UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

0
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Buat teman-teman yang belum tau apa itu UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university artinya adalah UNTAN berusaha untuk menjadikan perguruan tingginya menjadi berbasis digital, yang mana artinya semua lini di perguruan tinggi tersebut dikembangkan menggunakan teknologi informasi yang dapat menunjang proses pembelajaran.

Tanpa basa-basi lagi, mari simak tulisanku mengenai UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University di bawah ini.

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kalimat UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University? Ya, bagi sebagian orang ketika mendengarkan nama UNTAN atau Universitas Tanjungpura tentunya sudah tak asing lagi. Bagaimana tidak, universitas ini sudah lama dikenal dengan slogan “kampus digital” nya.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Buat teman-teman yang belum tau, jadi Universitas Tanjungpura atau UNTAN merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang memiliki keseriusan membangun ekosistem menuju cyber university.

UNTAN atau Universitas Tanjungpura adalah salah satu universitas negeri terbaik yang berada di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat pastinya bisa dengan mudahnya menemukan kampus UNTAN, yaitu dengan cara melihat Bundaran UNTAN yang berada di depan kampus. Bundaran UNTAN ini biasa dikenal juga dengan nama Tugu Digulis.

UNTAN terletak di lokasi yang strategis, tepatnya berada di jantung kota Pontianak membuat universitas ini layak dipertimbangkan buat kamu yang ingin menempuh pendidikan dengan segala kemudahan akses karena terletak di pusat kota Pontianak.

Dengan begitu, membuat para mahasiswa UNTAN jadi lebih mudah untuk menghilangkan pusing dan stres dikarenakan rutinitas kuliah ataupun pengin jalan-jalan ketika liburan akhir pekan. Kalian bisa dengan mudah berkeliling, wisata kuliner, ataupun pergi menyaksikan tayangan film di Bioskop.

Mengenal Cyber University, Sebenarnya Apa sih?

Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, yang menarik dari Universitas Tanjungpura atau UNTAN adalah kampus ini berkomitmen membangun ekosistem digital menuju cyber university. Eh, ngomong-ngomong, apakah kamu sudah tau apa itu cyber university? Nyatanya, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University via Tribunnews.com

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas tadi, UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university itu artinya UNTAN menggunakan teknologi informasi yang dapat menunjang proses pembelajaran, seperti;

  • Sistem pembelajaran
  • Kurikulum
  • Pelayanan
  • Fasilitas
  • Sarana dan prasarana lainnya

Contoh sederhananya penerapan cyber university pada sistem pembelajaran di kampus adalah dengan adanya penggunaan power point dalam pembelajaran, biasanya untuk presentasi di depan kelas, pembuatan website kampus, penerapan pembelajaran secara daring (e-learning), dan masih banyak lagi contoh dari penerapan cyber university di UNTAN, sehingga mampu membuat UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Keuntungan Penerapan Cyber University di UNTAN

Tak hanya di UNTAN saja sebenarnya, jika cyber university diterapkan di seluruh perguruan tinggi akan memberikan banyak manfaat atau dampak positif yang akan menguntungkan semua pihak, tak hanya pihak kampus tapi mahasiswa juga akan merasakan manfaatnya.

Kemeristekdikti menyebutkan bahwa jika universitas-universitas di Indonesia menuju cyber university akan memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatnya daya saing generasi muda Indonesia, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Contoh sederhananya, dengan menerapkan penggunaan power poin pada saat melakukan pembelajaran akan membuat presentasi jauh lebih menarik, dan audiens yang memperhatikannya menjadi tidak bosan.

Berbagai Upaya UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang dikenal dengan slogan kampus digital-nya, tentunya keseriusan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university tak perlu kita ragukan lagi. Hal ini kita bisa lihat dari berbagai macam layanan di UNTAN yang menggunakan basis digital untuk memberikan berbagai kemudahan bagi siapa saja untuk mengaksesnya.

UNTAN sendiri menyediakan beragam layanan berbasis teknologi informasi yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja, sehingga membuat universitas ini bisa dibilang sukses membangun ekosistem digital menuju cyber university. Apa-apa sajakah layanan berbasis teknologi informasi yang sukses dibangun oleh UNTAN?

Pelayanan E-Learning atau Pembelajaran Daring di UNTAN

Bukti kesungguhan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university adalah dengan adanya pelayanan e-learning atau pembelajaran daring yang dimilikinya. Dengan adanya media pembelajaran online (e-learning) dari UNTAN memberikan kemudahan bagi seluruh civitas akademika UNTAN untuk belajar di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

E-Learning dari UNTAN
E-Learning dari UNTAN

Media pembelajaran daring yang dimiliki oleh UNTAN ini memberikan kemudahan kepada para mahasiswa dalam berkuliah, dikarenakan waktunya lebih fleksibel dan juga lebih hemat waktu dan biaya. Tentunya dengan ada sistem E-Learning yang disediakan UNTAN memberikan banyak kemudahan, terlebih e-learning yang disediakan UNTAN bisa diakses lewat perangkat apa saja.

Fasilitas Repository Digital dan Jurnal di UNTAN

Fasilitas selanjutnya yang membuat kita semakin yakin bahwa UNTAN bisa membangun ekosistem digital dan menuju cyber university adalah dengan adanya fasilitas atau pelayanan Repository Digital dan Jurnal.

Fasilitas Repository Digital dan Jurnal di UNTAN
Fasilitas Repository Digital dan Jurnal di UNTAN

Fasilitas Repository Digital dan Jurnal yang disediakan oleh UNTAN ini sangat berguna terutama bagi para mahasiswa yang gemar membaca atau sedang mencari bahan bacaan untuk penelitian.

Sebagai perguruan tinggi yang bercita-cita membangun ekosistem digital dan menuju cyber university, melalui fasilitas Repository Digital dan Jurnal ini, UNTAN menyediakan berbagai bahan bacaan dalam bentuk digital seperti buku, jurnal ilmiah dan berbagai bahan bacaan lainnya yang bermanfaat, terutama untuk para mahasiswa.

Seleksi Calon Mahasiswa Baru secara Daring

Tak hanya itu saja, di UNTAN juga menggunakan sistem Seleksi Calon Mahasiswa Baru atau SCMB secara daring. Hal ini tentunya membuat kita semakin mengenai keseriusan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Dengan menggunakan sistem seleksi mahasiswa baru secara daring ini memberikan kemudahan untuk para calon mahasiswa baru UNTAN yang akan mendafarkan diri di cyber university ini. Karena dilakukan secara daring, siapa saja bisa ikut mendaftar, tak hanya calon mahasiswa baru yang berada di Kota Pontianak atau Pulau Kalimantan saja, siapa saja bisa dari seluruh penjuru Indonesia bisa ikut mendaftar dengan mudah di UNTAN.

Sistem Informasi Akademik

Dan yang terakhir ada layanan Sistem Informasi Akademik atau bisa disebut juga dengan SIAKAD. Sistem ini tentunya bagian dari semangat UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university, sehingga menyediakan sebuah sistem yang memfasilitasi mengenai data dan informasi akademik mahasiswa.

Buat kamu yang belum tau, jadi SIAKAD yang dimiliki UNTAN ini berguna untuk memantau perkembangan mahasiswa selama dalam menjalani proses pembelajaran di perguruan tinggi, terkhususnya di UNTAN. Sistem ini berguna terutama untuk para mahasiswa dan orangtuanya dalam memantau perkembangan belajar, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi ke depannya.

Tak hanya menyediakan berbagai informasi seputar akademik mahasiswa saja, di SIAKAD ini kamu juga bisa melakukan pembayaran kuliah yang sudah terhubung ke berbagai Bank di tanah air.

Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Seperti yang sudah aku tuliskan di atas tadi, kamu bisa melihat betapa banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh UNTAN sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Kalimantan Barat.

UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university
Alasan Memilih UNTAN

Nah, mungkin di antara teman-teman semua masih bingung mengapa harus memilih UNTAN sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Agar teman-teman tidak bingung, berikut adalah beberapa alasan mengapa harus memilih UNTAN!

Memiliki Akreditasi yang Baik

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah universitas adalah akreditasinya, karena memilih universitas dengan akreditas yang baik akan memberikan dampak yang baik juga bagi kamu.

UNTAN sendiri jika kita lihat secara akademik dan juga kelembagaan, sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi secara resmi dan sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi program studinya.

Walaupun kebanyakan prodi yang ada di UNTAN memiliki akreditasi B, namun beberapa program studinya bahkan juga sudah ada yang terakreditasi A. Melihat keseriusan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university tak menutup kemungkinan akreditasi di UNTAN akan bisa mendapat nilai sempurna ke depannya.

Terletak di Lokasi yang Strategis

Alasan selanjutnya mengapa kamu harus memilih UNTAN adalah karena universitas ini terletak di lokasi yang strategis, tepat di jantung kota Pontianak. Lokasi UNTAN yang strategis ini tentunya memberikan impact yang positif bagi para mahasiswanya.

Para mahasiswa jadi lebih dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Ayani Mega Mall yang merupakan mall terbesar di kota Pontianak bahkan di Kalimantan Barat, jaraknya hanya berkisar 5 menit dari UNTAN.

Kamu bisa membayangkan betapa serunya bisa menempuh pendidikan di universitas yang dekat dengan pusat kota, kamu jadi lebih mudah untuk mencari hiburan dikala stres ataupun pusing dengan kegiatan perkuliahan, kamu bisa pergi jalan-jalan, berwisata kuliner, dan menghibur diri dengan menonton bioskop.

Lingkungan Kampus yang Asri

Suasana lingkungan kampus merupakan hal penting juga yang harus kamu perhatikan. Di UNTAN, kamu bisa merasakan lingkungan kampus yang asri karena ditata dengan sangat baik. Walaupun terletak di tengah-tengah perkotaan, namun hawa sejuk dan oksigen yang melimpah bisa kamu rasakan di lingkungan kampus UNTAN.

Ini tak bisa dipungkiri karena baiknya penataan lingkungan kampus yang memperhatikan unsur keseimbangan sehingga lingkungan kampus menjadi asri sehingga siap menjadikan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Fasilitas Olahraga yang Tak Kalah Keren

Berbeda dengan fasilitas olahraga di kampus-kampus pada umumnya, seperti futsal ataupun basket, UNTAN memiliki fasilitas olahraga yang terbilang cukup unik dan tak biasa. Di kampus UNTAN, kamu bisa menemui fasilitas olahraga berupa arena skateboard dan Sepeda BMX.

Wah, gimana, keren banget kan? Berdasarkan pernyataan pihak kampus, arena olahraga ini sengaja dibikin untuk memberikan wadah kepada siswa yang memiliki kegemaran terhadap dua olahraga tersebut.

Arena olahraga tersebut terdapat di Taman Digulis, yang mana di taman ini terdapat juga jogging track buat kamu yang hobi olahraga kardio, seperti lari atau jogging.

Kesimpulan tulisan mengenai UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Bagaimana, sekarang kamu sudah tau kan apa sebenarnya yang dimaksud dengan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University? Semoga saja dengan tulisan kali ini pengetahuanmu mengenai Universitas Tanjungpura atau UNTAN semakin bertambah.

Dan semoga saja, buat teman-teman SMA/SMK yang masih ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi jadi semakin mantap dengan pilihannya berkuliah di UNTAN. Demikianlah tulisan kali ini, semoga bermanfaat!