Mengenal Jenis-Jenis Batu Alam dan Manfaatnya Bagi Bangunan – Menggunakan batu alam untuk memperindah sebuah bangunan menjadi pilihan yang sering dilakukan sejak dulu dalam dunia arsitektur. Bagaimana tidak, dengan menggunakan batu alam seperti keramik heavy duty roman, memberikan banyak manfaat terutama bagi keindahan sebuah bangunan atau rumah.

Pada dunia arsitektur, batu alam kerap kali dipakai sebagai pelapis dinding dan lantai pada sebuah bangunan. Dengan menggunakan batu alam seperti keramik memberikan kesan indah dan alami pada sebuah bangunan, membuatnya terlihat mewah dan mahal.

Baca juga: Ini dia Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Kamar!

Sesuai dengan namanya yaitu batu alam, batu ini memang benar-benar batu asli yang berasal dari alam yang nantinya dibelah-belah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Biasanya bangunan-bangunan yang menggunakan batu alam adalah rumah minimalis dan rumah-rumah modern yang menginginkan huniannya tampak indah dan lebih alami sehingga terlihat menyatu dengan alam.

Jenis-Jenis Batu Alam

Di Indonesia sendiri, kita bisa melihat banyaknya jenis-jenis batu alam yang sering digunakan untuk keperluan arsitektur atau keperluan lainnya. Nah, batu alam apa sajakah itu? Berikut adalah jenis-jenis batu alam yang harus kamu ketahui.

Batu Alam Keras

Batu alam jenis ini merupakan batu alam yang susah pecah karena memiliki pori-pori yang rapat. Di Indonesia sendiri ada beberapa batu alam yang termasuk ke dalam jenis batu alam yang keras, seperti batu alam andesit, sabak/batu kali, granit, dan marmer.

Batu Alam Lunak

Selain batu alam bertekstur keras, ada juga batu alam bertekstur lunak. Batu alam lunak ini sesuai dengan namanya, yaitu tidak terlalu keras dikarenakan memiliki pori-pori yang tidak terlalu rapat.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Ini dia Tips Memiliki Rumah di Usia Muda

Batu alam lunak memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah karena teksturnya lunak jadi lebih mudah diolah, akan tetapi kekurangannya adalah mudah hancur karena saking lunaknya. Adapun batu alam yang termasuk ke dalam jenis batu alam lunak adalah batu alam palimanan, batu paras, batu candi, dan terakhir adalah batu alam breksi.

Manfaat Batu Alam Bagi Bangunan

Setelah mengetahui apa-apa saja jenis batu alam yang sering kita temui di Indonesia, selanjutnya kita mengetahui mengenai apa manfaat batu alam bagi bangunan. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi, batu alam memberikan estetika atau keindahan bagi sebuah bangunan.

Memberikan nuansa segar pada rumah

Manfaat pertama dari penggunaan batu alam pada bangunan adalah memberikan nuansa segar, baik itu pada interior ataupun eksterior rumah. Dengan banyaknya pilihan batu alam yang disediakan, memberikan kemudahan bagimu untuk memilih mana tekstur dan warna yang cocok disandingkan pada bagian di rumahmu.

Tampilannya yang tahan lama

Selanjutnya batu alam biasanya memiliki umur yang panjang alias tahan lama bila dibandingkan material-material bangunan lainnya. Jika suatu bangunan menggunakan bahan batu alam, walaupun umur bangunan tersebut sudah berusia tua masih tetap tampak indah dan alami dipandang mata.

Baca juga: Ingin Sewa Apartemen Bekasi? Ini 5 Apartemen Favorit Masyarakat

Hal ini bisa kita buktikan dengan banyaknya bangunan-bangunan peninggalan zaman dahulu yang menggunakan batu alam sebagai bahan bangunannya, masih tetap tampak indah dan alami, bukan?

Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan dengan mudahnya perusahaan-perusahaan atau toko yang menjual batu alam untuk keperluan pembangunan, seperti distributor keramik heavy duty yang menyediakan beragam batu alam dengan kualitas terbaik.

Demikianlah tulisan kali, semoga bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here