Dalam kegiatan belajar, sebagian besar orang tua, terutama yang tidak memiliki jaringan WiFi, mengeluhkan adanya pembengkakan biaya kuota. Apalagi masa pandemi seperti sekarang ini, orang tua dituntut untuk memfasilitasi buah hati dalam melakukan kegiatan belajar mandiri secara daring. Tentunya ini menjadi persoalan yang rumit.

Banyak orang tua yang mensiasatinya dengan membeli kuota unlimited. Namun sepertinya belum cukup memberi solusi. Berikut tips yang dapat dicoba agar hemat kuota saat belajar secara online:

Memilih situs pembelajaran online yang hemat kuota

Memilih situs-situs belajar online yang dapat diakses secara gratis merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penggunaan kouta. Sehingga seorang pelajar akan nyaman dan dapat meningkatkan kompetensinya tanpa harus mikir biaya kuota.

Baca juga: Pilihan Paket Internet yang Dapat Dipilih Dalam Aplikasi Provider

Adanya kebijakan seperti saat ini, yang mengharuskan untuk belajar di rumah, membuat berbagai situs belajar online memberikan akses gratis untuk melihat bahkan mengunduh materi maupun video pembelajaran.

Memakai browser yang lebih efisien

Penggunaan browser juga menjadi salah satu penyebab terkurasnya kuota. Untuk itu pemilihan browser harus diperhatikan. Ada beberapa browser yang dapat dijadikan alternatif dan sudah terbukti dapat menyimpan data internet secara primer dan mengompres alamat web yang dikunjungi.

Baca juga: Aplikasi Islam Sesuai Sunnah Terbaik di Android 2020

Misalnya Opera Mini, Firefox Lite, dan Google Chrome. Meskipun hemat dalam penggunaan kuota, browser tersebut tetap dapat menyajikan gambar dan video secara optimal.

Memilih provider yang menawarkan paket kuota hemat

Dilansir dari berbagai berita smartfren, bahwa saat ini provider tersebut tengah menawarkan beberapa paket internet dengan harga terjangkau dan kuota tak terbatas, misalnya Super 4G Unlimited atau SmartPlan.

Paket tersebut sangat recommended untuk para pelajar karena adanya pelayanan akses internet tanpa batas setiap hari dan berlaku di semua jaringan smartfren.

Selain itu paket ini juga memiliki keuntungan lain yakni gratis menelepon ke sesama pengguna smartfren. Ada tiga varian yang dapat dipilih, paket harian, paket mingguan dan paket bulanan.

Beberapa tips di atas merupakan upaya dalam menghemat kuota saat hendak belajar dengan memanfaatkan jaringan internet. Jadi kuota bukanlah penghalang untuk terus menimba ilmu.

Dengan budget minimal dapat menggunakan kuota secara maksimal. Dapat pula melakukan penghematan kuota dengan memasang mode offline, mematikan sinkronisasi yang tidak digunakan, menyalakan notifikasi peringatan penggunaan data internet, dan mematikan auto-update aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here