Tips Mengatur Keuangan dengan Tepat Bagi Anak Muda – Usia muda adalah usia yang bisa menentukan hidup seseorang, apakah ia akan sukses kedepannya atau tidak. Masa depan seseorang bisa dilihat dari bagaimana caranya ia memanfaatkan masa mudanya, apakah ia menghabiskan masa mudanya untuk berkarya atau hanya sekedar berfoya-foya.

Baca juga: Oli Motor Terbaik dari Pertamina

Banyak dari anak muda jaman sekarang yang tak memikirkan masa mudanya, ia hanya menghabiskan masa mudanya dengan berpacaran atau hanya sekedar nongkrong-nongkrong gak jelas dengan teman-temannya. Ya, selagi kamu masih muda kamu harus tau bagaimana caranya menggapai kesuksesan tersebut. Berikut adalah artikel tips mengatur keuangan bagi anak muda kami berikan untuk Anda..

Tips Mengatur Keuangan jika kamu ingin sukses

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 1

Siapa yang tidak ingin mendapatkan kesuksesan? Pasti kamu mau dong. Ya, kesuksesan adalah dambaan setiap orang yang hidup di muka bumi ini. Tak ada manusia yang hidup di muka bumi ini yang menginginkan kegagalan, pasti semuanya menginginkan kesuksesan.

Baca juga: Aplikasi Islam Sesuai Sunnah Terbaik

Tapi, apakah kamu sudah tau, bahwa menggapai kesuksesan itu tidaklah mudah. Banyak sekali halangan dan rintangan yang harus kita lewati. Tak heran, kenapa banyak orang yang sukses itu merupakan orang-orang yang memiliki jiwa yang kuat dan penyabar.

Apakah kita bisa sukses juga?

Dimana ada kemauan di situ ada jalan. Tentu, semua orang  pasti bisa mendapatkan kesuksesan, tapi kamu harus tau bahwa sesungguhnya meraih kesuksesan itu tidaklah instan. Maka dari itu, selagi usia kamu masih muda kamu harus mengetahui tips sederhana untuk mendapatkan kesuksesan dari saya, berikut adalah tipsnya.

Cerdas Memanfaatkan Waktu

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 2
Harus Cerdas Memanfaatkan Waktu | Vector by Freepik.com

Cara sederhana pertama yang harus kamu lakukan untuk menggapai kesuksesan ialah harus cerdas memanfaatkan waktu. Walaupun merupakan hal sepele, banyak orang yang lalai dan suka membuang-buang waktunya untuk melakukan hal yang tidak penting. Seperti bermain game, bermalas-malasan, main sosmed dan lain sebagainya. Padahal ada banyak hal bermanfaat yang bisa ia lakukan untuk menggapai kesuksesan seperti membaca buku, menulis dan berbagai hal lainnya. Maka dari itu, untuk mendapatkan kesuksesan kamu haus cerdas memanfaatkan waktu.

Jangan Mudah Menyerah

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 3
Jangan Mudah Menyerah | Vector by Freepik.com

Untuk mendapatkan kesuksesan seharusnyalah kita menanamkan sejak muda sikap pantang menyerah di dalam diri kita. Sebanyak apapun kegagalan dan cobaan yang kita alami, yakinlah kita akan pasti berhasil dan bisa melewatinya.

Beli Sesuatu yang Bermanfaat

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 4
Beli sesuatu yang bermanfaat

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan jika kamu ingin meraih kesuksesan adalah membeli sesuatu yang bermanfaat. Maksudnya adalah membeli sesuatu yang kamu perlukan saja, bukan membeli suatu barang hanya untuk gengsi dan pamer semata.

Contoh sederhana membeli sesuatu yang bermanfaat adalah membeli pensil kemudian digunakan untuk menggambar, kemudian gambarnya dijual dan kamu mendapatkan uang. Kalau contoh membeli sesuatu hanya untuk gengsi dan pamer semata adalah membeli smartphone merek terbaru padahal smartphone lama masih ada. Kita sebagai anak muda seharusnyalah harus cerdas mengatur uang untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan jangan sampai uang kita habis karena membeli sesuatu yang tidak berguna.

Selalu Mengembangkan Bakat

thumbnail postingan

Cara berikutnya yang harus kamu lakukan jika ingin meraih kesuksesan adalah kamu harus selalu mengembangkan bakat yang kamu miliki. Dengan rutin mengasah bakat atau potensi yang kamu miliki akan membuat kamu menjadi seorang pemuda yang sukses kedepannya.

Contohnya saja Joey Alexander, walaupun masih berusia 13 tahun ia sudah sukses berkat keahliannya dalam memainkan piano. Ia sempat mendapatkan beberapa penghargaan dari bakat yang ia miliki, salah satu penghargaan yang paling terkenal yang Joey pernah dapatkan ialah nominasi anugerah Grammy Awards pada tahun 2015 lalu.

Mengatur Keuangan dengan Bijak

Selain 4 (empat) tips diatas, ada 1 tips lagi yang bisa kamu lakukan untuk meraih kesuksesan, tips itu adalah bijak mengatur keuangan. Ya, walaupun terdengar sepele banyak orang-orang yang salah dalam mengatur keuangannya dan keluarganya. Sehingga membuat uang yang mereka miliki habis dengan sia-sia.

Orang-orang yang memiliki masalah dalam mengatur keuangannya biasanya adalah orang-orang sudah memiliki keluarga. Sebab, mereka yang sudah berkeluarga memiliki kebutuhan yang cukup banyak bila dibandingkan mereka yang belum berkeluarga.

Walaupun memiliki kebutuhan yang masih minim, bukan berarti kamu (yang jomblo) tak harus mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik. Ya, perencanaan keuangan saat muda sangat penting loh untuk kamu di masa depan.

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit tips bijak sederhana kepada kamu semua dalam mengatur keuangan, baik itu untuk yang sudah berkeluarga ataupun belum, berikut adalah tipsnya agar kamu tak salah lagi dalam mengatur keuangan:

Beli sesuatu yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 5

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan membeli barang yang kamu butuhkan. Banyak orang yang suka menghambur-hamburkan uangnya untuk membeli sesuatu yang bukan menjadi kebutuhannya. Alhasil, belum beberapa hari selesai gajian uangnya sudah habis karena membeli suatu yang tidak ia perlukan. Maka dari itu, untuk Anda yang sudah berkeluarga seharusnya merencanakan belanja bulanan dengan matang agar gaji yang kamu miliki tidak cepat habis.

Gaya hidup boros dan suka membeli barang yang bukan menjadi kebutuhannya juga sering dilakukan oleh kaum muda di Indonesia. Hanya demi gaya-gayaan dan mengikuti trend perkembangan zaman mereka rela menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting, seperti membeli behel (padahal giginya masih bagus), membeli handphone keluaran terbaru (padahal handphone lama masih ada) dan lain sebagainya.

Gaya hidup boros seperti inilah yang seharusnya di hilangi dalam kehidupan kita. Kita harus bijak dalam mengatur keuangan yaitu dengan cara membeli barang yang kita butuhkan saja. Dan sisanya lebih baik kamu simpan untuk keperluan yang lebih penting.

Kurangi berkendara, baik itu dengan motor ataupun dengan mobil

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 6

Tips mengatur keuangan selanjutnya agar bisa sukses berikutnya yang bisa kamu terapkan ialah dengan mengurangi berkendara, baik itu berkendara denga mobil ataupun dengan motor. Berkendara adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum. Tapi, apakah kamu sudah tau bahwa dengan sering berkendara akan membuat kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin meningkat.

Dengan meningkatnya kebutuhan BBM akan membuat kita mengeluarkan uang yang lebih untuk membelinya, sehingga membuat keuangan kita makin lama makin menipis. Oleh karena itu, seharusnyalah kita harus mengurangi berkendara yang berlebihan. Kalau bisa biasakan berjalan kaki ataupun bersepeda baik mau ke kantor ataupun ke sekolah (kalau deket ya).

Jangan lupa untuk menabung

thumbnail postingan

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan menabung. Ya, orang-orang yang sukses tak pernah menghambur-hamburkan uangnya untuk membeli sesuatu yang tidak berguna. Banyak orang-orang sukses di Dunia lebih memilih menabung dibandingkan membeli sesuatu yang tidak ia butuhkan. Ia berfikir bahwa menabung itu lebih baik daripada membeli barang yang tak ia butuhkan.

Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan seharusnyalah kamu harus menanamkan sikap rajin menabung di dalam diri kamu sejak muda. Usia muda adalah usia yang sangat cocok untuk menabung, dengan menabung di usia muda akan membuat kamu di usia tua nanti memiliki cadangan uang sendiri.

Selain itu, menabung juga memiliki peran yang penting dalam mengatur keuangan kita. Sebab, dengan menabung kita akan merasakan banyak manfaat.

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 7
Manfaat Rajin Menabung

Tapi apakah kamu sudah tau apa saja manfaat dari menabung? Menabung itu memiliki banyak sekali manfaat yang orang-orang jarang mengetahuinya. Berikut adalah manfaat dari menabung yang harus kamu ketahui:

1. Belajar Berhemat
Anak-anak muda yang sering melakukan gaya hidup boros akan berubah menjadi seseorang yang hemat jika ia menanamkan sikap rajin menabung didalam dirinya. Dengan rajin menabung, sikap boros yang kamu miliki akan hilang dengan sendirinya.

2. Belajar Bersabar
Dengan menabung kita akan memiliki sikap penyabar. Sebab menabung merupakan kegiatan mengumpulkan uang yang membutuhkan waktu yang cukup lama sampai benar-benar target kita terkumpul.

3. Mencegah untuk Berhutang
Selanjutnya rajin menabung juga dapat mencegah kamu untuk berhutang. Lah, kok bisa? Pasalnya kamu sudah memiliki uang simpanan sendiri yang bisa kamu ambil kapan saja, jadinya kamu tidak perlu lagi berhutang kepada orang lain.

4. Melatih untuk Hidup Sederhana
Dengan menabung kita akan dilatih bagaimana hidup dengan sederhana. Sederhana artinya kamu hidup serba berkecukupan, tidak kurang dan tidak berlebih.

5. Memiliki Cadangan Keuangan
Dengan menabung kamu akan memiliki cadangan keuangan sendiri. Dengan begitu akan membuat kamu tidak was-was saat terjadi sesuatu. Misalnya sakit dan kebutuhan mendesak lainnya.

Jangan lupa sob, sisihkan juga uangmu untuk beramal

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 8

Apakah sobat sudah mengetahui bahwa sesungguhnya harta yang kita miliki itu hanyalah titipan? Dan akan akan kembali kepada Yang Maha Kuasa. Di dalam harta yang kita miliki juga terdapat hak orang lain seperti fakir miskin, anak yatim, janda-janda dan lain sebaginya. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita menyisihkan sebagian harta kita untuk beramal, seperti berinfaq, sedekah, zakat dan amal-amal lainnya.

Beramal tak akan membuat harta kita berkurang, malahan bertambah. Yuk, tanamkan dalam diri kita sifat rajin beramal agar harta kita bersih 🙂 

Membuka usaha sampingan kecil-kecilan

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 9

Cara mengatur keuangan dengan bijak selanjutnya adalah dengan cara membuka usaha sampingan kecil-kecilan. Membuka usaha sampingan kecil-kecilan bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan lebih mudah. Dengan membuka usaha sampingan akan membuat rumah tangga Anda memiliki cadangan keuangan selain gaji pokok setiap bulannya.

Ya, di Indonesia sangat banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan Anda. Saran saya pilihlah usaha yang bisa kamu kerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Adapun beberapa contoh usaha sampingan kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan kamu antara lain sebagai berikut:

  • Berjualan pulsa
  • Membuka jasa pembayaran token listrik, air dan lain sebagainya
  • Membuka warung sembako
  • Dan masih banyak lagi…

Semua usaha itu bisa kamu kerjakan dengan mudah dan tentunya tanpa mengganggu pekerjaan utama. Tertarik untuk mencobanya?

Bagi yang jomblo, hindari pacaran

10 Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan 10

Selain menimbulkan dosa, pacaran juga akan membuat masa mudamu menjadi sia-sia, bahkan pacaran hanya membuang waktu, uang dan tenaga. Jika waktu, uang dan tenaga sudah terbuang pasti kamu akan lebih sulit lagi dalam mengatur keuangan di masa muda. Alangkah baiknya isilah masa mudamu dengan hal yang lebih bermanfaat seperti berbisnis, membaca buku dan lain sebagainya..


Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalau butuh banget sama tulisan ini, silahkan hubungi kontak saya, ya..