Fakta Seputar Virus Corona yang Harus Diketahui – Berbicara mengenai virus corona mungkin bagi sebagian orang sudah menjadi topik yang memuakkan dan bosan untuk dibahas, karena hampir setiap harinya media-media di Indonesia pastinya terus membahas mengenai masalah ini sehingga membuat sebagian orang merasa risih.

Tak bisa dipungkiri, virus corona hingga hari ini masih terus menyebar ke seluruh dunia termasuk di negara kita. Tak heran mengapa masih banyak media yang membahas mengenai masalah virus COVID-19 ini agar masyarakat selalu waspada dan menjaga kesehatannya.

Di Indonesia sendiri pasien positif sudah mencapai 271.339 orang dan yang meninggal ada 10.308 orang. Maka dari itu, perlu bagi kita semua untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan selalu menjaga protokol kesehatan.

Dalam tulisan kali ini, agar menambah wawasan kita mengenai virus corona atau covid-19 ini, saya akan memaparkan beberapa fakta seputar virus corona yang harus kita ketahui bersama. Nah, apa-apa saja fakta virus corona tersebut? Berikut adalah tulisannya yang saya kutip dari Halodoc.

Diduga Berasal dari Kelelawar

Fakta yang harus kamu ketahui mengenai virus corona yang pertama adalah diduga berasal dari kelelawar. Para ahli menyebutkan bahwa virus ini merupakan penyakit zoonosis yang mana artinya penyakit yang ditularkan antara hewan dan manusia.

Menurut ahli di Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang berada di Amerika, virus corona tak hanya beredar hanya pada kelelawar saja, namun juga beredar pada hewan lain seperti unta dan kucing.

Masih ada Hubungannya dengan SARS dan MERS

Teman-teman semuanya mungkin masih ingat dengan virus SARS atau MERS yang sempat menghebohkan dunia beberapa waktu lalu. Menurut para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, virus corona ini masih kerabat dekat dengan virus-virus tersebut. Para pakar kesehatan menyebutkan bahwa virus Covid-19 ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu, hingga penyakit yang lebih parah.

Gejalanya Beragam, Mulai dari Demam hingga Nyeri Dada 

Fakta selanjutnya mengenai virus corona adalah memiliki gejala yang beragam bagi mereka yang terinfeksi virus ini. Apa aja sih gejalanya? Mulai dari demam, sakit tenggorokan dan sulit bernafas, batuk, hingga sakit kepala.

Vaksin Corona Sudah Mulai Diuji Coba

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang-orang di seluruh dunia adalah ditemukannya vaksin yang berguna membantu dalam menangkal terinfeksinya virus corona di tubuh kita. Airlangga Hartarto yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan bahwa mulai pada bulan Desember 2020 sebagian masyarakat Indonesia sudah bisa diberikan vaksin virus corona.

Dengan adanya kabar pemberian vaksin ini merupakan angin segar bagi kita semuanya agar bisa terhindar dari penularan virus corona dan bisa hidup normal seperti sediakala. Contohnya seperti dengan adanya penelitian dan uji klinis vaksin sinovac oleh Sinovac Biotech yang merupakan salah satu perusahaan farmasi asal negara China.

Banyaknya Berita Hoax dan Konspirasi Seputar Corona

Salah satu tantangan bagi kita semua yang sedang menghadapi pandemi covid-19 adalah kesulitan dalam menyaring informasi karena saking banyaknya beredar berita beredar di internet seputar virus corona yang tidak jelas kebenarannya.

Maka dari itu penting bagi kita untuk membaca informasi seputar virus ini dari sumber yang sudah jelas kebenarannya seperti dari website Halodoc.

Buat kamu yang belum tau, jadi Halodoc.com adalah sebuah platform kesehatan digital yang menyediakan beragam pelayanan kesehatan seperti informasi-informasi seputar kesehatan yang lengkap dan terpercaya dari ahlinya, konsultasi dengan dokter, mencari rumah sakit, sampai mencari dokter pun bisa kamu di sana.

Demikianlah tulisan saya kali ini mengenai fakta-fakta seputar virus corona kali ini. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here