Apa hobi atau kebiasaan yang kamu punya? Meskipun disibukkan oleh berbagai kegiatan, kadang kita masih menyempatkan waktu untuk melakukan hal yang kita suka, hobi.

Namanya hobi, adalah kegiatan yang membuat kita merasa segar dan senang. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa hobi tidak pernah ada nilainya. Apakah kamu juga berpendapat demikian?

Berapapun biayanya, apapun risikonya, jika sudah digemari materi atau apapun itu tidak jadi ukuran. Namun, mungkin bagi sebagian orang melihat bahwa hobi hanyalah aktivitas selingan pengisi waktu luang dan menghabiskan uang.

BACA JUGA: Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Eits, jangan salah. Ada hobi yang tidak hanya menjadi sebuah selingan ketika jenuh terhadap rutinitas saja. Beberapa hobi dibawah ini selain menyenangkan juga dapat meningkatkan produktivitas.

1Mendaki Gunung 

Hobi Mendaki Gunung

Kamu memiliki kegemaran hiking atau mendaki gunung? Ternyata hobimu ini dapat meningkatkan produktivitas lho. ketika kamu melakukan kegiatan ini, mood positif itu akan mengalir. Pikiran dan tubuh terasa lebih fresh. Stres yang kamu rasakan dapat terkurangi dan kamu pun bisa lebih fokus.

Dengan mendaki kamu akan lebih bersahabat dengan alam. Sebuah studi mengungkapkan bahwa para pendaki mendapat skor 50% lebih tinggi pada tes kreativitas setelah mereka menghabisakn 4 hari di alam.

Nah, jadi tahu kan? Dari hasil penelitian tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara lebih dekat dengan alam atau bisa juga dikatakan saat keadaan seseorang yang pikirannya lebih rileks.

2Membuat Daftar Kegiatan Sehari-hari

Membuat Daftar Kegiatan

Apakah iya ini adalah hobi? Mungkin kebanyakan orang juga bertanya-tanya seperti itu. Daftar keputusan adalah daftar yang mengatur segala sesuatu yang akan kita lakukan.

Ada lho, hobi seperti ini, yakni menulis segala sesuatu yang ditargetkan. Dengan membuat daftar ini seseorang dapat menuliskan dengan jelas apa yang ada di pikirannya.

Maka, setiap harinya ia tidak akan lupa untuk melakukan apa saja yang harus ia lakukan. Coretan-coretan di kertas itu satu per satu akan terealisasi.

3Bermain Video Game

Bermain Video Game

Game? Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata game? Kebanyakan orang memandang hobi ini adalah hobi yang negatif.

Akan tetapi menurut ilmuwan dari Queen Marry University of London dan University College London bermain beberapa jenis video game dapat membantu melatih otak untuk meningkatkan pemikiran strategis.

So, dapat diakatakan bahwa bermain vidoe game dapat melatih otak kita untuk mengambil keputusan. Namun, yang perlu digaris bawahi, hobi ini akan dapat meningkatkan produktivitas jika tidak dilakukan secara berlebihan. Dan sebaiknya pilih video game yang dapat melatih otak.

Itulah beberapa hobi yang dapat meningktkan produktivitas seseorang. Ternyata hobi tersebut selain menyenangkan juga mampu meningkatkan produktivitas.

Yang perlu diingat dan digaris bawahi semua itu memberikan dampak positif asalkan dilakukan dengan sesuai porsi dengan kata lain tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here