6 Cara Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Cara Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Setiap perusahaan pastinya menginginkan memiliki pelanggan yang selalu setia terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Meski mempertahankan pelanggan tetap loyal memerlukan effort yang lebih dibandingkan dengan menarik pelanggan yang baru, namun hal ini tetap perlu dilakukan untuk membuat bisnis Kamu tetap jalan dan menguntungkan.

Nah, jika Kamu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa di bisnis A, berikut ada 6 cara yang bisa Kamu coba lakukan.

Memberikan Reward Sebagai Bentuk Apresiasi Loyalitas

Berikan sebuah apresiasi kepada pelanggan Kamu atas loyalitas mereka terhadap produk maupun perusahaan kamu. Apresiasi bisa berupa memberikan reward kepada pelanggan setia.

Reward yang kamu berikan tidak selalu harus mewah. Contohnya Kamu bisa menyiapkan voucher khusus untuk pelanggan setia Kamu atau bisa reward berupa poin belanja, konten eksklusif dan lainya. Intinya jika Kamu rajin memberikan reward dan juga pelayanan terbaik, maka citra brand Kamu nantinya akan semakin baik.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Bahkan reward ini juga akan berdampak pada kemungkinan besar pelanggan Kamu akan menyebarkan tentang produk kamu kepada orang lain dan hal itu akan menjadi marketing dari mulut ke mulut yang masih ampuh untuk mendatangkan pelanggan setia.

Pakai Program Loyalty Card

Program loyalty card adalah program yang menawarkan beragam bentuk promosi yang bisa menguntungkan untuk pihak perusahaan maupun pelanggannya. Program ini bisa dilangsungkan dalam jangka panjang maupun pendek.

Program ini menawarkan beragam hadiah menarik yang bisa ditukar dengan jumlah poin tertentu yang sudah dikumpulkan dari setiap pembelian. Kamu wajib memperhatikan kualitas produk, agar program tersebut bisa meningkatkan penjualan Kamu kedepannya secara efektif.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Instagram untuk Promosi Bisnis

Agar lebih mudah, kamu bisa pakai TADA karena platform ini menyediakan layanan digital loyalty card yang bisa secara khusus  dirancang untuk membawa pelanggan Kamu kembali membeli produk Kamu dan tetap jadi langganan.

Salah satunya dengan memberikan reward berupa hadiah digital, keanggotaan dan lainnya, hal itu agar hubungan pelanggan dengan perusahaan kamu menjadi lebih baik dan membantu dalam perkembangan bisnis kamu.

Cari tahu tentang loyalty cards selengkapnya

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Meningkatkan kecepatan serta keakuratan di dalam melayani konsumen adalah salah satu prioritas dalam memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada pelanggan Kamu.

Kriteria kesuksesan terhadap kinerja dan performa perusahaan mengenai pelayanan yang diberikan bisa dilihat dari jumlah response rate yang bisa didapatkan perusahaan Kamu setiap bulannya di laporan kinerja media sosial perusahaan Kamu.

Jika performa menurun, cara untuk meningkatkannya kembali adalah dengan memperbaiki kecepatan respons terhadap pertanyaan, keluhan dan masukan pelanggan serta tidak melewatkan satu komen pun dari media sosial.

Baca juga: 4 Peluang Usaha Menjanjikan untuk Mahasiswa 2021

Jika ada komplain yang masuk, segera layani komplain tersebut dengan cepat dan juga professional. Tidak lupa juga untuk memberikan apresiasi atas semua informasi, tanggapan maupun pertanyaan yang perusahaan kamu dapatkan.

Informasikan Masalah yang Terjadi Kepada Pelanggan Kamu

Jika perusahaan Kamu mengalami kendala perihal layanan dan juga produk, maka Kamu harus segera memberikan informasi terkait masalah tersebut dengan detail kepada pelanggan. Jangan sampai Kamu menutupi hal tersebut dari pelanggan, tetapi jelaskan masalah yang sedang dihadapi dengan detail.

Jika kendala yang sedang dihadapi memang mengganggu performa perusahaan Kamu maka akui kesalahan tersebut dan segera meminta maaf kepada pelanggan dengan sopan dan baik, dengan catatan jika memang kesalahan yang dialami adalah kesalahan perusahaan.

Dengan keterbukaan tersebut dan memberikan tanggapan yang sopan tersebut, maka konsumen Kamu akan merasa dihargai dan merasa bahwa masalah yang diselesaikan dengan efektif. Mereka pun akan tetap percaya dengan kualitas pelayanan dari brand Kamu meski sedang ada masalah.

Berikan Pelayanan Terbaik dengan Konsisten

Jika perusahaan Kamu menerapkan pelayanan selama 24 jam 7 hari, maka Kamu harus konsisten dengan pelayanan tersebut. Kualitas yang sudah dibangun dari awal Kamu harus bisa mempertahankannya sesuai yang sudah dijanjikan.

Konsistensi inilah yang akan menjadi nilai lebih untuk perusahaan Kamu sebagai perusahaan yang profesional. Agar pelanggan Kamu nyaman, selalu berikan pelayanan terbaik.

Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Kamu bisa membuat kuesioner kepuasan pelanggan dengan menyusun beberapa pertanyaan yang ada kaitannya dengan kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang perusahaan Kamu berikan terkait dengan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Tidak hanya itu saja, kamu harus menyediakan sebuah tempat untuk menyampaikan kritik dan saran dari pelanggan kepada perusahaan kamu. Didalam pembuatan kuesioner ini tidak asal-asalan, namun harus dilakukan secara matang dan juga sangat hati-hati. Hal ini karena setiap pertanyaan yang dilontarkan kepada pelanggan Kamu ini akan menjadi citra terhadap bisnis yang sedang dijalankan perusahaan kamu.

Kamu bisa memberikan kuisioner ini secara online atau dilakukan secara langsung. Hasil dari kuesioner ini bisa menjadi bahan evaluasi internal perusahaan mengenai apa yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan soal pelayanan terhadap pelanggan.

Nah itulah tadi informasi berbagai cara yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Kamu bisa memodifikasi poin-poin di atas sesuai dengan kondisi bisnis dan juga target market Kamu. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang kompeten, profesional, dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Namun sayangnya, tidak semua karyawan...