Handayat.com

Search
Close this search box.

6 Tips Cerdas Membeli Mobil Second yang Harus Diketahui

Membeli mobil second bisa terasa luar biasa sulitnya dengan begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Cara menemukan mobil bekas bukan hanya memilih mana yang sekiranya pas untuk Anda, tetapi juga yang membuat Anda merasa aman di dalamnya.

Jadi, tidak heran jika membeli mobil second bisa lumayan agak tricky. Salah membeli bisa membuat Anda menjadi menyesal. Kalau tidak mau menyesal. berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat membeli mobil second untuk Anda pahami.

Baca juga:  Melihat Tren Perkembangan Chatbot di Indonesia

Tips Cerdas Membeli Mobil Second

1. Lakukan Riset untuk Menemukan Kendaraan yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Tips untuk meneliti kendaraan:

  • Putuskan untuk apa Anda membutuhkan kendaraan: bepergian, bekerja, keluarga? Model mana yang Anda minati? Tuliskan kebutuhan dan kendaraan favorit Anda.
  • Teliti fitur keselamatan kendaraan.
  • Teliti efisiensi bahan bakar atau baterai.
  • Teliti harga. Ingatlah bahwa jenis kendaraan yang Anda beli dapat memengaruhi biaya asuransi Anda. Tanyakan orang yang paham di bidang otomotif untuk detailnya.
  • Lakukan penelitian leasing, opsi pembelian, dan nilai jual kembali.
  • Ambil setiap kendaraan untuk test drive menyeluruh dan catat yang bisa Anda rujuk nanti.

2. Periksa Kendaraan Dari Masalah

Memeriksa kendaraan bekas untuk dijual memberi Anda langkah pencegahan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan kendaraan second yang bagus.

Baca juga:  5+ Cara Pemerintah dalam Memberantas Kemiskinan di Indonesia

3. Cari Laporan Riwayat Kendaraan

Laporan riwayat kendaraan dapat membantu Anda memilih kendaraan yang tepat dan bisa menghindari kesepakatan yang buruk dan membuat Anda rugi di kemudian hari.

Cek Kelengkapan Mobil

Membeli kendaraan bekas tidak hanya beli mobil dan kuncinya saja, namun juga hal penting lainnya terkait kepemilikan seperti:

  • BPKB
  • STNK
  • Surat asuransi

5. Daftarkan, Lisensikan dan Asuransikan Kendaraan Bekas Anda

Sebelum Anda bisa mendapatkan pelat nomor baru dan asuransi, Anda perlu mendaftarkan kendaraan. Anda dapat mendaftarkan kendaraan, serta melisensikan dan mengasuransikannya.

6. Lakukan Test Drive

Test drive sangat penting, dan jika penjual menolak, itu adalah tanda bahaya besar. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan test drive lebih awal, usahakan untuk luangkan waktu Anda dan fokuskan mobil untuk menjelajahi jalan.

Lihat bagaimana mobil ketika melaju di jalan-jalan kota, jalan tidak rata, dan bagaimana kinerjanya di jalan raya. Jangan memaksakan mobil dengan memekik di belokan, selanjutnya jelajahi juga rentang putaran atas mesin.

Ingat apa saja yang harus diperiksa saat membeli mobil bekas, termasuk periksa rem di tempat yang aman juga, untuk memastikan mobil berhenti dengan lurus dan benar.

Test drive juga merupakan tempat yang tepat untuk menentukan kebisingan, getaran, keragu-raguan, dan masalah kinerja yang tidak diinginkan, jadi mintalah mekanik tepercaya atau teman berpengetahuan Anda untuk duduk di kursi belakang bersama Anda.

Kalau kamu mencari mobil second terbaik, maka bisa percayakan pada aplikasi mobbi. Di mobbi, Anda bisa mendapatkan berbagai macam mobil bekas terbaik dengan harga yang murah tentunya.

Mobil bekas di mobbi sangat berkualitas dan dijamin tidak akan mengecewakan Anda. Apalagi pilihannya juga sangat banyak. Dahulu, mobbi punya nama mo88i, namun sekarang berubah menjadi mobbi. Meski berubah namanya, platform ini masih menjadi salah satu yang terbaik untuk beli mobil bekas. Jadi, segera unduh mobbi, yuk!

1 komentar untuk “6 Tips Cerdas Membeli Mobil Second yang Harus Diketahui”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *