Kenapa Kita Takut Mencoba? Ternyata Ini Jawabannya!

Kenapa Kita Takut Mencoba? Ternyata Ini Jawabannya! 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Salah satu masalah yang aku alami akhir-akhir ini adalah takut mencoba. Aku merasa akhir-akhir ini keberanianku untuk mencoba banyak hal tiba-tiba menciut, tak seperti dulu. Dulu aku termasuk seorang pemberani dalam mencoba banyak hal baru, mulai dari perlombaan, belajar skill, dan lainnya.

Tapi, akhir-akhir ini aku merasakan ada perbedaan dalam diriku. Aku sekarang sangat takut untuk mencoba hal baru. Pikiranku berkecamuk, banyak hal yang membuatku menjadi takut untuk maju dan mulai mencoba.

Hadirnya tulisan ini aku ingin merenungkan sesuatu; apa saja sih yang membuatku takut untuk mencoba?

Pertama: Takut Gagal

Kita dibesarkan di lingkungan yang mana kegagalan dianggap hal yang memalukan. Padahal kegagalan atau kesalahan adalah hal yang wajar bagi seorang insan dalam proses pembelajaran.

Dikutip dari Rianto Astono, selama 12 tahun kita menempuh pendidikan di sekolah, sadar tak sadar, ternyata kita dilatih agar menjadi seorang yang tidak membuat kesalahan dan kegagalan. Ketika sekolah, kita diajarkan bahwa kesalahan dan kegagalan adalah hal yang buruk, dan kita dihukum dengan cara guru memberikan nilai yang jelek saat mengalami kesalahan.

Padahal manusia didesain untuk belajar dari kesalahannya; kita belajar berjalan saat terjatuh, jika kita tak pernah terjatuh kita takkan pernah bisa berjalan.

Kedua: Terlalu Bergantung Kepada Diri Sendiri, Tidak Kepada Tuhan

Yang membuatku sering merasakan takut mencoba adalah karena terlalu mengandalkan kemampuan diri sendiri; sering merasa diri ini sudah bisa dan terkadang juga sering merasa diri ini tak bisa apa-apa.

Alhasil, membuatku terkadang terlewat percaya diri lalu gagal dan terkadang juga tak berani untuk mencoba. Seharusnya, sebagai seorang makhluk yang lemah, kita harus menggantungkan segala sesuatu kepada yang maha perkasa, yaitu Allah Azza wa Jalla.

Tugas kita berusaha semaksimal mungkin dan semua hasilnya diserahkan kepada Allah Ta’ala.

Ketiga: Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Yang membuatku kerap kali merasa takut mencoba adalah karena sering membandingkan diri dengan orang lain, terutama ketika mengikuti perlombaan. Pada perlombaan, kita bisa menemukan orang-orang dengan kemampuan yang beragam, mulai dari pemula hingga yang jago semuanya ada.

Orang-orang dengan kemampuan luar biasa ini terkadang membuat kita menjadi takut untuk bergerak maju mengikuti lombanya dan memilih menyerah sebelum berperang. Padahal seharusnya kamu tak perlu membandingkan diri kamu dengan siapapun. Setiap kita punya garis mulai yang berbeda-beda. Ia mungkin lebih jago karena sudah memulai dan berlatih sejak lama, kamu cukup bandingkan diri kamu dengan kamu di masa lalu.

Kayaknya itu aja dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Inilah 4 Nilai Plus Belanja Groceries Lewat Aplikasi Astro

Wajib hukumnya untuk selalu berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, utamanya adalah bahan makanan. Bahkan tak jarang diantaranya yang suka menyetok...