Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari

Sebagai generasi Z, yang mana aku hidup di zaman ketika teknologi sedang berkembang begitu pesatnya, membuatku merasakan berbagai kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan untuk terhubung dengan orang-orang dari seluruh Indonesia bahkan dunia lewat media sosial…

Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) itu seperti pisau bermata dua, alat yang tergantung dengan penggunanya.

Media sosial memberikan banyak perubahan terhadap banyak aspek di kehidupan kita, terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Kita yang dulunya mau berkirim kabar saja dengan orang tercinta nun jauh di sana membutuhkan waktu yang cukup lama, kini hanya butuh waktu beberapa detik saja berkat adanya media sosial.

Aku pun merasakan hal yang sama. Sebagai generasi Z, yang mana aku hidup di zaman ketika teknologi sedang berkembang dengan begitu pesatnya, membuatku merasakan berbagai kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan untuk terhubung dengan orang-orang dari seluruh Indonesia bahkan dunia lewat media sosial.

Aku sendiri sudah mengenal media sosial sejak berumur 10 tahun. Selama menggunakan media sosial, aku sudah merasakan banyak banget dampak positif dari menggunakannya. Salah satu dampak positif dari penggunaan media sosial yang sudah dan masih aku rasakan hingga saat ini adalah bisa mengenal blog sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga bisa menghasilkan cuan dari sana lewat bimbingan seseorang yang aku kenal lewat media sosial.

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari

Tak hanya itu saja, kurang lebih 9 tahun lamanya menjadi pengguna media sosial, membuatku tak hanya merasakan dampak positif media sosial, namun juga menyaksikan orang lain kecipratan dampak positif dari penggunaan media sosial ini, mulai dari dampak yang kecil hingga yang besar, semuanya pernah aku saksikan.

Seperti akhir-akhir ini jagat maya dihebohkan dengan sebuah thread di Twitter yang berisikan tentang seorang kakak mencari adiknya yang sudah 5 tahun hilang. Kurang dari 24 jam thread itu diterbitkan, sang adik pun langsung ditemukan dan diketahui keberadaannya. Wow! Sungguh the power of social media~

Dampak Positif Media Sosial
yang Jarang Disadari

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 2

Dulu, banyak orang yang mengira bahwa media sosial itu hanya bisa memberikan dampak negatif saja bagi kehidupan, apalagi media sosial dulunya tak sepopuler seperti sekarang ini, sehingga bukti bahwa media sosial bisa memberikan dampak positif belum terlalu banyak kelihatan.

Cerita kakak menemukan adiknya yang sudah lama hilang di atas hanya satu dari banyak bukti kekuatan media sosial di zaman modern seperti sekarang ini. Ada banyak kisah lainnya dari kekuatan media sosial yang memberikan dampak positif bagi kehidupan seseorang di luar sana.

Apalagi dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat fungsi media sosial yang awalnya hanya sekadar sebagai media komunikasi dan bersoalisasi, kini makin berkembang dan fungsinya semakin beragam. Sehingga dampak positif yang dihasilkannya pun makin banyak. Berikut ini sudah aku rangkum beberapa dampak positif dari media sosial di era digital seperti sekarang ini!

Sarana untuk Menghasilkan Uang

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 3

Dulunya orang-orang mengira bahwa untuk menghasilkan uang itu harus bekerja ke luar rumah, panas-panasan di bawah terik matahari, ataupun harus mengenakan seragam dan berangkat di pagi hari. Kini sejak adanya media sosial semuanya berubah. Kini untuk menghasilkan uang seseorang tak perlu lagi ke luar rumah, tak harus panas-panasan, tak harus berseragam, dan tak harus berangkat pagi, semuanya kini bisa dilakukan di rumah saja.

Sudah banyak di zaman sekarang ini contoh orang-orang yang sukses dengan memanfaatkan media sosial, salah satunya adalah Khaby Lame, seorang pemuda asal Italia yang sukses menjadi miliarder karena membuat konten-konten menghibur di Tiktok. Sekarang ia memiliki lebih dari 116 juta pengikut di platform berbagi video pendek tersebut.

Di Indonesia sendiri kita bisa melihat cukup banyak orang-orang yang sukses lewat media sosial, seperti Atta Halilintar yang sukses menjadi Youtuber dengan subscribers terbanyak di Asia Tenggara, Kevin Anggara, Ria Ricis, Raditya Dika, dan masih banyak lagi.

Wadah untuk Mengekspresikan Diri

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 4

Tak hanya menjadi sarana untuk menghasilkan uang, media sosial juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri. Buat kamu yang awalnya cuman bisa mengekspresikan diri lewat ruang lingkup yang kecil atau hanya menyimpannya di kepala, kini bisa dengan mudah menyebarkannya ke audiens yang lebih luas dengan menggunakan media sosial.

Aku sendiri sudah menjadi media sosial sebagai wadah untukku berekspresi sejak lama. Aku mulai mencoba mengekspresikan diri lewat blog sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga menjadi mahasiswa seperti sekarang ini. 

Lewat pemanfaatan media sosial berupa blog, aku sudah memenangkan beragam penghargaan lomba kepenulisan blog di tingkat nasional. Selain itu, aku juga dimudahkan masuk perguruan tinggi favorit tanpa harus mengikuti ujian tulis bermodalkan prestasi yang sudah aku raih selama mengikuti lomba-lomba blog ketika SMA.

Selain blog, aku juga memanfaatkan Instagram untuk membagikan ide-ide atau informasi kepada orang banyak agar ilmu yang aku miliki bisa bermanfaat. Aku juga menggunakan YouTube sebagai wadahku untuk berbagi dan mengembangkan diri terutama untuk meningkatkan kemampuanku dalam berbicara di depan orang banyak atau public speaking

Nah, salah satu contoh video Youtube-ku bisa kamu lihat di bawah ini. Aku sedang mereview sebuah media yang sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Hmm, media apa itu, ya? Mari lihat videonya di bawah ini.

Tempat untuk Promosi Bisnis

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 5

Di masa pandemi seperti sekarang ini, media sosial semakin menunjukkan kekuatannya dalam memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah membantu memudahkan promosi bisnis. 

Dulu, orang-orang berpikir bahwa untuk menjangkau pelanggan yang banyak harus melakukan berbagai upaya yang sulit, seperti harus mengikuti bazar, pameran, harus melakukan promosi dari rumah ke rumah, memasang baliho atau banner, dan berbagai cara promosi metode kuno lainnya. 

Sejak adanya media sosial, kini kegiatan promosi bisnis jadi semakin mudah. Kini para pelaku bisnis tak perlu melakukan berbagai upaya yang menghabiskan waktu dan biaya. Dengan adanya media sosial, semua orang jadi semakin mudah melakukan promosi hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan bisa menjangkau orang lebih banyak.

Contohnya seperti berita yang dilansir oleh www.indozone.id di atas, mengenai Chicken Holic yang merupakan brand kuliner olahan daging ayam asal Medan yang bisa survive di masa pandemi dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi bisnisnya, hingga membuat bisnisnya bisa menjangkau pasar nasional. Keren banget, kan?

Memperluas Jaringan Pertemanan

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 6

Sejak mengenal media sosial 9 tahun lalu, dampak positif paling aku rasakan adalah bisa memperluas jaringan pertemananku dengan orang-orang dari seluruh Indonesia, baik itu dengan mereka yang satu minat dan satu pemikiran, ataupun dengan mereka dengan latar belakang yang berbeda.

Sebagai orang yang jarang keluar rumah, teman-teman online yang aku dapatkan dari media sosial cukup membantuku dalam mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Walaupun hanya virtual, memiliki teman-teman online membantu mengembangkan pola pikirku, membuatku lebih terbiasa dengan perbedaan, bisa berdiskusi dari sudut pandang yang berbeda, dan juga bisa belajar skill lain yang belum aku kuasai. Bahkan, ada teman yang dulunya hanya kenalan secara virtual, sekarang menjadi teman akrab di dunia nyata.

Tempat Buat Dapetin Informasi Terkini

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 7

Dulu, buat dapetin informasi atau berita terkini kita harus berlangganan koran ataupun mantengin tv setiap waktu. Kini, berkat adanya media sosial, semuanya jadi lebih mudah. Sekarang, cukup menggulirkan jari jemari di layar gadget kamu, semua akses informasi terkini bisa didapati, mulai dari informasi dalam negeri hingga luar negeri, semuanya bisa dengan mudahnya kita dapatkan.

Tapi, yang menjadi problematika di zaman sekarang ini adalah informasi beredar dengan cepatnya, membuat menyaring informasi menjadi semakin sulit. Informasi datang dengan silih berganti, membuat pengguna internet dituntut untuk memiliki skill literasi dan kritis, agar tidak mudah terpapar hoaks.

Selain itu, memilih sumber berita yang terpercaya dan berkualitas bisa mengurangi risiko terpapar berita hoaks. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih media yang berkualitas dan terpercaya agar informasi yang kamu konsumsi tiap harinya bisa terbebas dari hoaks. Di antara banyaknya media yang ada di Indonesia, salah satu media yang sudah dari dulu dipercayai dan digandrungi oleh generasi muda adalah Indozone. Apa sih Indozone itu dan apa-apa saja keunggulannya? Berikut ini adalah ulasannya untuk temen-temen semua!

Indozone, Tempat Favoritku Buat Cari Informasi Terkini!

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 8

Hayo, siapa di sini yang tak mengenal Indozone? Jangan ngaku-ngaku sebagai pengguna media sosial sejati jika belum mengenal Indozone. Nama Indozone sendiri sudah sejak 7 tahun lalu dikenal oleh kalangan pengguna media sosial di tanah air karena akunnya sering membagikan konten-konten informatif dan viral. Bahkan, banyak orang yang mengatakan, bahwa Indozone adalah kiblat berita viral di media sosial, “belum viral namanya kalau belum masuk Indozone!”, ucap sebagian netizen.

Media yang dikenal dengan tagline #KAMUHARUSTAU ini, digemari oleh banyak pengguna media sosial dari kalangan generasi milenial dan gen Z sepertiku. Hal ini dikarenakan penyajian informasi yang dikemas oleh Indozone sangat cocok dengan karakter generasi muda yang menyukai informasi dengan visual menarik namun dengan isi yang tak bertele-tele. Indozone sukses mengambil hati anak muda Indonesia dengan terbukti pernah menjadi #1 Indonesia Instagram Account (2017-2019 Bestnine) dan kini sudah mengumpulkan lebih dari 4,3 juta pengikut di Instagram. Selain itu, menurutku, ada beberapa keunggulan lain yang membuat Indozone sukses sebagai “the most engaging media for milennials and gen Z in Indonesia” sesuai dengan visinya.

Selalu Update Setiap Harinya

Banyak dari anak muda yang selalu mantengin media sosial setiap harinya hanya karena takut ketinggalan berita yang sedang hangat diperbincangkan di media. Tujuannya sih biasanya untuk menjadi bahan obrolan dengan teman-teman sebayanya di tongkrongan. Hadirnya Indozone menjadi angin segar buat mereka yang takut ketinggalan berita, pasalnya hampir setiap jamnya Indozone selalu menyajikan berita dan informasi terupdate dari berbagai penjuru Indonesia bahkan dunia. Masih takut ketinggalan? Buruan hidupkan notifikasinya di akun Indozone!

Banyak Pilihan Akun Sesuai Minat

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 9

Di bawah naungan Indozone, telah lahir 16 akun instagram dengan topik berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan minat kamu masing-masing. Mulai dari topik mengenai fakta dan mitos, otomotif, kehidupan, kecantikan, sepakbola, kesehatan dan berbagai topik menarik lainnya ada di sana. Oh ya, yang membuat akun dari Indozone semakin tampak kredibel adalah hampir semua akun-akunnya sudah mendapatkan verifikasi berupa centang biru dari Instagram.

Informasinya Singkat dan Jelas

Tak hanya itu saja, yang membuat Indozone menjadi media yang aku gemari sejak dulu adalah setiap berita ataupun informasi yang mereka sajikan di media sosialnya selalu singkat, padat, dan jelas. Sehingga apa yang mereka sajikan bisa tersampai dengan jelas kepada audiens. Jika kamu masih kurang paham dengan informasinya, Indozone juga menyediakan penjelasan di bagian caption-nya. Selain itu, visual yang disajikan oleh Indozone juga semakin menarik, seperti dengan menggunakan infografis, microblog, ataupun video. Keren banget, kan? 

Tersedia di Banyak Platform

Keren Banget! Ini dia Dampak Positif Media Sosial yang Jarang Disadari 10

Aku tahu, tak semua dari teman-teman menggunakan Instagram sebagai media sosialnya. Nah, kabar baiknya Indozone tak hanya tersedia di media sosial Instagram saja, melainkan berbagai platform lainnya yang terkenal di kalangan pengguna media sosial, seperti Facebook, Tiktok, Twitter, Youtube, dan juga tahun 2019 lalu meluncurkan website resminya yang beralamatkan www.indozone.id.

Sebagai orang yang sudah mengikuti akun Indozone sejak lama, hadirnya media sosial Indozone di platform lain tentu merupakan kabar bahagia bagiku, terutama di Tiktok, Youtube, dan website. Di Tiktok sendiri, Indozone sering membagikan informasi dan berita dengan durasi yang relatif singkat, kurang dari 3 menit, sehingga sangat menarik dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menikmati kontennya. 

Berbeda dengan di Tiktok, di Youtube durasi video yang disajikan oleh Indozone cenderung lebih panjang dan pembahasannya lebih mendalam, sangat cocok buat kamu yang ingin memperkaya wawasan dengan penyajian yang seru dan menarik.

Website-nya pun tak kalah menarik, di www.indozone.id kita bisa membaca beragam informasi terkini dan menarik yang disajikan dengan bahasa yang ringan. Selain itu, website dari Indozone ini juga sangat user friendly, sehingga bisa diakses lewat perangkat apa saja.

***

Gimana, ternyata banyak banget kan manfaat ataupun dampak positif yang bisa kita dapatkan dari menggunakan media sosial secara bijak, ‘kan? Buat kamu yang ingin memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menambah wawasan, tinggal ikuti aja media sosial dari Indozone, ya! Demikianlah tulisan kali ini, semoga bermanfat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap