Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang kompeten, profesional, dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Namun sayangnya, tidak semua karyawan memiliki kemampuan semacam ini. Itulah kenapa, recruiter harus jeli saat melakukan perekrutan karyawan.

Baca juga: Pekerjaan-Pekerjaan Paling Menyenangkan di Dunia

Salah satu hal yang paling berpengaruh adalah, timing alias waktu. Merekrut karyawan ternyata tidak bisa dilakukan secara dadakan. HR atau recruiter harus menentukan kapan waktu yang tepat untuk membuka lowongan.

Waktu yang Tepat untuk Merekrut Karyawan

Berikut adalah waktu-waktu yang dianggap paling pas untuk proses perekrutan. Jika Anda seorang HR, maka wajib memahami hal ini.

Karyawan Kewalahan dengan Tugas

Pertama, perhatikan kinerja para karyawan dan juga sistem produksi di perusahaan. Seorang HR harus jeli, apakah sejauh ini karyawan yang ada sudah cukup menghandle semua job? Apakah mereka terlihat santai-santai atau justru kewalahan dengan banyaknya tugas?

Baca juga: 8 Cara Berhenti dari Kebiasaan Menunda-nunda dengan Mudah

Jika mereka terlihat kewalahan, maka ini adalah saat yang tepat untuk merekrut karyawan baru. Pastikan jumlah karyawan sudah sesuai dengan jumlah order / proses produksi yang berjalan. Hal ini juga akan sangat berpengaruh pada perusahaan secara umum.

Saat Akan Mengembangkan Bisnis

Anda seorang pemilik bisnis dan ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dari sebelumnya? Inilah saatnya Anda membuka lowongan pekerjaan untuk kandidat-kandidat baru. Jika jumlah karyawan sedikit, tentu akan sulit untuk melebarkan sayap bisnis Anda.

Karyawan Lama Kurang Kompeten

Waktu atau timing berikutnya yakni saat Anda merasa karyawan lama kurang kompeten atau produktif lagi. Hal ini tentu dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa jadi ada kesalahan saat perekrutan dulu, atau memang karyawannya yang sudah menurun produktivitasnya.

Jika demikian, maka sudah tentu tugas Anda sebagai HR untuk membuka lowongan, dan mencari karyawan baru yang jauh lebih kompeten sesuai bidang yang dibutuhkan. Pastikan Anda melakukan perekrutan secara tepat sasaran, efektif dan efisien.

Karyawan Lama Resign

Resign dari perusahaan memang hak setiap karyawan. Hal ini pun bisa saja terjadi pada perusahaan yang Anda pimpin. Jika ada beberapa posisi yang telah kosong, maka Anda wajib segera mencari karyawan baru untuk mengisinya.

Terlebih jika posisi ini cukup krusial, misalnya seperti accounting, purchasing, atau manajer. Jangan sampai Anda terlambat mencari penggantinya, karena tentu akan berdampak pada sistem produksi dalam perusahaan.

Cara Efektif Merekrut Karyawan Baru

Merekrut karyawan baru ternyata tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk menyiasati hal ini, Anda perlu menggunakan tools atau software agar proses menjadi lebih efektif.

Baca juga: Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Anda bisa menggunakan Shortlyst untuk mempermudah kerja Anda dalam mencari karyawan baru. Mengapa harus Shortlyst? Berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan:

Akses Profil Melimpah

Anda bisa mengakses profil kandidat dari seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, sudah ada 600 juta lebih profil kandidat yang tersedia. Anda bisa mengaksesnya dengan cara menyortir kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan Anda.

Integrasi Platform

Shortlyst juga telah dibekali kemampuan untuk terhubung ke banyak platform sekaligus. Misalnya saja, Anda bisa menghubungkan Shortlyst dengan LinkedIn, WhatsApp, email, Slack, dan lain sebagainya. Jelas lebih efisien bukan?

Teknologi AI

Fitur unggulan dari tools ini adalah hadirnya teknologi AI atau Artificial Intelligence. Kecerdasan buatan ini digadang-gadang menjadi teknologi paling canggih yang sangat mirip dengan kecerdasan manusia. Dengan fitur ini, Anda bisa menemukan kandidat yang kompeten sesuai kebutuhan.

Keunggulan Shortlyst sebagai platform hiring terbaik jelas tidak hanya 3 poin di atas saja, masih banyak fitur lain yang bisa Anda dapatkan. Semuanya tersaji hanya dengan 23 USD saja, harga ini terbilang murah jika dibandingkan dengan tools lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Inilah 4 Nilai Plus Belanja Groceries Lewat Aplikasi Astro

Wajib hukumnya untuk selalu berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, utamanya adalah bahan makanan. Bahkan tak jarang diantaranya yang suka menyetok...