Fundraiser adalah Tugas Mulia Untuk Sesama

Pernahkah Anda melihat penggalangan dana yang dilakukan oleh sekumpulan orang atau lembaga kemasyarakatan? Itu berarti Anda sedang melihat kegiatan fundraising yang dilakukan oleh para fundraiser adalah para penggalang dana tersebut melakukan tugasnya untuk mengumpulkan dana donasi dimana tujuannya sudah disepakati sebelumnya dan dipublikasikan sehingga para donator mengetahui untuk apa penggalangan dana tersebut dilakukan dan siapa sasarannya. Penggalangan dana sendiri bisa dilakukan oleh sekelompok orang yang terbentuk dari komunitas sementara ataupun sebuah lembaga dengan badan hukum tetap yang berkegiatan di bidang kemasyarakatan dan sosial.

Apa saja tugas seorang penggalang dana? Tugas fundraiser adalah menggalang dana dimana nantinya dana yang terkumpul dapat digunakan sesuai dengan tujuan awal yang telah disepakati bersama. Selain mengumpulkan dana, ada tugas-tugas lain yang ikut menyertai kegiatan penggalangan dana tersebut, antara lain:

  • Memperkenalkan komunitas atau lembaga sosial yang diwakili.
  • Membawa dan mencerminkan nama baik lembaga dalam melakukan penggalangan dana.
  • Mengumpulkan donator.
  • Memberikan informasi kepada para donator.
  • Menjaga hubungan baik dengan para donator.
  • Mengelola proses penggalangan dana.
  • Bertanggung jawab terhadap dana yang terkumpul hingga disalurkan ke pihak pengelola selanjutnya.

Selain dilakukan secara fisik atau nyata, kini penggalangan dana juga bisa dilakukan secara online berkat kecanggihan teknologi. Dengan begitu para penggalang dana pun tidak perlu bepergian secara fisik untuk mengetuk kemurahan hati para donator. Prosesnya bisa digantikan dengan membuat laman penggalangan dana hingga aplikasi yang memuat cara pengumpulan dana secara elektronik dan terhubung langsung ke rekening lembaga atau komunitas yang diwakili. Di dalam laman atau aplikasi tersebut sudah disebutkan tujuan penggalangan dana, sasarannya dan informasi lainnya yang dibutuhkan untuk calon donator.

Anda berminat mengumpulkan kebaikan untuk disalurkan pada yang membutuhkan? Kini semua orang bisa berperan aktif dalam kebaikan bersama Wahana Visi Indonesia (WVI), Yayasan kemanusiaan yang telah aktif berperan mengembangkan masyarakat Indonesia khususnya anak-anak sejak tahun 1998. Anda bisa menjadi perwakilan sebagai penggalang dana baik secara offline maupun online. Selain itu WVI juga selalu terbuka menerima relawan untuk menebar kebaikan pada yang membutuhkan. Jangan ragu untuk mulai berbuat baik sekecil apapun dengan bergabung bersama Wahana Visi Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top