Beli vs Sewa Mesin Fotocopy, Pilih Yang Mana? – Dalam beberapa bidang usaha, memiliki mesin fotocopy adalah hal yang krusial dalam kegiatan sehari-hari. Anda yang mempunyai usaha jasa fotocopy atau percetakan, misalnya, tentu lebih baik memiliki mesin sendiri. 

Sementara jika usaha Anda bergerak di bidang lain yang tidak melibatkan mesin fotocopy sebagai sarana operasional utama, Anda pasti akan lebih memilih untuk menyewa saja.

Akan tetapi, meskipun kegiatan operasional bisnis Anda tidak secara langsung mengandalkan mesin fotocopy, Anda juga bisa memilih untuk beli mesin fotocopy daripada menyewa. Berikut ini adalah beberapa plus minus dari beli dan sewa mesin fotocopy yang perlu Anda ketahui.

Beli mesin fotocopy

Beberapa kelebihan serta kekurangan membeli mesin fotocopy adalah:

Kelebihan beli mesin fotocopy

  • Tidak ada kontrak sewa mesin

Karena Anda beli mesin fotocopy sendiri, Anda terbebas dari kewajiban mematuhi segala macam perjanjian yang biasa ada dalam kontrak sewa mesin. Anda juga bebas dari risiko pelanggaran yang mungkin terjadi seperti kerusakan karena human error.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2020

  • Akses leluasa terhadap pemeliharaan mesin

Mesin yang Anda miliki sendiri tentunya berada dalam jangkauan Anda. Jika terjadi kerusakan atau pemeliharaan, contohnya, Anda dapat memutuskan sendiri apa yang akan Anda lakukan terhadap mesin, di mana Anda memperbaikinya, layanan seperti apa yang terpercaya, dan lain sebagainya.

  • Lebih ekonomis

Biaya yang keluar ketika membeli mesin fotocopy dapat ditekan sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda ingin pengeluaran untuk kepemilikan mesin lebih rendah, Anda dapat memilih untuk membelinya lewat leasing.

  • Dapat dijual kembali

Meskipun mesin fotocopy akan mengalami penyusutan nilai, Anda selalu bisa memilih untuk menjual kembali mesin Anda sewaktu-waktu karena mesinnya adalah hak milik Anda.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Instagram untuk Promosi Bisnis

Uang Anda bisa kembali meski jumlahnya tidak sebesar ketika pertama kali membelinya. Lain halnya jika mesin fotocopy di kantor Anda adalah sewaan. Di akhir masa sewa Anda harus mengembalikan mesin tersebut pada penyedia jasa sewa.

Kekurangan beli mesin fotocopy

  • Ada biaya penggantian mesin

Jika sewaktu-waktu mesin fotocopy Anda tidak dapat diperbaiki atau tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda, mau tidak mau Anda harus mengganti mesin tersebut dengan yang baru. Artinya Anda harus kembali lagi ke proses awal pembelian mesin dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

  • Sulit menjaga standar kualitas

Apabila usaha Anda masih tergolong berskala kecil dan memiliki satu lokasi kantor, Anda cukup menjaga standar kualitas mesin di satu kantor itu saja. Namun apabila usaha Anda terdiri dari banyak kantor cabang dan masing-masingnya membutuhkan mesin fotocopy, Anda harus menyamakan standar mesin di berbagai cabang agar kualitasnya seragam.

  • Biaya pembelian mesin di awal

Harga beli mesin fotocopy atau mesin apapun secara tunai biasanya akan lebih rendah dari membeli secara kredit. Namun membeli secara kredit pun memiliki besaran yang tidak sedikit. Terutama jika usaha Anda masih terbilang kecil. Jika tidak ingin cicilan terlalu berat pun Anda harus mengeluarkan uang muka yang sesuai.

Sewa mesin fotocopy

Beberapa kelebihan serta kekurangan menyewa mesin fotocopy adalah:

Kelebihan sewa mesin fotocopy

  • Mudah dan praktis

Tidak perlu menyurvei mesin seperti apa yang bagus atau merk dan spesifikasi seperti apa yang terbaik di pasaran. Cukup temukan penyedia jasa sewa mesin fotocopy terdekat di kota Anda, beritahukan apa kebutuhan usaha Anda, dan penyedia jasa sewa akan memberi Anda mesin yang sesuai keinginan. Begitu juga dengan perawatannya. Anda atau karyawan Anda tidak perlu repot karena pihak penyedia jasa sewa yang akan melakukannya untuk Anda.

  • Biaya awal relatif murah

Pilihan sewa adalah pilihan yang bagus bagi Anda yang memerlukan mesin fotocopy namun tidak mau mengeluarkan biaya yang besar. Dengan banyaknya penyedia jasa sewa mesin fotocopy saat ini, Anda memiliki banyak pilihan dan harga yang bersaing.

  • Bebas mengganti mesin

Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan mesin fotocopy Anda. Jika mesin Anda dirasa mulai ketinggalan zaman atau Anda ingin fitur yang lebih canggih, Anda bisa meminta penggantian mesin pada penyedia jasa sewa dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Tidak perlu ada aktivitas jual beli yang terlibat.

Kekurangan sewa mesin fotocopy

  • Ada kontrak sewa mesin

Karena Anda menyewa sebuah mesin, tentu saja diperlukan kontrak yang mengikat. Dalam kontrak tersebut akan tertera apa saja yang boleh dan yang tidak boleh Anda lakukan. Otomatis selama jangka waktu penyewaan Anda harus mematuhi perjanjian tersebut.

  • Total biaya bisa lebih tinggi

Harga sewa mesin fotocopy per periodenya mungkin memang tidak besar jika dibandingkan dengan biaya membeli mesin sendiri. Tapi jika dihitung lagi, biaya sewa yang Anda keluarkan selama periode tertentu bisa jadi sama dengan biaya membeli mesin.

Nah, bagaimana? Sudah menentukan untuk memilih yang mana: beli atau sewa mesin fotocopy? Keputusan manapun yang Anda pilih, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here