Olahraga lari memang selalu menjadi favorit banyak orang. Jika Anda termasuk yang malas keluar rumah, peralatan seperti treadmill bisa menjadi pilihan. Terlebih harga treadmill murah saat ini semakin mudah ditemui. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak memulai kebiasaan olahraga yang penting untuk tubuh.

Lari termasuk ke dalam program latihan kardio yang banyak dipilih. Gerakan yang dilakukan cukup efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Namun, hal ini hanya berlaku saat Anda melakukan gerakan yang tepat saat berlari di atas treadmill. Berikut beberapa kesalahan yang banyak dilakukan saat lari di atas treadmill.

Cedera karena Melewatkan Pemanasan

Menurut Journal of Exercise Rehabilitation (2018), pemanasan penting dilakukan untuk mencegah cedera otot. Mengingat saat melakukan gerakan latihan, aliran darah ke otot akan meningkat. Bahkan ketika Anda memilih berlari di luar, gerakan pemanasan tetap penting dilakukan. 

BACA JUGA: Inilah Alat Kesehatan yang Wajib Ada di Rumahmu!

Tidak butuh waktu lama untuk pemanasan, Anda bisa menghabiskan setidaknya beberapa menit sebelum lari. Terlebih beberapa gerakan dinamis cukup mudah dilakukan, misalnya mengangkat kaki setinggi lutut. Namun, lakukan gerakan mengayunkan kaki sebelum benar-benar siap melakukannya. 

Namun, Anda juga bisa melakukan pemanasan dengan lari-lari kecil di atas treadmill. Hal ini dapat melatih kekuatan otot kaki agar siap dengan program latihan berikutnya.

Jangan Sepelekan Pegangan Treadmill

Beberapa orang kerap kali mengabaikan pegangan pada treadmill. Padahal, menyepelekan bagian ini tidak boleh dilakukan. Hal ini berdasarkan sebuah Journal of Exercise Physiologi pada 2013 yang menyatakan bahwa tidak ada alasan ilmiah untuk tidak memegang pegangan treadmill. Dengan menggunakan pegangan, Anda akan terbantu untuk berlari dengan baik. 

BACA JUGA: Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran untuk Kesehatan

Letakkanlah tangan di atas pegangan agar ketika berlari terasa lebih seimbang. Oleh karena itu, manfaatkanlah pegangan yang ada di treadmill untuk membantu Anda berlari dengan efektif.

Berpacu dengan Pelari di Sebelah Anda

Apakah Anda termasuk yang senang berkompetisi dalam olahraga? Hal ini memang baik dilakukan, namun tidak ketika Anda melakukan latihan treadmill. Beberapa orang sangat mudah tertarik untuk seolah mengikuti “lomba lari” treadmill. Terutama dengan seseorang yang berada di samping Anda. Sayangnya, hal ini tidak baik untuk dilakukan. 

BACA JUGA: Ini Dia 5 Cara Paling Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sebaiknya, fokus pada latihan Anda sendiri agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Jangan memaksa untuk menyamakan langkah dengan orang lain di sebelah Anda. Hal ini bisa menjadi sebuah perlombaan imajiner yang bukan prioritas Anda.

Mengabaikan Incline

Memahami fungsi alat treadmill memang penting dilakukan. Misalnya dengan memanfaatkan fitur incline yang diterapkan dalam teknologi di treadmill. Fungsi utamanya adalah untuk menaikkan lintasan treadmill agar seolah berlari melewati lintasan tanjakan. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila fitur ini tidak dimanfaatkan dengan baik.

Tidak hanya menaikkan lintasan saja, sebaiknya manfaatkan sepenuhnya fitur-fitur yang ada di treadmill. Dengan memanfaatkan teknologi incline, aktivitas lari yang dilakukan akan lebih efektif membakar kalori. 

Ingin membeli treadmill baru yang lebih berteknologi? Kini, Anda bisa jual treadmill dengan mudah secara online. Dengan demikian, alat treadmill yang cocok dapat membantu Anda mendapat program latihan yang lebih baik.

Terlalu Fokus Pada Layar Treadmill

Sebagian besar treadmill memang dapat menampilkan data di layar seperti jarak, kecepatan, dan kalori yang terbakar. Namun, bukan berarti Anda harus selalu fokus pada layar tersebut. Sebaiknya, fokus pada program latihan yang sedang dijalani. Aturlah kecepatan secara bertahap minimal 3- menit dan rasakan sensasi berkeringat yang sehat. 

Berolahraga dengan treadmill memang tidak pernah lekang oleh waktu. Oleh karena itu, hindari kesalahan-kesalahan saat berlari di atas treadmill seperti yang diulas di atas. Dengan teknik berlari yang baik, Anda bisa mendapat manfaat kesehatan yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here