Kewajiban Meyakini Kiamat Kubro Bagi Umat Islam

Kewajiban Meyakini Kiamat Kubro Bagi Umat Islam 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Iman kepada hari akhir adalah percaya bahwa dunia seisinya akan hancur di waktu tertentu. Baik kehidupan dan semua benda yang ada dunia akan hancur dan binasa di hari akhir ini. Setelah hari akhir terjadi kamu juga harus yakin bahwa ada kehidupan kedua yaitu kehidupan abadi di akhirat. Dengan demikian, iman ini harus ditancapkan dalam hati dengan sungguh-sungguh bahwa kehidupan yang dirasakan sekarang adalah fana dan abadi di akhir kelak. 

Kiamat kubra perantara sebagai jalan menuju kepada hari abadi yaitu akhirat. Dimana semua perbuatan selama kehidupan ini akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Dimulai dari kebangitan manusia dari alam kubur kemudian dikumpulkannya di padang mahsyar.

Baca juga: 7 Channel Youtube Dakwah Terbaik yang Wajib Kamu Subscribe!

Setelah itu, manusia akan diperhitungkan dan ditimbang amal dan kesalahan yang pernah dibuat selama hidupnya. Momen inilah yang nantinya mengantarkan manusia kepada pembalasan amal. 

Betul, jika hari kiamat banyak diterangkan dalam kitab suci Al-Quran. Kitab ini menerangkan hari kiamat yang banyak dikiaskan dengan banyak nama. Seperti yaumul qiyamah, yaumul mahsyar, yaumul hisab, yaumul zalzalah, yaumul waqi’ah, yaumul qari’ah, yaumul ghasyiyah, yaumul haqqah, yaumul tammah, da masih banyak lainnya. Nama-nama lain dari hari kiamat menjelaskan jenis peristiwa dan tkamu-tkamu yang nantinya muncul di hari tersebut. 

Baca juga: Kumpulan Nama Bayi Laki-laki Islami Yang Memiliki Arti Bagus

Dengan begitu, tidak ada alasan untuk kamu tidak lagi meyakini adanya kiamat kubro. Walaupun hari dimana terdapat kejadian yang tidak dapat diprediksi dan masuk akal. Namun, kelak benar manusia akan ditenggelamkan dan berakhir dalam kehidupan fana ini. Setelah itu benar juga jika manusia akan menerima pengadilan dari Allah Ta’ala. Kemudian kelayakan tempat abadi baik surga dan neraka sudah menjadi pilihan terakhir disana. 

Kiamat akhir dikiaskan sebagai hari dimana manusia berubah menjadi laron. Karena kejadian tersebut mampu menerbangkan manusia layaknya laron. Hingga gunung-gunung seperti bulu yang kuga berterbangan dan berhamburan. Ketika sangkakala ditiup oleh malaikat maka peristiwa ini terjadi dan manusia tidak dapat menghindar dan bersembunyi. Kiamat besar bagaikan dunia porak porkamu yang hancur dan rusak.

Hal yang bisa kamu gunakan patokan untuk segera beriman dan bertaubat atas kesalahan banyak. Mulai dari kamu kiamat kubro dimana anak perempuan dinikahi oleh orang tua sendiri dan ilmu agama atau syariat Allah Ta’ala sudah tidak dianggap penting lagi.

Jika keadaan sudah seperti ini, Layaknya kamu segera kembali kepada Allah Ta’ala untuk dituntun menuju jalan kebaikan. Dengan tujuan kehidupan yang akan dihadapi selanjutnya yaitu kehidupan akhirat akan berjalan lancar tanpa harus diksa dengan kerasnya hukuman. 

Sekian penjelasan singkat tentang kiamat kubro dengan alasan harus meyakini hari tersebut. Semoga dengan adanya informasi tadi manusia di dunia bisa menjadi lebih baik dan hatinya senantiasa selalu mengingat sang pencipta. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Inilah 4 Nilai Plus Belanja Groceries Lewat Aplikasi Astro

Wajib hukumnya untuk selalu berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, utamanya adalah bahan makanan. Bahkan tak jarang diantaranya yang suka menyetok...