Ini Dia Manfaat HRIS Software Indonesia bagi Kemajuan Bisnis!

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini, sudah semakin pesat. Banyak masyarakat yang memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut, untuk membantu aktivitas sehari-hari, maupun dalam menjalankan bisnisnya.

Di dalam dunia bisnis sendiri, teknologi sudah menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan dan kemajuan bisnis. Salah satu teknologi yang sering digunakan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya yaitu Software HRIS.

Software HRIS sendiri diperlukan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola kegiatan yang berkaitan dengan SDM perusahaan. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini, LinovHR akan menjabarkan beberapa manfaat software HRIS untuk kemajuan bisnis!

Pengertian Software HRIS

HRIS sendiri merupakan singkatan dari Human Resource Information System. Fungsi utama dari software HRIS sendiri yaitu untuk memudahkan user dalam mengakses macam-macam informasi yang berkaitan dengan SDM di perusahaan secara cepat.

Informasi-informasi yang dimaksud yaitu seperti, data karyawan, sistem penggajian atau payroll, penilaian kinerja, absensi, hingga pada pengembangan dan pelatihan karyawan.

Melalui penggunaan software HRIS ini, manajer maupun HRD dapat dengan mudah melakukan pekerjaannya secara mudah, cepat, dan juga akurat.

Manfaat Software HRIS bagi Perusahaan

Menggunakan software HRIS di perusahaan, nyatanya dapat memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya bagi manajer atau HRD, namun juga bagi perusahaan. Ini dia beberapa manfaat dari software HRIS bagi kemajuan bisnis dan perusahaan

Dapat Meningkatkan Produktivitas

Selain memudahkan HR dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Menggunakan software HRIS juga mampu untuk mendongkrak produktivitas HR di perusahaan.

Mengapa bisa demikian? Sebab, software HRIS akan mempermudah dan mempercepat proses administrasi HR. Dengan begitu, tugas HR yang sangat amat banyak tersebut, bisa diselesaikan dengan waktu yang relatif lebih singkat, dibandingkan dengan menggunakan cara manual.

Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Waktu

Selain terbukti mampu meningkatkan produktivitas. Penggunaan software HRIS juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu yang dibutuhkan HR dalam menjalankan tugasnya.

Sebagai contoh, perhitungan gaji karyawan tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga, apabila dihitung dengan cara lama atau manual. Sedangkan bila menggunakan software HRIS, perhitungan dapat diselesaikan dengan cepat, mudah, dan lebih akurat tentunya.

Meminimalisir Human Error

Segala jenis bidang pekerjaan, tentunya memiliki potensi untuk terjadinya human error, terutama bidang pekerjaan yang melibatkan banyak data.

Sama halnya dengan bidang HR, mereka dituntut untuk terus berhadapan dengan data-data yang menyangkut SDM perusahaan. Hal ini tentunya memiliki potensi yang relatif lebih besar untuk terjadinya human error, bila dilakukan secara manual.

Maka dari itu, penggunaan teknologi seperti software HRIS, dapat mengurangi risiko tersebut. Sehingga, potensi kerugian yang memungkinkan untuk terjadi, bisa dicegah.

Perhitungan Gaji Lebih Akurat

Tanggung jawab seorang HR memang sangatlah banyak dan vital. Salah satu tugas utamanya yaitu melakukan perhitungan gaji setiap karyawan perusahaan.

Perhitungan gaji karyawan harus dilakukan secara hati-hati dan tepat, agar tidak menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak.

Penggunaan software HRIS dapat menjadi solusi dalam melakukan perhitungan gaji karyawan, beserta dengan komponen-komponen lainnya. Dengan begitu, HR tidak perlu lagi merasa khawatir dan kerepotan saat hari penggajian tiba.

Mempermudah Karyawan

Selain mempermudah HR dalam menjalankan tugasnya. Software HRIS juga dapat memudahkan karyawan yang lain dalam mengelola administrasinya sendiri.

Melalui software HRIS, karyawan dapat melakukan pengajuan cuti, izin, lembur secara langsung melalui software tersebut. Karyawan juga dapat melakukan absensi dengan cepat dan mudah secara online melalui software HRIS ini.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas. Maka dapat disimpulkan, penggunaan software HRIS dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi kemajuan bisnis dan perusahaan.

Penting untuk memilih HRIS Software yang sesuai dan memiliki fitur lengkap. Salah satu rekomendasi HRIS Software Indonesia terbaik yang ada saat ini yaitu LinovHR.

Melalui software HRIS LinovHR, manajemen maupun HR dapat dengan mudah menjalankan dan mengelola kegiatan yang berhubungan dengan administrasi SDM.

Selain itu, software HRIS ini juga dapat memudahkan HR dalam melakukan proses perhitungan payroll, beserta komponen-komponennya, seperti perhitungan pajak pph 21, perhitungan BPJS, data kehadiran, izin dan sejenisnya.

Apabila Anda tidak ingin ribet soal penggajian, LinovHR juga punya layanan terbaik berupa payroll services. Melalui layanan ini, LinovHR bisa membantu Anda dalam menghitungkan payroll di perusahaan Anda termasuk masalah pajak, mulai dari pph 21, penghasilan kena pajak (PKP), perhitungan penghasilan tidak kena pajak (PTKP), hingga pelaporan pajak.

Menariknya, Anda bisa mencoba demonya sekarang juga, GRATIS!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap