Handayat.com

Search
Close this search box.

QRIS Dinamis, Yuk Pahami dan Kenali Apa Saja Manfaatnya

Sistem pembayaran untuk transaksi pembelian kini berkembang secara digital, bukan hanya untuk individual, namun juga pembayaran online bisnis. Perkembangan tersebut cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan menurut BI, lebih dari 25 juta orang dan 22 juta merchant yang telah menggunakan QRIS. Perkembangan ini mencakup penggunaan QRIS dinamis maupun statis untuk transaksi digital di Indonesia. 

QRIS (baca kris) merupakan akronim dari Quick Response Code Indonesia Standard. Ini merupakan sebuah upaya standarisasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial atau fintech. Salah satu QRIS yang digunakan saat ini adalah QRIS jenis dinamis yang memiliki banyak manfaat.

Penasaran ingin tahu seperti apa sebenarnya QR dinamis ini dan apa saja manfaatnya? Simak ulasan ini hingga selesai ya.

Apa itu QRIS Dinamis?

Seperti yang tertera di atas, QRIS merupakan kode QR yang dibuat secara khusus oleh Bank Indonesia bersama ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia). QRIS ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran secara cashless atau tanpa uang tunai. 

Menggunakan sistem pembayaran seperti ini pastinya akan lebih praktis karena Anda hanya perlu melakukan pemindaian pada kode QR. Selanjutnya ponsel secara otomatis akan mengakses laman pembayaran. Dua jenis QRIS yang sering digunakan saat ini adalah QR statis dan QR dinamis. 

Berdasarkan definisinya, QR statis merupakan QR yang sudah merchant sediakan dan digunakan untuk sistem pembayaran mereka. QRIS ini belum mengandung nominal pembayaran. Oleh karenanya ketika akan membayar, pembeli harus memasukkan sendiri jumlah nominal yang harus mereka bayar.

Baca juga:  Apa itu Spot Welding? Yuk Ketahui Fungsinya Juga!

Adapun QRIS dinamis adalah salah satu model pembayaran QR yang lebih akurat dan cepat. QRIS ini berbeda dengan QR statis. Hal ini karena kode QR yang dihasilkan sudah menampilkan nominal transaksi. Sesuai dengan namanya, model pembayaran yang satu ini lebih bersifat tidak menetap. 

Ini berarti, tidak ada keterbatasan dalam pembuatan link baru yang nantinya akan digunakan pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Contohnya begini, saat Anda berbelanja pada sebuah toko, kasir akan mencetak bukti atau struk pembelian khusus untuk transaksi Anda saja. Dengan begitu pemilik toko akan mudah mengecek transaksi yang terjadi pada hari itu.

Apa Saja Manfaat QRIS Dinamis

Jika dibandingkan dengan QRIS statis, para pebisnis lebih suka memanfaatkan QRIS dinamis. Penyebabnya tak lain karena kode QR dengan metode ini sangat menghemat waktu dan biaya. Selain itu pebisnis akan mudah mengubah link tautan sehingga tak perlu repot mencetak ulang kode yang berbeda. Cukup dengan mengganti link yang ada pada server.

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentunya berharap banyak kemudahan dalam setiap transaksi digital yang berkaitan dengan pembayaran online bisnis. Oleh karena itu, kode QR dengan metode yang dinamis sangat cocok untuk Anda gunakan. Ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan saat menggunakan kode QR dinamis ini, sebut saja:

Mudah dalam melihat statistik penjualan

Manfaat pertama dari penggunaan kode QR dinamis ini adalah pebisnis akan mendapatkan kemudahan dalam melihat statistik penjualan. Anda dapat melacak semua transaksi yang sudah dilakukan. Kemudahan ini akan lebih terasa saat Anda ingin membuat rekapitulasi jurnal atau pembukuan usaha. 

Baca juga:  5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Membuka Usaha Cuci Mobil

Semua data yang Anda perlukan berkaitan dengan transaksi seperti waktu, lokasi serta jumlah nominal transaksi akan terekam dengan jelas. Dengan begitu, risiko kehilangan uang karena transaksi yang luput dari pencatatan akan bisa Anda minimalisir. 

Lebih menghemat waktu dan biaya

Dengan menggunakan QRIS dinamis, Anda akan lebih menghemat waktu dan biaya. Utamanya dalam hal biaya operasional. Pasalnya Anda tak perlu repot mencetak ulang banner atau brosur saat kode QR tokomu mengalami pembaruan. Yang perlu Anda lakukan adalah memperbarui kode QR melalui server saja. 

Scan kode QR lebih cepat dan aman

Daripada QR stastis, QR dinamis lebih cepat dan aman dalam hal penggunaan scan code. Apalagi para pembeli tak perlu memasukan nominal harga sendiri. sehingga pembayaran di kasir lebih cepat. Dengan metode ini, Anda dapat mencegah penulisan nominal harga yang tak sesuai dengan pesanan ketika pembeli akan melakukan pembayaran.

Seperti yang tertera di atas, QRIS dinamis sifatnya tak mempunyai keterbatasan dalam membuat link baru untuk setiap pelanggan atau transaksi. Dengan demikian, metode seperti ini sangat sesuai untuk pemilik bisnis. Agar lebih mudah melakukan pencatatan transaksi pembayaran dalam satu waktu.

Buat QRIS Dinamis untuk Bisnis melalui Fazz Business

Agar bisa menciptakan QRIS dinamis pada bisnis yang Anda miliki, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Fazz Business. Fazz Business merupakan payment solution untuk berbagai macam kegiatan bisnis. Salah satunya yaitu menyediakan layanan pembayaran dengan metode QR code dinamis yang dikirimkan melalui payment link

Untuk informasi detail mengenai Fazz Businesss dan cara mendapatkan QR dinamis, silahkan hubungi tim Fazz Business melalu websitenya di https://fazz.com/id/products/pay-and-receive/. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *