Asupan nutrisi yang tinggi sangat dibutuhkan oleh si kecil ketika memasuki usia 1 tahun. Melalui nutrisi susu tersebut dapat dijadikan sebagai penunjang untuk tumbuh kembangnya anak. Salah satu nutrisi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan anak adalah ASI. Namun tidak semua bunda akan memproduksi ASI secara maksimal.

Ada sebagian ibu yang tidak bisa mengeluarkan asinya dalam jumlah yang banyak, sehingga anak membutuhkan asupan nutrisi tambahan dari susu formula. Di pasaran Anda akan menjumpai berbagai jenis dan macam susu formula untuk pertumbuhan anak.

Jangan lupa, baca juga mengenai UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Namun Anda disarankan untuk lebih teliti dalam memilih susu pertumbuhan anak terbaik, karena setiap susu mempunyai kandungan nutrisi yang tidak sama.

Nutrisi yang Harus Ada Pada Susu Pertumbuhan Anak 

Susu formula berasal dari beberapa jenis bahan, misalnya seperti dari susu sapi ataupun dari susu kedelai. Apabila anak mempunyai riwayat alergi terhadap susu sapi, maka salah satu susu yang paling direkomendasikan adalah susu kedelai. Berikut ini kandungan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan si kecil dan harus terdapat pada susu formula yang Anda berikan, diantaranya:

Kalsium

Kandungan nutrisi berupa kalsium ini menjadi mineral paling penting dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang si kecil. Apabila susu formula mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, maka bisa memberikan nutrisi secara cukup supaya bisa membantu mempercepat pertumbuhan sekaligus membantu kepadatan tulang.

Ternyata kalsium tidak hanya berperan itu saja. Akan tetapi juga mampu menguatkan tulang bagi si kecil, terutama dalam proses pertumbuhan. Untuk itu para orang tua harus memastikan bahwa susu formula yang diberikan tersebut mempunyai kandungan kalsium secara optimal.

Protein

Protein memiliki kandungan berupa kasein dan whey, yang mana untuk Whey itu sendiri adalah protein yang larut pada susu dan berguna sebagai penstimulasi asam lemak. Akan tetapi tidak menimbulkan kegemukan. Sementara untuk kasein adalah sumber asam amino yang berasal dari protein bermanfaat sebagai pembentuk antibodi energi dan mengatur pertumbuhan dalam tubuh si kecil.

Omega 3

Asam lemak terbaik yang mendukung perkembangan otak dan kecerdasan anak, yaitu omega 3. Kandungan omega-3 itu sendiri terdiri dari ARA dan DHA. Untuk fungsi dari omega-3 sendiri yaitu sebagai nutrisi meningkatkan perkembangan otak dan penglihatan anak. Sehingga Anda harus memastikan bahwa susu formula yang diberikan mempunyai kandungan berupa omega-3 secara utuh.

Zat Besi

Kandungan nutrisi berupa zat besi juga berperan penting didalam tubuh untuk melakukan pembentukan sel-sel darah merah, kemudian meregenerasi bagian jaringan-jaringan yang terdapat di dalam tubuh anak. Sementara zat besi itu sendiri memiliki peran sebagai pembentuk hemoglobin yang memiliki fungsi untuk mengalirkan oksigen ke bagian seluruh tubuh.

Untuk oksigen itu sendiri memiliki peran dalam pertumbuhan si kecil. Terutama bagian organ-organ tubuh karena menghubungkan saraf saraf di dalam otak. Jika anak kekurangan zat besi, maka sudah bisa dipastikan dapat mengalami anemia atau penyakit yang kekurangan sel darah merah. Sehingga pertumbuhan menjadi terhambat dan mengalami gangguan kesehatan.

Minyak Ikan

Masa pertumbuhan Anak sangat membutuhkan nutrisi berupa minyak ikan yang berguna untuk pertumbuhan otak si kecil supaya lebih maksimal. Minyak ikan ini sangat bermanfaat seperti vitamin A, omega-3, vitamin D, maupun zat besi.

Supaya lebih memudahkan para ibunda cerdas dalam menentukan pilihan jenis susu yang tepat untuk diberikan si kecil selama masa pertumbuhan yaitu adalah susu Morinaga. Kandungan yang terdapat pada susu formula Morinaga ini sangat cocok sesuai dengan kebutuhan si kecil selama berada dalam masa pertumbuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here