Jenis-Jenis Website di Internet dan Berbagai Keunggulannya – Keberadaan jenis-jenis website di zaman serba digital ini tentunya sangat menguntungkan. Hal tersebut karena hampir semua aktivitas kehidupan, mulai dari aspek pendidikan, pekerjaan, hobi, hingga bisnis menjadi mudah dengan memanfaatkannya.  

Mengenal Jenis-Jenis Website

Mengingat website banyak dimanfaatkan untuk beragam kepentingan. Tidak heran bila kemudian muncul jenis-jenis yang disesuaikan dengan fungsi atau kebutuhan para pengguna. Hal ini sebanding dengan mengikutinya perkembangan teknologi dan berikut ulasannya:

Search Engine

Bagi Anda yang sudah terjun di dunia website pasti tidak asing dengan istilah satu ini. Pasalnya hampir semua laman membutuhkan bantuannya jika ingin dikenal atau mendatangkan banyak pengunjung. Sedangkan jenis website satu ini memiliki tujuan khusus dengan mengumpulkan daftar situs.

Kegunaan dari website jenis Search Engine ini akan menghimpun semua situs yang ada di database internet, kemudian ditampilkan dalam daftar indeks. Nantinya akan dimunculkan dan dikelompokkan berdasarkan kata kunci tertentu, sehingga ketika diketikkan ke kolom pencarian maka akan keluar.  

Wiki

Jenis website satu ini cukup populer. Hal ini karena merupakan situs yang sangat dekat dengan pengunjung. Pasalnya Anda diperbolehkan menulis dan menyunting semua postingan seperti artikel dan lain sebagainya. Namun tetap dalam penerapannya harus mengacu pada peraturan yang berlaku.

Satu jenis website ini terbagi lagi menjadi beberapa macam, mulai dari Wikipedia dan lainnya. Meski pengunjung dibebaskan untuk ikut menulis dan menyunting isi dari postingan artikel, namun tetap ada sebuah tim yang bertugas mengoreksi dan memeriksa layak atau tidak konten tersebut diunggah.

Web Portal

Jenis-jenis website terdiri cukup banyak, salah satunya web portal ini ada karena bertujuan untuk menghimpun semua informasi dari segala sumber. Kemudian ditampilkan kepada pengguna sesuai pencarian Anda. Jika tertarik untuk membaca lebih lengkap maka akan diarahkan ke laman aslinya.

Meski web portal ini populer karena kerap kali menampilkan informasi yang bersumber dari luar. Pastinya disertakan cantuman situs asli yang bersangkutan. Namun ternyata, terkadang juga memberikan unggahan miliknya sendiri, seperti Yahoo, MSN, dan masih banyak lagi.

Social Media

Bisa dikatakan bahwa jenis website satu ini menduduki posisi atas paling populer. Tidak heran bila demikian, karena social media menjadi alat pemersatu dari segala kalangan. Semakin hari kemunculannya bertambah dan selalu mengalami pembaruan menjadi lebih baru dan canggih.

Sebagai situs pertemanan online ini memungkinkan Anda untuk menjalin komunikasi dan bertukar informasi dengan semua orang. Bahkan tidak terbatas waktu dan ruang. Pasalnya, berhubungan dengan lawan di berbeda negara juga tetap bisa dilakukan. Seperti melalui Facebook, MySpace, dan lainnya.

Forum

Jenis website berikutnya ini berfungsi untuk ajang diskusi. Hal ini memungkinkan semua penggunanya untuk saling bertukar informasi. Salah satunya yaitu, Kaskus yang pernah menduduki posisi pertama sebagai situs dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia.

Dalam website berjenis forum ini, biasanya ketika Anda masuk maka akan diarahkan ke beberapa sub bagian. Pengunjung dibebaskan memilih ingin berdiskusi sesuai topik yang ditentukan. Kemudian untuk mengatur jalannya acara dipandu oleh admin agar disiplin dan tepat waktu. 

Portal Berita dan Informasi  

Jenis berikutnya ini seperti namanya yaitu memuat segala berita dan informasi. Tidak terkecuali pula artikel-artikel yang disiapkan untuk dibaca oleh pengunjung. Bahkan, pada beberapa kesempatan terdapat juga unggahan mengenai opini yang sengaja ditulis mengenai topik atau pembahasan tertentu.

Website jenis ini menampilkan banyak situs yang memuat majalah, koran, serta buletin secara online. Setiap sumber memiliki ciri maupun karakteristis berbeda. Hal ini karena disesuaikan dengan target pembaca yang dituju. Seperti detik.com, kompas.com, liputan6.com, dan lain sebagainya.

Media Sharing

Jenis situs berikutnya ini juga cukup populer. Bahkan saat ini hampir menjadi posisi tertinggi. Tidak heran karena sudah banyak sekali platform penyedianya. Pengguna dapat bebas berbagi gambar, audio, hingga video kemudian memungkinkan user lainnya untuk memberikan tanggapan. Seperti Youtube, Flickr dan lain sebagainya.

Bahkan belakangan, tidak hanya sekedar berbagi atau menyalurkan hobi. Namun justru menjadi ladang penghasilan bagi banyak orang yang beruntung dan bisa mengambil peluang kesuksesan. Hingga tidak jarang pula orang sukses lahir dari website media sharing.

Cloud

Situs berikutnya ini sebetulnya masih berkaitan dengan media sharing. Pasalnya seiring perkembangan teknologi dan menyesuaikan kebutuhan para penggunanya, sehingga muncul website dengan fungsi serupa namun lebih lengkap. Anda tidak hanya bisa berbagi namun juga melakukan pengunduhan.

Beberapa contohnya seperti Dropbox, SkyDrive, GoogleDrive, dan masih banyak lagi. Pengunjung bukan lagi hanya dapat melihat unggahan konten dari pengguna lainnya. Namun Anda bisa menyimpan file sesuai kehendak melalui fitur yang telah disediakan sehingga akan lebih menawarkan kemudahan.

Company Profile

Jenis situs berikutnya ini lebih sederhana karena hanya menampilkan profil suatu produk, perusahaan, maupun jasa tertentu. Di dalamnya diikutsertakan portofolio lengkap sebagai informasi untuk membantu pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam. Tidak jarang pula dipakai sebagai unsur promosi.

Situs ini sem akin hari kian berkembang. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan teknologi internet yang lebih dibutuhkan. Tidak heran bila kemudian muncul beberapa fitur tambahan di dalamnya seperti artikel mengenai produk, jasa, maupun perusahaan bersangkutan, dan sebagainya.

Corporate Website

Selanjutnya ini merupakan versi lebih lengkap dari sebuah company profile. Sering disebut sebagai Company web portal. Pasalnya pengunjung tidak hanya disuguhkan portofolio mengenai sebuah perusahaan. Namun mulai dari latar belakang, sejarah, segala kegiatan, hingga tujuan kedepannya dicantumkan.

Dalam Corporate Website ini cenderung memperkenalkan sebuah institusi secara mendalam. Meski bisa digunakan pula sebagai unsur promosi, namun informasi yang dicantumkan lebih lengkap. Biasanya memiliki target tujuan beragam tidak hanya pengunjung melainkan klien, investor, dan sebagainya.

Branding Website

Jika Anda ingin membangun image sebuah brand, tidak salah bila memanfaatkan website satu ini. Pasalnya menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan konsep yang dibangun. Mulai dari animasi, permainan, video, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jasa Content Placement Murah dan Terbaik di Handayat.com

Belakangan situs satu ini juga mengadakan kerjasama sehingga mengintegrasikan dengan media sosial. Seperti Facebook, Instagram, dan lainnya untuk memperluas sebaran informasi. Tidak heran bila sering dimanfaatkan oleh beragam produk seperti jajanan, minuman dan masih banyak lagi.

Online Store

Jenis website berikutnya ini cukup populer. Apalagi mengingat perkembangan dunia perdangangan saat ini cenderung lebih mudah dilakukan melalui bantuan internet. Kegunaannya untuk melakukan transaksi jual-beli. Pengunjung juga bisa melihat ragam katalog produk yang ditawarkan. 

Di era sekarang ini online store benar-benar sudah menjamur di kalangan masyarakat. Tidak heran bila kemudian muncul pula banyak platform serupa. Mulai dari Shopee, Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan lain sebagainya dengan tujuan sama. Hanya saja memiliki fitur dan desain berbeda.

Banyak sekali jenis-jenis website yang ada. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan target yang dituju. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda.

SUMBER :

https://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Mengenal_Jenis_web.pdf

https://www.indosmartdigital.com/artikel-128-inilah-jenisjenis-website-yang-perlu-kamu-ketahui.html

https://www.niagahoster.co.id/blog/jenis-website/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here