5 Stasiun Kereta Bandara Dari dan Ke Soekarno-Hatta

5 Stasiun Kereta Bandara Dari dan Ke Soekarno-Hatta

train, speed, in transit-3714601.jpg

Kereta merupakan salah satu transportasi darat yang bergerak cepat. Kereta dapat mengantarmu dengan cepat dari satu tempat ke tempat lainnya yang jika menggunakan kendaraan lainnya akan memakan waktu yang lama. Biasanya, untuk memesan tiket kereta kamu perlu memesan secara offline di pos-pos tiket yang terdapat di stasiun. Namun, kini kamu dapat memesan tiket kereta melalui Traveloka.

Salah satu kereta yang dapat kamu pesan di Traveloka adalah Railink atau kereta bandara. Kereta ini akan membantu kamu mencapai bandara tanpa perlu menghadapi kemacetan. Untuk menggunakan Railink, kamu perlu mengetahui dari mana kamu akan naik atau kemana kamu akan turun. Nah, berikut ini beberapa stasiun kereta bandara yang dapat kamu ketahui.

Stasiun Manggarai

Salah satu stasiun kereta bandara adalah stasiun manggarai. Stasiun ini menjadi satu dengan stasiun commuter line dan halte transjakarta. Terdapat fasilitas yang dapat kamu gunakan di stasiun ini seperti vending machine, mesin self-check in, dan papan informasi.

Baca juga: Bus Mitra Terapkan Prosedur Keamanan Covid-19

Fasilitas lainnya yang dapat kamu gunakan adalah ruang tunggu, musholla, toilet, klinik, hingga ruang menyusui. Umumnya, waktu tempuh dari stasiun Manggarai ke Bandara Soekarno Hatta adalah sekitar 50 menit.

Untuk harganya pun berbeda tergantung waktu keberangkatan yang kamu pilih. Biasanya harga tiket berkisar sekitar Rp. 30.000 hingga Rp, 70.000. Tersedia 10 waktu keberangkatan dari dan ke stasiun Manggarai menuju bandara Soekarno hatta mulai pukul 05:37 pagi hingga 19:45 malam.

Lokasi: Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Stasiun BNI City

Stasiun kereta bandara lainnya adalah stasiun BNI City. Stasiun ini juga disebut sebagai stasiun Sudirman Baru karena letaknya berada di tepi Jalan Jenderal Sudirman. Stasiun ini mulai memberikan layanan pada tahun 2017 namun diresmikan pada tahun 2018.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Seru dan Menarik di Malang di Era New Normal

Terdapat 2 jalur pada stasiun ini yaitu jalur karet-tanah abang dan jalur sudirman-manggarai. Di stasiun ini juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat kamu gunakan seperti ruang tunggu, ATM center, minimarket, klinik, praying room, gerai makanan, akses internet, dan toilet.

Stasiun ini juga memiliki area parkir yang cukup untuk 100 kendaraan, jadi kamu dapat menyimpan kendaraan kamu di sini. Untuk waktu tempuh dari dan ke stasiun BNI City ke Bandara Soekarno-hatta adalah sekitar 40 menit.

Lokasi: Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Stasiun Duri

Selanjutnya adalah stasiun duri. Stasiun ini telah terintegrasi dengan stasiun commuter line yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Selain itu, stasiun ini mulai memberikan layanan transportasi pada tahun 2018.

Terdapat 5 jalur kereta dari stasiun ini yaitu jalur angke-kampung bandan, jalur tanah abang-manggarai, jalur soekarno hatta-batuceper, dan jalur batuceper- soekarno hatta. Stasiun ini akan beroperasi dari pukul 5 pagi hingga 8 malam.

Selain itu, Terdapat fasilitas lengkap yang dapat kamu gunakan seperti ruang tunggu, klinik, musholla, ruang menyusui, papan informasi, vending machine, dan mesin self-check in. Untuk waktu tempuh perjalanan dari dan ke stasiun duri menuju bandara Soekarno Hatta adalah sekitar 27 menit.

Lokasi: Jl. Duri Utara, Duri Utara, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270

Stasiun BatuCeper

Salah satu stasiun kereta bandara yang dapat kamu datangi adalah stasiun Ceper. Stasiun ini juga dikenal sebagai stasiun Poris Plawad karena terletak di Poris Plawad. Stasiun kereta api kelas I ini melayani KAI bandara dan juga commuter line.

Untuk KRL jalur bandara Soekarno Hatta, stasiun ini mulai memberikan layanan pada tahun 2017. Terdapat 4 jalur kereta yang dapat kamu ketahui di stasiun ini yaitu jalur ganda bandara Soekarno Hatta, 2 jalur Poris-Duri, dan jalur tanah tinggi-tangerang.

Baca juga: Jakarta Surabaya Semakin Nyaman Dengan Kereta Api Kertajaya

Kereta dari stasiun ini akan berangkat ke Bandara pada pukul 06:17 hingga 11:01 di pagi hari, pukul 12:02 hingga pukul 13:31 di sore hari, dan pukul 15:47 hingga 18:17 di sore hari. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari stasiun batuceper menuju Bandara Soekarno Hatta adalah sekitar 11 menit.

Lokasi: Poris Plawad, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten

Stasiun Soekarno-Hatta Airport

Yang terakhir adalah stasiun akhir, stasiun Bandara Soekarno Hatta. Stasiun ini berada dibawah pengelolaan KAI Bandara yang diresmikan pada tahun 2018. Meskipun begitu, kereta di stasiun ini telah memberikan layanan transportasi pada tahun 2017.

Di stasiun ini, terdapat banyak fasilitas yang dapat kamu gunakan seperti minimarket, ruang tunggu, gerai makanan, musholla, toilet, ruang menyusui, akses internet, medical assistance, dan akses konektivitas ke APMS atau skytrain.

Jumlah perjalanan kereta dari dan ke stasiun Bandara Soekarno Hatta adalah sekitar 70 perjalanan setiap hari. Sedangkan untuk waktu tempuh yang dibutuhkan dari stasiun ini menuju stasiun BNI City adalah sekitar 40 menit.

Lokasi: Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Pajang, Benda, Tangerang, Banten, 15126

Itulah beberapa stasiun kereta bandara dari dan ke bandara Soekarno Hatta. Kamu dapat melakukan self-check in di stasiun secara langsung atau melakukan pemesanan tiket kereta melalui Traveloka. Selain itu, terdapat juga pilihan pembelian tiket pesawat yang akan memudahkan kamu untuk bepergian setelah turun dari stasiun. Untuk membeli tiket pesawat, kamu dapat mengunjungi laman https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top