Melihat Tren Perkembangan Chatbot di Indonesia

Indonesia adalah pasar yang menarik dan sedang berkembang dengan banyak peluang baru. Karena semakin banyak bisnis mulai menggunakan chatbot, pasar diperkirakan akan meningkat sebesar 175% dari 2017 hingga 2025. 

Seiring semakin banyak perusahaan berinvestasi dalam pengembangan chatbot Indonesia, bot pintar ini akan menjadi bagian penting dari strategi pemasaran setiap perusahaan di masa depan.

Chatbot adalah jenis perangkat lunak komputer atau aplikasi yang mensimulasikan percakapan manusia. 

Chatbot telah digunakan oleh marketer, dan pembuat konten untuk mengotomatiskan tugas-tugas digital marketing. Bot pintar ini membantu perusahaan mengotomatiskan berbagai tugas pemasaran termasuk pencarian prospek, pembuatan konten dan email marketing. 

Chatbot dapat disematkan di situs web official, landing page, dan media sosial perusahaan. 

Chatbot dapat dibuat menggunakan arsitektur monolit atau terdistribusi. Arsitektur monolit terdiri dari satu aplikasi yang menangani semua aspek interaksi pengguna. Di sisi lain, arsitektur terdistribusi terdiri dari beberapa aplikasi yang dapat berbicara satu sama lain. 

Contoh Industri yang Sudah Mengambil Manfaat dari Chatbot:

Setiap aplikasi dapat berjalan di sistem apa pun, seperti Windows, Linux, dan macOS. Chatbot dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, Nodejs, dan PHP. Chatbot juga dapat dibuat menggunakan teknologi AI seperti Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning (ML).

Adapun contoh industri yang sudah mengambil manfaat daru penggunaan chatbot adalah sebagai berikut:

Perbankan dan Keuangan

Banyak bank besar dan penyedia layanan keuangan sudah menggunakan chatbot untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Chatbot dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dasar tentang akun, dana, transfer uang, dan pembayaran. 

Chatbot juga dapat digunakan untuk memeriksa saldo akun, mentransfer dana antar akun yang berbeda, dan memproses pembayaran. Chatbot juga dapat digunakan untuk memeriksa kelayakan pinjaman atau kartu kredit.

Kesehatan

Chatbot dapat membantu dokter dengan manajemen pasien dengan menjadwalkan janji temu, memeriksa hasil tes, dan berkomunikasi dengan pasien. Chatbot juga dapat membantu dokter dengan tugas administratif seperti memeriksa jadwal, mencatat catatan, dan menerima pembayaran. 

Beberapa dokter menggunakan chatbot untuk berkomunikasi dengan pasien mereka dan menjawab pertanyaan dasar tentang gejala, diagnosis, dan pengobatan. Software ini juga digunakan untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga pasien dan menjawab pertanyaan tentang rencana perawatan.

Retail

Beberapa pengecer menggunakan Chatbot untuk membantu pelanggan menemukan produk, memesan, memeriksa status pesanan, dan menjadwalkan pengiriman atau pengambilan produk.

Travel dan Perhotelan

Banyak perusahaan travel dan perhotelan menggunakan Chatbot untuk memberikan informasi yang berguna kepada pelanggan mereka seperti informasi kedatangan dan keberangkatan bandara dan hotel, status penerbangan, peta terminal, dan tip perjalanan. 

Mereka juga dapat memberikan informasi tentang kebijakan hotel seperti aturan merokok, waktu check-in, kebijakan pembatalan, dan aturan berpakaian.

Pendidikan

Chatbot dapat membantu siswa menemukan jawaban atas pertanyaan umum tentang jadwal kelas, pendaftaran, dan pembayaran. Mereka juga dapat membantu siswa mempelajari kursus dengan memberi mereka informasi tentang tugas pekerjaan rumah dan tanggal ujian. 

Beberapa chatbot memungkinkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan menjawab pertanyaan tentang tugas kelas.

Transportasi

Chatbot dapat membantu orang menemukan informasi tentang jadwal transportasi umum termasuk bus dan kereta api. Bot ini dapat memberikan informasi tentang parkir di kota atau informasi tentang tarif parker.

Hiburan

Beberapa Chatbot dapat membantu dengan reservasi dan pemesanan tiket untuk film dan konser. Bot ini dapat memberikan berita tentang film dan pertunjukan terbaru atau memberikan informasi tentang pertunjukan dan konser yang akan datang.

Kesimpulan

Chatbot dapat menjadi alat yang berguna untuk bisnis yang ingin meningkatkatkan pelayananya sekaligus sebagai tool marketing yang efektif.

Bot pintar ini juga dapat membantu bisnis menghemat uang dengan mengotomatiskan tugas berulang yang biasanya dilakukan oleh karyawan manusia.

Chatbot semakin populer karena kemudahan yang mereka tawarkan. Bisnis yang perlu berkomunikasi dengan pelanggan melalui obrolan dapat menyewa pengembang chatbot untuk membuatkan chatbot untuk mereka. 

Pemilik bisnis juga akan menghemat uang dengan tidak mempekerjakan administrator untuk layanan chatting pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top