Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda

Sebagai anak muda dari kalangan generasi Z, aku sangat gemar berselancar di dunia maya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, yang mana sekolahku diliburkan sudah sekitar 9 bulan lamanya, membuat waktuku semakin banyak di rumah saja.

Sebagai anak muda dari kalangan generasi Z, aku sangat gemar berselancar di dunia maya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, yang mana sekolahku diliburkan sudah sekitar 9 bulan lamanya, membuat waktuku semakin banyak di rumah saja.

Bagiku, smartphone dalam genggaman seakan-akan sudah menjadi teman. Hampir setiap harinya waktuku dihabiskan untuk berselancar di dunia maya. Apalagi ketika jam pelajaran sekolah online telah usai, jari jemariku dengan penuh semangat menggulir postingan demi postingan di lini masa sosial media, browsing artikel sana-sini, dan juga menghabiskan waktu untuk menonton video bermanfaat di YouTube.

Selama di rumah aja, aku juga berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan waktu yang aku miliki dengan sebaik-baiknya. Salah satu hal yang biasanya aku lakukan adalah dengan mengikuti webinar dan juga membaca informasi-informasi dan berita yang ada di internet untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan.

Namun di era digital seperti sekarang ini, yang mana era keterbukaan informasi membuat segala hal beredar dengan begitu cepat dan mudahnya, membuat kita generasi muda dituntut untuk berpikir lebih kritis terhadap apa yang kita baca dan lihat di internet. Karena kebanyakan informasi dan berita yang bertebaran di internet sekarang ini belum jelas kebenarannya.

“Lah, bukannya semua yang berada di internet itu pasti benar, ya? Kan internet itu cerdas!”

Ya, kecanggihan internet terkadang membuat sebagian orang terkesima. Sehingga tak jarang membuat mereka berpikir bahwa semua yang ada di internet itu sudah pasti kebenarannya. Padahal nyatanya tidak. Sekarang semua orang bisa dengan mudahnya menyebarkan dan mempublikasikan apa saja di internet, terlepas dari benar atau tidaknya yang mereka bagikan tersebut.

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 1

Nah, sebagai generasi muda kita harus selalu berhati-hati terhadap apa yang kita baca dan tonton di internet, kita tidak boleh menelan mentah-mentah begitu saja. Agar kamu semakin terhindar dari berita bohong atau berita hoax di internet, mungkin tips memilih informasi yang ada di internet berikut ini bisa kamu coba! Apa aja sih tipsnya?

Judul Tidak Lebay dan Provokasi

“Sebarkan! Ternyata Minum Rebusan Singkong Bisa Menambahkan Kecerdasan. Nilai Auto Tinggi!”

“Tak Disangka, Ternyata Ramuan Ini Bisa Menghindari Kamu dari Remidial!”

“Heboh! Orang Ini Suka Menghina Pencinta Bakso! Nomor 5 Bikin Kaget”

Teman-teman semua mungkin sering menjumpai berita atau informasi di dunia maya dengan judul yang lebay, bombastis, dan memprovokasi seperti di atas. Ya, tak bisa dipungkiri banyak banget aku temui di media sosial berita-berita dengan judul seperti di atas, padahal isinya biasa-biasa saja.

Biasanya orang-orang yang membuat berita seperti itu bertujuan agar mendapatkan traffic yang tinggi karena banyak orang yang akan meng-klik beritanya, dan juga biasanya untuk mengadu domba kelompok atau golongan tertentu. So, jangan mudah tertipu, ya! 

Perhatikan Isi Halaman Beritanya

Salah satu penyebab banyaknya orang-orang yang termakan berita hoax adalah tidak membaca isi halaman beritanya. Baru baca judul eh udah main sebar aja. Padahal kebanyakan berita-berita zaman sekarang judul dan isi beritanya jauh banget. Maka dari itu, kita harus teliti!

jangan langsung percaya aja

Terkadang para pembuat hoax begitu gigih dan niatnya membuat berita bohong untuk disebarkan, mulai dari membeli domain untuk website hoax-nya, merancang tampilan yang menarik, dan berbagai cara lainnya agar informasi yang sebarkan terlihat meyakinkan calon pembaca. Tak jarang, orang awam yang tak mengerti sering kali tertipu. Maka dari itu, kita jangan langsung percaya, usahakan untuk selalu mencari kebenarannya!

memilih sumber yang terpercaya

Dengan semakin banyak dan mudahnya informasi-informasi berkeliaran di lini masa sosial media kita, terkadang membuat kita malah menjadi takut untuk mengonsumsi berita. “Hmm, daripada terjebak hoax mending nggak usah baca-baca berita!”. Ya, waspada emang perlu. Tapi bukan berarti karena ketakutan akan terjebak hoax membuat kita berhenti membaca berita atau informasi di internet. 

Padahal, membaca sangat baik bagi otak kita. Kita jadi mengetahui informasi-informasi terbaru, kabar terkini mengenai negara kita atau negara luar, dan masih banyak lagi manfaatnya. Nah, yang harus kita lakukan agar tidak terjebak perangkap hoax adalah dengan memilih sumber informasi yang terpercaya.

Banyaknya sumber berita yang ada di luaran sana terkadang membuat kita bingung dan bertanya-tanya, “Emang apa sih sumber berita yang terpercaya terutama buat kita para generasi muda?” Nah, yang paling aku rekomendasikan untuk kalian semua, terutama yang se-generasi denganku adalah IDN App. Nah, apakah kamu sudah tau apa itu IDN App?

 

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 2

Berawal dari hobiku yang nonton video di Youtube, aku jadi tahu dengan IDN App ini karena iklannya tayang di awal video salah satu kanal favoritku. Yang membuatku tertarik dengan aplikasi IDN App ini karena katanya aplikasi ini bebas iklan di dalamnya sehingga tidak mengganggu ketika kita sedang membaca. Dan ya setelah aku download, memang bebas iklan. 

“Wow, media mana sih di zaman sekarang ini yang nggak ngasih iklan di dalam aplikasinya? Hampir nggak ada!” Pikirku. Selain itu, masih banyak keunggulan-keunggulan lain dari aplikasi ini yang membuatku betah menggunakannya.

Nah, buat kamu yang belum tahu, jadi IDN App ini nih adalah sebuah media multi-platform online yang dikhususkan untuk para generasi muda seperti generasi Millennials dan Z yang memudahkan dalam membaca berita-berita dan informasi terkini. Dengan mengunduh aplikasi ini kamu bisa baca berita kapan saja dan di mana saja tanpa ribet!

Keunggulan & Kelebihan
Aplikasi IDN App yang Harus Kamu Tau!

Keunggulan & Kelebihan Aplikasi IDN App yang Harus Kamu Tau!​
Icon by Flaticon

Walaupun umurnya baru kurang lebih 6 bulanan, namun aplikasi ini tak boleh kita pandang remeh bila dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya di luaran sana. Aplikasi IDN App ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa diadu kualitasnya dengan aplikasi-aplikasi yang serupa. Nah, buat kamu yang penasaran, apa-apa aja sih keunggulan dari aplikasi ini, berikut adalah tulisannya!

Menggunakan Gaya Bahasa yang Ringan

Jika kamu berkunjung ke aplikasi-aplikasi berita lainnya mungkin kamu merasakan betapa cukup sulitnya dalam memahami setiap kalimat yang disampaikan oleh penulis. Ya, hal ini biasanya dikarenakan berita-berita di aplikasi lain menggunakan bahasa yang baku dan cenderung lebih kaku, sehingga terkadang menggunakan bahasa-bahasa yang asing di telinga kita.

Berbeda dengan tulisan-tulisan yang dimuat di aplikasi IDN App. Di aplikasi ini tulisan-tulisan yang dimuat telah disesuaikan dengan gaya bahasa anak muda, sehingga cenderung lebih santai dan mudah dimengerti terutama bagi generasi milenial ataupun generasi Z sepertiku.

Selain itu, IDN App ini juga memiliki berita yang selalu update setiap harinya dan paling penting terbebas dari hoax. Karena artikel-artikel yang dimuat di aplikasi IDN App berasal dari website yaitu IDN Times, yang mana merupakan salah satu media digital terbesar dan terpercaya di Indonesia. Sehingga kamu tak perlu takut lagi terjebak berita hoax yang nyebelin itu, huh…

Tanpa Iklan yang Mengganggu

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 3

Salah satu kendala yang kerap kali aku alami ketika baca berita di aplikasi-aplikasi berita lain yang ada di Play Store adalah iklannya yang ngeselin pakai banget, terkadang ada yang menghalangi tulisan, kadang ada yang iklannya gedean, bahkan ada iklan yang letaknya asal-asalan. 

Seperti yang udah aku singgung di atas tadi, IDN App adalah salah satu aplikasi baca berita dan informasi terbaik yang aku rekomendasikan buat kalian, karena tidak ada iklannya. Iya, seriusan! IDN App selalu mengedepankan kenyamanan para penggunanya, hal ini bisa kita lihat dengan tanpa adanya iklan di semua lini aplikasinya, entah itu di menu-nya, bagian profil pengguna, dan yang paling di dalam tulisannya pun gak ada iklan. Selain itu, bukti IDN App mengedepankan kenyamanan para pembacanya adalah dengan hadirnya mode gelap yang membuat membaca jadi lebih nyaman, nggak silau yaw!

Bisa Pilih Topik yang Sesuai
dengan Minat Kamu!

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 4

“Setiap anak yang lahir di dunia itu unik, punya kegemaran dan potensinya masing-masing.”

Aku lupa entah siapa yang mengatakan kata-kata tersebut, tapi yang jelas quotes tersebut ada benarnya. Ya, setiap kita pastinya memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, dan apa yang kita baca pun topiknya berbeda-beda juga, sesuai dengan apa yang menjadi kegemaran kita. Apalagi kita masih muda, ini adalah kesempatan untuk mengeksplor sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan.

Nah di IDN App ini kamu tak perlu khawatir, pasalnya di sini kamu bisa menemukan banyak banget topik bacaan yang bisa disesuaikan dengan yang kamu sukai. Mulai dari Sains, Edukasi, Travelling, Kesehatan, Otomotif, dan berbagai topik menarik lainnya bisa kamu baca di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengatur topik yang kamu sukai agar selalu muncul di beranda sehingga kamu bisa sering menemukan bacaan yang kamu suka di halaman depan aplikasi ini, gimana keren banget kan?

Ukurannya Kecil dan Ringan

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 5

Berbeda dengan aplikasi baca berita lainnya yang terkadang memakan banyak ruang penyimpangan dan memori, aplikasi IDN App berbeda. Aplikasi ini ukurannya kecil banget, hanya 9Mb saja sehingga membuat aplikasi ini sangat ringan untuk dijalankan. Apalagi kami para generasi Z yang biasanya memiliki ponsel dengan spesifikasi dan ruang penyimpanan dan memori yang pas-pasan bisa dengan tanpa hambatan untuk menjalankan aplikasi IDN App ini. Hape kentang jadi tenang~

Aplikasi Kecil Namun banyak Fitur Menarik

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 6

Selanjutnya yang aku sukai dari aplikasi ini adalah walaupun ukurannya kecil namun menyimpan banyak fitur yang menarik. Nah buat kamu yang belum tau, berikut ini adalah fitur-fitur menarik menurutku yang ada di aplikasi IDN App: 

  • Bookmark. Bayangkan kamu pengin membaca salah satu artikel yang menarik di aplikasi IDN App, namun kamu baru baca setengah artikelnya eh emak nyuruh angkat jemuran karena hujan. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membacanya nanti.
  • Explore. Terkadang walaupun kita suka dengan suatu topik tertentu pasti merasakan dengan yang namanya bosan. Nah, dengan adanya fitur explore ini kamu bisa menjelajahi banyak topik lagi untuk dibaca di luar topik selain topik yang kamu sukai.
  • Tanya Jawab. Salah satu tanda orang cerdas itu adalah memiliki tingkat penasaran yang tinggi dan juga suka berbagi. Dengan adanya fitur ini kamu bisa bertanya suatu hal yang kamu pengin tau dan juga bisa menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya.
  • Follow Penulis. Bagi kamu yang sering main medsos mungkin nggak asing lagi dengan istilah follow, di IDN App pun kamu bisa begitu! Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengikuti penulis yang kamu sukai, sehingga dengan begitu tulisan-tulisannya bisa kamu baca lebih banyak.

Bisa Menghasilkan Uang

Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda 7

Kebanyakan dari generasi milenial dan generasi z belum bisa bekerja, entah itu karena sibuk sekolah ataupun kuliah, sehingga tak jarang dari generasi kami yang rtmemiliki uang, kalaupun ada itupun hasil dari minta orang tua. Nah, dengan aplikasi IDN App ini kita bisa menghasilkan uang tanpa perlu mengorbankan waktu sekolah atau kuliah kita, karena kita bisa melakukannya di rumah saja.

Bagaimana sih caranya?

Nah buat kamu yang belum tau, cara menghasilkan uang dari aplikasi IDN App ini mudah banget. Yaitu dengan menulis artikel apa saja sesuai minat kamu (yang penting nggak melanggar aturan) di sana dan mengumpulkan poinnya. Nah, poin yang sudah kamu kumpulkan tadi bisa ditukarkan dengan uang hingga ratusan ribu rupiah! Gimana, menggiurkan banget kan?

IDN App, Aplikasi Berita
Andalan Generasi Muda

Membaca berita dan informasi di gadget kesayangan memang sangat menyenangkan, bisa di mana saja dan kapan saja. Namun tak segala yang ada di gadget kita itu sudah jelas kebenarannya. 

Dengan adanya aplikasi IDN App ini memudahkan kita dalam membaca informasi dan berita terkini tanpa takut hoax yang menjebak. Pengetahuan bertambah dan wawasan meningkat~

Tak hanya itu saja, membaca berita di IDN App begitu nyaman tanpa hambatan. Selain menambah pengetahuan dan memperkaya wawasan, kita juga bisa mendapatkan uang jajan. Tak salah sih jika aku nobatkan IDN App sebagai aplikasi andalan generasi muda.

Sekarang giliran kamu untuk membuktikan betapa kerennya aplikasi satu ini. Tertarik untuk menggunakannya? Kamu bisa unduh langsung di Playstore ataupun App Store!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

11 KOMENTAR

  1. Salah satu kesukaanku itu baca berita tanpa iklan..enak bgt gaada yg ganggu..aku jg udh install app idn di hp

  2. Baca informasi di IDN memang mantab, Informasinya disampaikan dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti

  3. Gak hanya bagi pembaca, IDN juga bermanfaat bagi orang-orang yang suka nulis dan kemudian publish di IDN, dapat cuan lho.

  4. IDN itu salah satu portal berita yang suka ku ikuti beritanya karena memang bahasa nya enak dibaca dan tidak menyulut emosi. Ternyata sekarang sudah ada versi aplikasinya ya. Informasi yang bagus nih!

  5. wah keren juga jika ukuran aplikasinya kecil gni ya. Bisa menghasilkan uang pula. Saya selama ini belum nyobain aplikasinya sih, cuma via browser saja. Thanks untuk reviewnya kak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here