Aplikasi gaji sangat penting untuk menunjang performa bisnis Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini proses penggajian yang rumit dan kompleks bisa disederhanakan. Tidak hanya itu saja dengan aplikasi ini perusahaan Anda bisa membayarkan gaji ke karyawan secara tepat waktu.

Gaji ini adalah hak karyawan sehingga jika pembayarannya terlambat maka karyawan akan menurun produktivitasnya dan tidak semangat bekerja karena salah satu motivasi dalam bekerja adalah mendapatkan gaji.  Gaji yang diberikan ini juga harus transparan sehingga karyawan akan mengetahui berapa besaran gaji yang diterimanya, potongannya apa saja, dan lain-lain. 

Tidak semua aplikasi untuk penggajian yang ditawarkan ini cocok untuk bisnis Anda oleh sebab itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui aplikasi seperti apa yang benar-benar cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda dalam proses penggajian, berikut ini adalah fitur yang harus ada pada aplikasi gaji yang Anda pilih tersebut:

Bebas Menentukan Komponen Gaji

Aplikasi yang harus Anda pilih ini harus bebas menentukan komponen penggajian.  Software juga harus bisa dikustomisasi. Maksudnya adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda karena tidak ada yang pernah tahu komponen apa saja yang mempengaruhi penggajian Anda ke depannya.

Komponen yang termasuk dalam penggajian adalah gaji pokok, BPJS ketenagakerjaan, pajak, dan lain sebagainya. Segala macam komponennya ini berhubungan langsung dengan karyawan dan kebijakan yang ditentukan oleh perusahaan. 

Misalnya saja adalah karyawan dengan penghasilan di bawah PTKP. Dia tidak diwajibkan untuk melakukan pemotongan PPh 21 sedangkan karyawan yang lembur atau overtime ini akan mendapatkan penghargaan atau mendapatkan tunjangan overtime sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap kontribusi karyawan. 

Pemotongan Pajak dan Iuran Otomatis

Tidak hanya mencantumkan rincian potongan gaji terkait saja namun aplikasi ini juga harus memiliki fitur pemotongan pajak dan iuran otomatis. Artinya adalah setelah perhitungan selesai, pemotongan ini bisa langsung dilakukan dengan cara otomatis. Fitur ini amat memudahkan kinerja HR karena tidak perlu mengurusi perpajakan secara langsung dimana hal ini akan memakan banyak waktu dna juga tenaga Anda.

Akses Karyawan

Aplikasi gaji yang Anda gunakan ini sebaiknya juga memiliki fitur untuk akses karyawan, dengan akses ini pengelolaan perusahaan bukanlah yang satu-satunya mendapatkan imbalan dari aplikasi ini, karena karyawan juga akan mendapatkan manfaat yang serupa atau sepadan. 

Pastikan jika karyawan bisa mengakses slip gajinya sendiri sehingga dia akan mengetahui rincian gajinya seperti apa.  Dengan adanya slip gaji tersebut karyawan bisa memastikan jika gaji yang diterima ini sesuai dengan haknya.

Ketika ada pemotongan yang tidak sesuai karyawan bisa mengajukan komplain kepada Anda lebih cepat dan mudah sehingga kepercayaan karyawan terhadap perusahaan akan meningkat.

Penyimpanan Data Secara Otomatis

Aplikasi yang harus Anda pilih ini haris bisa menyimpan data secara otomatis, dengan begitu data lebih aman dan tidak memakan tempat. Jika sewaktu-waktu data dibutuhkan Anda akan lebih mudah mencarinya. Data tersebut juga bisa mudah dihapus jika sudah tidak diperlukan lagi.

Demikianlah beberapa fitur yang harus ada pada aplikasi yang seharusnya Anda pilih. Dengan fitur tersebut mudah bagi Anda untuk menjalankan proses penggajian di perusahaan Anda.  Anda bisa menggunakan aplikasi penggajian dari Talenta.

Talenta menawarkan aplikasi yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan proses pengajian secara remote, kapan saja dan dimana saja Anda ingin melakukan penggajian Anda akan mudah dalam melakukannya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi penggajian dari Talenta ini juga bisa di integrasikan dengan mesin absensi online sehingga lebih praktis.  Hubungi Talenta sekarang juga untuk mendapatkan aplikasi gaji yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here