Handayat.com

Search
Close this search box.

Intip Tips Cara Memulai Bisnis Kos-kosan Bagi Para Pemula

Akhir-akhir ini, usaha bisnis kos kosan konsultan patendo atau dikenal juga dengan indekos memang tengah naik daun di kalangan masyarakat lantaran diklaim sebagai bisnis yang menguntungkan. Meski demikian, bisnis usaha kos-kosan tidak boleh dilakukan secara sembarangan lantaran perlu strategi usaha yang tepat dalam mengembangkan usahanya. Untuk itulah, bagi Anda yang ada rencana membuka bisnis usaha kos-kosan, maka bisa menyimak informasi mengenai tips memulai usahanya di bawah ini.

Jenis-jenis Bisnis Usaha Kos-kosan

Sebelum ke topik pembahasan mengenai cara memulai bisnis usaha kos-kosan, ada baiknya bagi Anda untuk tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenis bisnis usaha kos-kosan. Dalam hal ini, bisnis usaha kos-kosan sendiri umumnya dapat dibedakan berdasarkan peruntukan dan kelasnya. Agar supaya Anda lebih paham, maka bisa simak perbedaannya di bawah ini.

Baca juga:  Service AC Surabaya Terbaik 24 Jam dengan Harga Murah

Jenis Bisnis Usaha Kos-kosan Berdasarkan Peruntukan

Menurut peruntukannya, bisnis usaha kos-kosan dibedakan menjadi empat kategori antara lain sebagai berikut.

  • Kos keluarga : kos untuk orang-orang yang sudah berkeluarga atau baru memulai hidup sebagai keluarga.
  • Kos mahasiswa : kos yang ditujukan secara khusus untuk kalangan mahasiswa.
  • Kos untuk pegawai atau karyawan : kos yang dijadikan sebagai tempat tinggal bagi para pegawai atau karyawan yang tinggal di daerah tersebut.
  • Kos untuk traveller : kos untuk orang-orang yang sedang melakukan kunjungan destinasi wisata ke suatu tempat tertentu.
Baca juga:  5 Manfaat Nama PT yang Bagus dan Menarik

Jenis Bisnis Usaha Kos-kosan Berdasarkan Kelas

Sementara itu jika melihat dari segi kelasnya sendiri, bisnis usaha kos-kosan dibedakan menjadi 2 kategori yakni sebagai berikut.

  • Kos kelas standar : kos dengan fasilitas berupa kamar sederhana dan kamar mandi.
  • Kos kelas menengah : kos dengan fasilitas utama ditambah dengan fasilitas tambahan berupa TV, AC dan laundry.
  • Kos kelas premium : kos dengan fasilitas super lengkap dengan tambahan seperti AC, TV kabel, internet, laundry dan lain-lain.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kos-kosan?

Jika tadi kita sudah membahas seputar jenis-jenis kos, maka kini saatnya bagi Anda untuk tahu mengenai cara memulai bisnis usaha kos-kosan. Adapun tips mudah dalam memulai usaha kos-kosan bagi para pemula yakni seperti berikut.

Pilih Lokasi Usaha Kos-kosan yang Strategis

Dalam memilih lokasi kos-kosan yang tepat ini, Anda perlu memastikan agar lokasinya berada dekat dengan fasilitas umum, pusat bisnis serta perkantoran. Di samping itu, pastikan juga aksesnya mudah seperti dekat jalan tol dan mudah dilalui transportasi umum.

Tentukan Target Pasar Usaha Kos-kosan

Ketika memulai sebuah bisnis usaha kos-kosan, Anda juga penting untuk menentukan target pasar yang dituju. Ini sangat penting dilakukan lantaran akan sangat berkaitan erat dengan berkembangnya bisnis usaha kos-kosan Anda nantinya.

Beri Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Jika Anda sudah menentukan siapa target pasar yang dituju dalam usaha kos-kosan, maka langkah selanjutnya tinggal memberikan fasilitas sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, maka hal ini akan sangat menunjang kenyamanan bagi para penghuni kos-kosan Anda. 

Usahakan Memberi Harga yang Kompetitif

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan ketika akan memulai sebuah usaha kos-kosan yakni usahakan untuk memberi harga yang kompetitif. Dalam hal ini, Anda sangat penting untuk melakukan survey harga kos-kosan sebelum mematok kepada para penghuni kos nantinya. 

Baca juga:  Kenali 4 Fitur yang Harus Ada di Aplikasi Gaji Karyawan

Itulah tadi beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan dalam memulai sebuah bisnis kos-kosan bagi para pemula agar diburu calon konsumen dan pastinya dapat mendatangkan keuntungan yang berkali-kali lipat nantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *