Saat ini promosi bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan efektif secara online, salah satunya melalui akun Instagram. Instagram merupakan platform marketing yang digemari banyak orang. Maka tak heran jika banyak orang yang berusaha memaksimalkan Instagram sebagai media promosi online. Anda bisa membuat Instagram bisnis yang memiliki fitur khusus dibandingkan akun personal.

Cara Memaksimalkan Instagram untuk Promosi Bisnis

Anda perlu memaksimalkan Instagram untuk promosi bisnis, mulai dari melakukan branding, menjangkau audiens secara luas, mendukung web bisnis meningkatkan trafik dan leads. Berikut ini kami telah merangkum 5 cara memaksimalkan Instagram untuk promosi bisnis yang bisa Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa akun Instagram bisnis memiliki fitur khusus dibandingkan akun personal. Hal tersebut merupakan salah satu cara mempromosikan bisnis Anda di Instagram dengan maksimal.

Pada tahun 2016 yang lalu Instagram merilis Instagram for Business yang memudahkan para penggunanya membuat profil bisnis secara gratis dengan fitur lengkap. Dengan profil ini, Anda bisa menambahkan kontak telepon, sms dan email di profil Instagram sehingga memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda. dengan profil ini pula Anda bisa melihat insight serta kemampuan mempromosikan bisnis.

Cara membuat akun Instagram for Business pun sangat mudah. Pertama, Anda mendownload aplikasi Instagram di playstore, buka aplikasi Instagram, sign up, masukkan alamat email dan klik next. Anda juga bisa menggunakan akun Facebook.

Setelah berhasil login dan membuat akun, selanjutnya pilihlah menu settings dan scroll hingga menemukan fitur Instagram for business. Setelah itu Anda bisa langsung mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Langkah selanjutnya yaitu Anda memasukkan informasi penting seperti alamat, waktu dan kontak bisnis.

2. Mengatur Jadwal Posting

Setelah membuat akun bisnis Instagram, Anda juga harus mengatur jadwal posting dengan baik. Berdasarkan hasil riset waktu yang tepat untuk memposting konten di Instagram yaitu jam 9 sampai 11 pagi. Namun hal tersebut belum tentu akurat, karena setiap jenis konten mempunyai target audience nya masing-masing

Anda bisa mengetahui waktu memposting konten baik dengan melakukan percobaan, lalu melihat hasil Insights milik Instagram. Dari situlah, Anda bisa mengetahui kapan ramai pengunjung dan audience membuka Instagram.

3. Membuat Konten Menarik

Selain memposting konten secara berkala di waktu yang pas, Anda juga harus membuat konten yang menarik. Hal tersebut dapat menarik perhatian audiens untuk mengenal bisnis Anda lebih dalam. Ada berbagai cara atau variasi konten yang bisa Anda bagikan di Instagram agar lebih menarik, seperti merepost foto audiens dan membuat IG TV.

Dengan merepost foto audiens memungkinkan Anda untuk mendapatkan jumlah followers dan engagement bersamaan, mereka juga bisa mempromosikan balik akun Anda.

Sedangkan IG TV atau video menjadi fitur unggul yang sedang marak digunakan untuk membagikan konten dengan menarik. Dengan fitur IG TV, Anda bisa membuat video lebih dari 1 menit bahkan bisa sampai 1 jam sehingga Anda bisa menciptakan konten yang lebih lama dengan membuat endorsment, tutorial, behind the scene dan lainnya.

4. Membuat Stories

Fitur selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan demi memaksimalkan Instagram untuk promosi bisnis yaitu stories. Berdasarkan hasil riset 39% pengguna Instagram mengaku sangat tertarik mencari tahu produk setelah melihatnya di Instagram stories. Itulah sebabnya layanan fitur stories bisa mempromosikan bisnis Anda dengan baik.

Fitur stories sendiri memberikan batas waktu hingga 24 jam saja untuk membagikan konten kepada audiens, hal itulah yang membuat kreatifitas Anda sangat dibutuhkan. Anda bisa menyajikan konten untuk mengedit viewer seperti testimoni produk, diskon, promosi produk baru, behind the scene, question and answer, dan membuat CTA atau call to action.

Melalui call-to-action Anda bisa menambahkan link untuk mengarahkan audiens ke alamat yang Anda masukkan, seperti website atau YouTube. Tentunya fitur ini berguna untuk mendapatkan leads atau traffic dengan cepat. Namun syaratnya harus memiliki minimal 10000 followers

5. Instagram Ads

Instagram ads merupakan fitur yang paling banyak diminati oleh para pebisnis. Fitur ini memberikan alternatif mudah untuk Anda menawarkan produk ke audiens secara spesifik.

Untuk menggunakan iklan di Instagram ada dua cara. Pertama Anda bisa menggunakan dashboard Facebook ads manager dan yang kedua bisa mengakses langsung di Instagram. Dengan memakai fitur Instagram ads Anda bisa membuat konten dalam berbagai format, seperti slide show, video, carousel, angle image dan stories.

itulah 5 cara memaksimalkan Instagram untuk promosi bisnis yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Pastikan cara-cara tersebut dilakukan dengan benar agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, serta promosi bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here