Keuntungan Memulai Bisnis di Usia MudaTak terasa, sekarang aku sudah memasuki kelas sebelas Sekolah Menengah Atas. Ini artinya, aku sebentar lagi akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang membingungkan; kuliah, kerja, atau membangun sebuah usaha. Ya, hampir semua pelajar SMA pasti dihadapkan dengan kebingungan yang sama ketika menjelang kelulusannya.

Baca juga: Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Maka dari itu, penting bagi kita yang masih duduk di bangku sekolahan agar memikirkan permasalahan ini jauh-jauh hari sebelum masa putih abu-abu usai. Kenapa begitu? Karena memilih jalan mau ke mana nantinya setelah lulus sekolah merupakan permasalahan penting banget yang harus dipikirkan secara matang, yang sebaiknya kamu diskusikan secara baik-baik dengan keluarga.

Keuntungan Memulai Bisnis di Usia Muda

Inilah 3 Keuntungan Memulai Bisnis di Usia Muda 1

Aku sendiri sudah mempunyai pilihan (yang menurutku sudah tepat) mau ke mana nantinya ketika sudah lulus sekolah. Berbeda dengan kebanyakan teman-temanku di sekolahan, yang mana mereka lebih memilih melanjutkan studi ke bangku kuliahan, aku malah berencana untuk membangun sebuah bisnis nantinya.

Baca juga: SystemEver, Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Membangun sebuah bisnis ketika lulus sekolah nantinya merupakan cita-citaku sejak jauh-jauh hari, bahkan sebelum memasuki masa putih abu-abu aku sudah berencana untuk membangun sebuah bisnis nantinya. Menurutku, membangun sebuah bisnis di usia yang masih muda merupakan pilihan yang tepat dan memiliki banyak keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya. Hmm, apa aja sih keuntungannya? Coba lihat di bawah ini!

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Pertama keuntungan memulai bisnis di usia muda adalah bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Percaya atau tidak, membangun bisnis di usia muda emang bisa bikin kita jadi percaya diri, lho! Apalagi jika usaha atau bisnis yang kita bangun di usia muda tersebut bisa meraih kesuksesan, tentunya akan membuat kepercayaan diri kita semakin meningkat.

Memiliki Banyak Kesempatan untuk Mencoba

Kedua keuntungan memulai bisnis di usia muda adalah memiliki kesempatan untuk banyak mencoba. Ya, dalam merintis sebuah bisnis tidak selalu jalan yang kita hadapi mulus tanpa rintangan dan hambatan. Nah, jika kita memulai merintis sebuah bisnis di usia yang masih muda, kita akan lebih mudah dalam melewati segala rintangan tersebut. Pasalnya, energi dan waktu yang kita miliki masih banyak dan melimpah.

Membangun Karakter yang Positif Pada Diri

Keuntungan memulai bisnis di usia muda yang ketiga adalah dengan merintis sebuah bisnis kita bisa membangun karakter yang positif dalam diri kita. Hmm, karakter yang positif di sini maksudnya apa sih?

Jadi begini, ketika seseorang memutuskan untuk merintis sebuah bisnis dan menjadi seorang wirausahawan ia akan dihadapkan dengan berbagai problema yang tak hanya dapat membuat bisnisnya menjadi berkembang, namun juga dapat membangun karakternya menjadi lebih positif. Seperti dengan terbentuknya sikap mandiri, berjiwa pemimpin, disiplin, gigih, dan lainnya.

Pengalaman Mencoba Berbisnis di Usia Muda

Mengetahui banyaknya manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan bila menjadi seorang pebisnis, membuatku semakin yakin dan bersemangat untuk membangun sebuah bisnis. Akan tetapi, waktu kelulusan sekolah yang masih cukup lama membuatku harus menundanya terlebih dahulu. Padahal, aku berencana ingin membangun bisnisnya sekarang juga, apalagi ide-ide bisnis sudah tertancap di kepala membuatku ingin mengeksekusinya segera.

Akan tetapi temenku berkata, “Sabar dulu bro, tahan aja dulu bikin bisnisnya, sekarang kayaknya belum waktu yang tepat untuk memulai usaha. Soalnya kita masih sekolah, full day school pula, tugas menumpuk di mana-mana.”

“Hmm, ada benernya juga perkataannya.” Pikirku. Akhirnya aku bersabar dan membatalkan rencana itu.

Walaupun aku membatalkan niat untuk membangun sebuah bisnis sebelum lulus sekolah, akan tetapi rasa penasaranku terhadap dunia bisnis tak bisa dibendung. Untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut, aku mulai mencoba berbisnis dengan yang kecil terlebih dahulu, yaitu dengan mencoba menjual barang-barang yang ada di kamarku. Ya lumayan sih, daripada hanya disimpan dan memenuhi ruang mending dikonversi menjadi uang.

Baca juga: 7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes

Aku berencana menjualnya secara online menggunakan media sosial Facebook. Alasanku sederhana mengapa memilih Facebook, karena Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Di daerahku sendiri, ada banyak banget forum jual beli di Facebook yang memiliki ratusan ribu anggota, dengan begitu artinya kesempatanku untuk mendapatkan pembeli menjadi semakin besar.

Inilah 3 Keuntungan Memulai Bisnis di Usia Muda 2

Cekrek, cekrek..

Aku pun memotret dengan penuh semangat barang-barang yang inginku jual tersebut. Aku berusaha sebaik mungkin dalam mengambil gambarnya, tentunya dengan gambar yang baik akan membuat calon pembeli semakin tertarik, begitu pikirku.

Setelah proses pengambilan gambar selesai, aku pun mengunggahnya ke marketplace Facebook, dan membagikannya ke beberapa grup jual beli. Ada pun barang yang aku jual adalah sepatu bola, sepatu futsal, dan kamera mirrorless.

Setelah beberapa menit barangnya ku unggah di Facebook, ada seorang pengguna yang mengirimkan pesan, “Ready barangnya gan?”. Ternyata, ia menanyakan ketersediannya sepatu sepak bolaku.

Baru beberapa detik pesan tersebut masuk di ponsel pintarku, aku pun langsung membalasnya. Aku membalasnya dengan penuh semangat, “Ready gan barangnya, minat?”.

Aku pun menunggu balasannya dengan penuh harap, semoga saja barangku laku terjual.

Beberapa menit sudah berlalu dan ia belum juga membalas pesan dariku, aku pun mencoba berpikir positif, “Mungkin dia sibuk.” Pikirku..

Tapi… Hingga kini nggak ada kabarnya, entah kemana, aku pun tak tau.

Demikianlah tulisan kali ini tentang keuntungan dan pengalaman memulai bisnis di usia muda, semoga tulisanku kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here