Di zaman yang sudah dipenuhi dengan dunia internet seperti sekarang ini, macam-macam permainan tradisional kini sudah tergantikan dengan permainan modern dalam bentuk game online. Apalagi saat ini akses internet bisa diakses dengan sangat mudah dan cepat sehingga beragam permainan online bisa dimainkan dengan lebih lancar.

Baca juga: 5+ Cara Pemerintah dalam Memberantas Kemiskinan di Indonesia

Namun tahukah Anda jika permainan tradisional sebenarnya juga tidak kalah menyenangkan dibandingkan dengan game online. Apalagi mayoritas permainan tradisonal membutuhkan interaksi dan kerjasama langsung dengan teman-teman sehingga mampu meningkatkan persahabatan diantara mereka.

Permainan Tradisional Terkenal di Indonesia

3+ Jenis Permainan Tradisional yang Terkenal di Indonesia 1
Permainan Tradisional di Indonesia, via Pixabay.com

Di Indonesia, kita bisa menemukan banyak sekali jenis permainan tradisional yang seru-seru, tak kalah seru dengan game online yang beredar di tengah-tengah kita sekarang ini. Dulu, aku pun sering memainkan jenis permainan tradisional ini. Nah, apa sih jenis-jenis permainan tradisional apa yang sangat terkenal pada masanya? Ini dia ulasannya..

Baca juga: Sewa Bus Semarang

Engklek

Apakah Anda pernah bermain engklek? Engklek sendiri merupakan jenis permainan yang terdiri dari kotak-kotak persegi yang digambar di atas tanah atau semen dengan menggunakan kapur. Para pemainnya harus melompati kotak-kotak tersebut untuk mengambil batu yang telah mereka lemparkan pada salah satu kotak yang tersedia.

Gobak Sodor

Gobak sodor merupakan salah satu jenis permainan yang sangat terkenal. Permainan ini sendiri harus dilakukan bersama dengan tim. Cara memainkan gobak sodor yaitu ada tim yang bertugas sebagai penjaga dan ada juga yang bertugas sebagai penyebrang.

Tim penjaga harus menjaga daerahnya agar tidak dilewati oleh tim lain. Jika seluruh tim lawan masuk ke daerah Anda, maka tim tersebut kalah.

Bentik atau Gatrik

Bentik atau gatrik merupakan jenis permainan tradisional yang berasal dari Jawa. Untuk memainkannya, Anda membutuhkan dua buah kayu atau tongkat yang berukuran kecil satu buah dan berukuran besar satu buah.

Bambu berukuran kecil diletakkan di antara dua buah batu lalu dipukul dengan bambu berukuran besar. Jika salah seorang pemain tidak bisa memukul bambunya, maka ia akan mendapatkan hukuman.

Tentunya mengasyikkan sekali bukan bermain permainan tradisional bersama temen-temen. Oh iya, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi masa kini, terdapat cukup banyak contoh beberapa kemajuan teknologi dalam bidang permainan.

Termasuk juga kita harus faham mengenai bagaimana sikap tanggung jawab IPTEK itu sendiri. Dengan harapan kita bisa menyesuaikan undang-undang ada dalam kehidupan saat ini.

Baca juga: 5+ Fakta Tentang Kemiskinan di Indonesia yang Jarang Diketahui

Tertarik memainkan berbagai jenis permainan tradisional di Indonesia? Selain memainkan permainan tradisional, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi MySmartfren. Untuk mengisi waktu luang, ketika berada di rumah. Beli disini untuk mendapatkan harga internet terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, masih ingin mencoba operator lain?

1 KOMENTAR

  1. Waah, permainan kakak waktu kecil semua iniiih. Asyik banget nih maininnya, sampai-sampai lupa pulang. Tau-tau emak datang sambil bawa rotan, baru deh terbirit-birit pulang. Hahaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here