Handayat.com – Manusia diciptakan dengan berbagai jenis kepribadian yang berbeda-beda, dan salah satunya adalah kepribadian introvert. Mungkin di antara kalian semuanya udah nggak asing lagi dengan istilah introvert, apalagi sekarang istilah introvert ini seakan-akan menjadi tren di kalangan orang-orang, terutama di kalangan anak muda.

Banyak di antara mereka yang mengaku-ngaku memiliki kepribadian introvert karena ‘katanya’ ia senang rebahan sambil bermain ponsel seharian, padahal itu bukan tanda-tanda bahwa kamu adalah seorang introvert, melainkan tanda-tanda kamu adalah seorang pengangguran.

Simpelnya, kita dapat mengetahui bahwa introvert itu adalah sebuah kepribadian yang mana seseorang membutuhkan waktu untuk sendiri agar mendapatkan atau men-charge energinya untuk melakukan aktivitas sosial.

Namun, apakah kamu sudah tahu apa-apa aja tanda kalau kamu adalah seorang introvert? Berikut adalah tanda-tanda yang bisa kamu ketahui bahwa kamu adalah seorang introvert. Cek di bawah ini!

  1. Kamu merupakan orang yang lebih suka mendengarkan daripada berbicara.
  2. Kamu paling takut atau merasa terganggu jika ada yang menelponmu, kamu lebih menyukai seseorang menghubungimu lewat pesan teks atau chat.
  3. Kamu suka berbicara pada dirimu sendiri.
  4. Kamu suka membaca buku, terutama ketika lagi sendiri.
  5. Kamu lebih menyukai malam hari daripada siang hari, karena sunyi.
  6. Kamu kesulitan menerjemahkan ide dan pemikiran mu ke dalam kata-kata.
  7. Kamu tidak suka basa-basi. Terutama dengan orang yang tidak dikenal. Buang-buang waktu.
  8. Kamu menganggap hewan peliharaan seperti kucing adalah teman.
  9. Kamu menjadi sosok yang pemberani ketika sedang chattingan, dan menjadi pemalu ketika ngobrol langsung dengan seseorang.
  10. Berdua dengan orang yang tidak dikenal di dalam lift membuatmu merasa canggung luar biasa.
  11. Semua perkataanmu sudah melalui proses yang panjang di dalam kepalamu. Mulai dari pemilihan kata-kata sampai merangkainya menjadi sebuah kalimat.
  12. Kamu selektif dalam memilih teman. Kamu memiliki persyaratan khusus untuk mereka yang ingin menjadi teman dekat.
  13. Kamu tidak suka menjadi pusat perhatian.
  14. Kamu jarang merasa kesepian, bahkan ketika sendirian. Seharian.
  15. Dan yang paling umum : kamu merasa kelelahan ketika berada di keramaian. Kamu butuh waktu sendirian a.k.a me time untuk mengisi ulang energi.

Bagaimana? Apakah tanda-tanda introvert ada pada dirimu? Jika iya, kamu tak perlu khawatir, itu merupakan hal yang biasa. Oh ya, tulisan ini bersumber dari Quora Indonesia yang ditulis Hotdin Gurning.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here