme
– Android 9.0
– Google Assistant
– Dolby Audio + DTS TruSurround
– Framless TV
– Dimensions ( W x D x H ): 50 : 1,112.5 x 240 x 685 mm

– Blacklight System :LED
– Picture Mode : User / Standard / Vivid / Sport / Movie / Game / Energy Saving
– Display Resolution : UHD 3840 x 2160
– Clear Motion Rate : 60Hz
– Brightness of Panel : 330
– Display Mode : Auto / Super Zoom / 4:3 / 14:9 / 16:9 / Wide Screen / Full / Unscaled

– Speaker Design : Invisible Speaker
– Speaker Type : Downfiring
– Balance Adjustment : Yes
– Surround : Yes

– Speaker Design : Invisible Speaker
– Speaker Type : Downfiring
– Balance Adjustment : Yes
– Surround : Yes

– Operating System :Android 9.0
– CPU/GPU: ARM Cortex-CA53 Quad core 1.0 GHz
– Wifi :Built-in
– USB Charge: YES
– USB: 2
– HDMI In (1.3): 3

Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan 7
image via Blibli.com

Selain Android TV UB7500, produk lain dari Coocaa yang membuatku ngiler dan ingin memilikinya adalah Smart TV UB5500. Produk smart TV dari Coocaa ini pun tak kalah canggih dan berkualitas dari produk yang aku review sebelumnya.

Smart TV UB5500 ini dibekali dengan layar berukuran 50 inch dan beresolusi Ultra HD dengan kualitas gambar yang tajam, jernih, dan warnanya juga bervariasi, membuat pengalaman menonton televisi terasa lebih menyenangkan. 

Smart TV UB5500 ini juga memiliki bezel yang tipis sehingga kelihatan lebih kalem dan modern. Cocok diletakkan di dalam rumah untuk mempercantik tampilan ruangan.

Oh ya..

Sama seperti smart TV pada umumnya, smart TV UB5500 dari Coocaa ini juga bisa terkoneksi dengan internet, yang mana tentunya akan membuat kita lebih leluasa berselancar di dunia maya.

Buat kamu yang suka nonton film atau drama pun tak perlu khawatir, pasalnya UB5500 juga udah dibekali Netflix bawaan loh, keren ya..

Dengan adanya Android TV dan Smart TV yang canggih dan berkualitas dari Coocaa ini tentunya akan menyelamatkan keluarga kita dari tayangan yang tidak berbobot.

Kita bisa melakukan banyak hal dengan Android TV dan Smart TV dari Coocaa ini, mulai dari bermain games, menonton film dan Youtube, browsing, dan melakukan berbagai hal bermanfaat lainnya. 

Nah, sepertinya cukup itu saja tulisanku kali ini mengenai brand televisi terbaik, yaitu Cooca. Semoga apa yang aku bagikan bisa berguna terutama buat teman-teman yang tengah bingung ingin memboyong smart TV ataupun android TV.

Jika teman-teman tertarik, bisa langsung order lewat toko resmi Coocaa Indonesia yang ada di Lazada, ya! Berikut adalah tautannya, Terima kasih!

Kategori: ArtikelReview

Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

1 Komentar

Muhammad Nur Ardi Handayat · 15 Februari 2020 pada 8:35 am

Keren ulasannya kak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *