Oli motor dengan kualitas terbaik merupakan komponen yang paling diidam-idamkan oleh para pengguna sepeda motor. Kenapa begitu? Karena dengan memiliki oli motor dengan kualitas terbaik akan memberikan banyak manfaat kepada kendaraan yang kita miliki.

Daftar Isi

Berbicara mengenai oli motor, bagi kamu pengguna kendaraan bermotor tentunya sudah akrab dengan yang namanya oli, kan? Soalnya, memiliki pengetahuan yang cukup mengenai oli motor merupakan hal yang sangat penting.

Mengapa pengetahuan mengenai oli motor sangat penting? 

Pasalnya, oli merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam kendaraan yang kita gunakan sehari-hari. Nah, jika kamu tidak tahu menahu mengenai oli, nantinya bisa menyebabkan kesalahan dalam memilihnya. Kesalahan dalam memilih oli untuk motor atau mobil dapat memberikan dampak yang buruk, dan yang paling parahnya bisa membuat kendaraan kamu cepat rusak alias tidak bisa bertahan lama.

Sebenarnya, Oli itu Apa Sih?

Pengertian Oli Motor Terbaik
Mengenal Apa itu Oli

Walaupun oli termasuk salah satu kebutuhan yang paling krusial bagi kendaraan bermotor, nyatanya banyak di antara kita yang belum mengetahui apa itu oli. Maka dari itu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai seperti apa oli motor terbaik, kita sebaiknya mengetahui terlebih dahulu “apa itu oli”.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Wikipedia, oli atau yang biasa juga disebut dengan pelumas adalah zat kimia, yang umumnya cairan, yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Bagaimana? Sekarang sudah mulai mengerti, kan..

Fungsi dari Oli Motor, Apa Saja Sih?

Oli Motor Terbaik dan Fungsinya
Fungsi dari Oli pada Mesin

Banyak dari pemilik kendaraan bermotor yang masih belum mengetahui apa saja fungsi oli pada mesin motornya. Padahal dengan mengetahui apa-apa saja fungsi oli motor pada mesin, dapat membuat kita menaruh perhatian lebih terhadap kondisi oli motor kita. Sehingga motor kita bisa tetap awet dan mendapatkan oli motor terbaik yang berkualitas.

Apalagi jika kamu merupakan seorang pengendara motor matic, kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih oli motor. Pasalnya oli motor matic memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan motor biasa, soalnya motor dengan transmisi otomatis atau motor matic punya karakteristik kopling yang kering dan mesinnya juga sedikit lebih sempit.

Balik lagi ke pembahasan utama, lalu apa sebenarnya fungsi oli pada mesin motor sehingga sangat penting untuk selalu kita perhatikan?

  • Sebagai penghalus getaran, soalnya oli membantu meredam tekanan yang besar yaitu dengan cara menyebarkan tekanan dan menyerapnya.
  • Sebagai bahan pelumas, oli membantu mesin berjalan dengan mulus tanpa gangguan.
  • Sebagai pendingin, pasalnya oli dapat menyerap panas dan mengeluarkannya dari mesin.
  • Mencegah terjadinya karat, oli membantu mencegah terjadinya karat karena membuat permukaan logam tidak langsung tersentuh air ataupun udara.
  • Menjadi pembersih pada mesin, kotoran yang masuk ke dalam mesin dan berubah menjadi kerak akan dilarutkan sama oli.
Bagaimana? Ternyata peran oli pada mesin kendaraan bermotor itu sangat penting, kan? Maka dari itu kita harus memilih oli motor yang tepat, kalau tidak… lanjut di bawah ini!

Yang Terjadi Jika Kamu Kurang Tepat dalam Memilih Oli Motor Terbaik

Memilih oli motor tak boleh asal-alasan, terutama bagi kamu yang menggunakan motor matic. Di mana motor dengan transmisi otomatis berbeda dengan motor transmisi manual. Motor matic membutuhkan perhatian lebih untuk oli agar mesin motor tetap berfungsi dengan baik. Beberapa akibat yang akan terjadi pada motor matic Anda jika salah memilih oli yang tepat:

  • Mesin akan lebih mudah kotor
  • Bahan bakar cepat habis alias lebih boros
  • Jika kamu sedang berkendara, tarikannya akan terasa lebih berat
  • Motor kamu tak seperti biasanya, jadi lebih lambat
  • Mesin pada motor akan menjadi lebih cepat panas
  • Akan timbul suara yang kasar dari mesin
  • Akan terjadi lebih banyak getaran
Ngeri banget kan? Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam memilih oli untuk motor kita. Dan yang perlu diingat, kita juga harus rutin mengganti oli motor setiap 2.000 km atau 2 bulan sekali. Hal ini berguna untuk menjaga performa motor kamu agar tetap stabil.

Oli Motor Terbaik dari Pertamina bernama Enduro

Terkadang kita menghadapi kebingungan dalam memilih oli motor terbaik yang akan digunakan untuk kendaraan kesayangan kita nantinya. Tapi sekarang tak perlu lagi khawatir.

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 1

Bagi orang awam, memilih merek atau brand oli motor dengan kualitas terbaik merupakan perkara yang sangat sulit. Bagaimana tidak, banyaknya merek oli motor yang bertebaran di pasaran membuat kita bingung memilih mana merek oli motor yang cocok untuk kendaraan yang kita gunakan.

Dulu, aku pun begitu. 

Aku termasuk orang yang nggak paham-paham banget dengan yang namanya merek oli motor terbaik. Bagiku, semua merek oli motor itu sama saja, nggak ada bedanya. 

Nah, karena pemikiranku yang keliru mengenai oli motor tersebut, membuatku asal-asalan dalam menggunakan oli motor tanpa memperhatikan merek apa yang digunakan, yang penting oli-nya udah diganti, beres. Begitu pikirku. 

Padahal memilih merek oli motor yang berkualitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi jika kamu pengguna motor matic seperti aku, yang mana motor matic ini memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan motor bebek ataupun motor sport, sehingga harus lebih teliti dalam memilih merek oli motor yang tepat untuk digunakan (ya iyalah digunakan, masa diminum!).

Oli Motor Terbaik Enduro Matic-G dari Pertamina

Oli Motor Terbaik Enduro
Oli Motor Terbaik dari Pertamina

Bagi kamu pengguna motor matic, sebenarnya tak perlu khawatir lagi dalam memilih oli motor yang tepat untuk kendaraanmu. Pasalnya Pertamina Lubricants sebagai perusahaan pelumas terkemuka memiliki banyak banget produk oli motor dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah tipe Enduro Matic-G SAE 20W-40.

Apa itu Enduro Matic-G SAE 20W-40?

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 2

Enduro Matic-G SAE 20W-40 merupakan oli motor terbaik yang dipersembahkan oleh Pertamina Lubricants untuk motor matic. Sebenarnya nggak hanya untuk motor matic aja sih, Enduro Matic-G SAE 20W-40 ini juga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki motor skutik yang berusia lebih dari lima tahun.

Eh, kenapa cocok untuk motor yang di atas lima tahun?

Karena motor yang usianya udah lebih dari lima tahun tentu jarak antar-komponen yang ada di dalam mesin motor tersebut sudah menjadi renggang. 

Maka dari itu sangat cocok apabila menggunakan Enduro Matic-G SAE 20W-40 ini, karena oli ini mempunyai viskositas atau derajat kekentalan yang cukup tinggi, yang mana ini bisa membantu untuk melumasi motor skutik yang berusia lima tahun ke atas dengan mudah.

Bukti Ketangguhan dari Enduro Matic-G SAE 20W-40

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 3

Enduro Matic-G SAE 20W-40 besutan Pertamina Lubricants ini memiliki segudang keunggulan yang tak heran mengapa banyak banget pengguna sepeda motor matic yang jatuh hati kepadanya. Lantas, apa sajakah bukti ketangguhan yang dimiliki oleh oli motor ini? Simak di bawah ini.

Memiliki Tingkat Viskositas yang Tinggi

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 4
Memiliki Viskositas yang Tinggi

Bagi kamu yang gemar dengan dunia otomotif mungkin sudah tau kan bahwa Enduro Matic-G SAE 20W-40 ini memiliki tingkat viskositas atau kekentalan yang tinggi? Pasalnya, kita bisa melihat tingkat kekentalan suatu produk oli dengan cara melihat kode yang ada di dalamnya.

Contohnya saja pada oli motor Enduro ini, kekentalannya dilambangkan dengan kode huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineer. 

Sedangkan huruf W yang terdapat pada kode 20W adalah singkatan dari Winter, yang artinya oli motor ini dirancang untuk dua musim, yaitu musim panas dan musim dingin. 

Membuat Temperatur Mesin Lebih Optimal

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 5
Membuat Temperatur Lebih Optimal

Selanjutnya keunggulan dari oli motor terbaik dari Pertamina Lubricants ini adalah dapat membuat temperatur mesin motor kamu jadi lebih optimal. Karena Enduro Matic G ini dibekali dengan tingkat viskositas atau kekentalan yang cukup tinggi yaitu SAE 20W-40 yang mana ini membantu menjaga temperatur mesin motor kamu sehingga lebih optimal, keren banget kan?

Mumpuni di Jalanan Macet Sekalipun

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 6
Di Jalanan Macet Tetap Mumpuni

Jika kamu adalah seorang pengendara motor matic di kota padat penduduk yang lalu lintasnya macet parah seperti kota Jakarta, maka oli motor Enduro Matic-G SAE 20W-40 ini sangat direkomendasikan buat kamu. Dengan memiliki viskositas yang tinggi membuat oli motor ini bisa lebih tahan lama bahkan kuat hingga 7.500 KM, oli ini juga lebih stabil, dan juga lebih bagus bahkan di kondisi macet sekalipun. Siapa yang nggak tergoda kalau begini?

Harga Murah dan Memenuhi Standar Mutu

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 7
Harga Terjangkau Kualitas Memukau

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh oli motor ini adalah memiliki harga yang murah dan memenuhi standar mutu JASO MB, yang merupakan sebuah uji lain berstandar Jepang yang biasanya diberlakukan untuk motor matic.

Masa iya? Iya, seriusan gan! 

Bagi kamu yang membaca berbagai ketangguhan dari oli motor ini tentunya akan mengira bahwa harga oli motor ini bakalan mahal banget, tapi kenyataannya enggak. Untuk mendapatkan oli motor dengan kualitas terbaik dari Pertamina ini kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam, kamu cukup membayar Rp40.000,00 saja dan bisa membawa pulang oli motor ini.

Berbagai Tipe Enduro
dari Pertamina Lubricants

Tak hanya Enduro Matic-G SAE 20W-40 saja, Enduro yang merupakan produk oli motor dari Pertamina Lubricants juga menyediakan tipe lain dari oli motor Enduro. Lantas, apa sajakah tipe-tipe tersebut? 

Gimana? Cukup banyak kan produk oli motor dari Enduro? Tapi, walaupun produk oli motornya banyak banget, aku tetap setia dengan Enduro Matic-G SAE 20W-40, karena selain banyak keunggulan ya emang itu sesuai kebutuhan. Ayo sekarang giliranmu untuk membuktikan ketangguhan dari oli motor Enduro!

Mengenal Pertamina Lubricants.

Oli Motor Terbaik

Usai membahas mengenai oli motor Enduro, selanjutnya aku akan membahas mengenai perusahaan yang memproduksi oli motor dengan kualitas terbaik tersebut, yaitu perusahaan Pertamina Lubricants.

Siapa sih di antara kamu yang tak mengenal perusahaan Pertamina? Pasti semuanya kenal dong, ya. Sebagai perusahaan minyak bumi dan gas karya anak bangsa paling terkemuka di Indonesia bahkan di dunia, membuat Pertamina sangat dikenal oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan Pertamina kerap kali meluncurkan produk-produk yang berkualitas, namun dengan harga yang tetap bersahabat dengan kantong masyarakat Indonesia.

Apa aja contoh produknya, sih?

Mungkin kalian semua udah pada tau, salah satu contoh produk Pertamina yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah produk pelumas atau oli nya yang dikelola langsung oleh anak perusahaannya, yaitu Pertamina Lubricants

Apa itu Pertamina Lubricants?

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 8
Produsen Oli Motor Terbaik

Nah. tadi di atas kita udah menyinggung sedikit mengenai Pertamina Lubricants yang memiliki produk oli motor dengan kualitas terbaik seperti Enduro. Tapi, apakah kamu sudah tau apa sih sebenarnya Pertamina Lubricants itu?

Buat teman-teman yang belum tau, jadi Pertamina Lubricants ini adalah anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang berdiri pada tanggal 23 September 2013 yang fokus memproduksi pelumas atau oli untuk kendaraan.

Walaupun tergolong masih muda, Pertamina Lubricants memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan perusahaan atau brand lainnya, dengan begini membuat kamu tak perlu ragu lagi untuk membeli produk-produk darinya. Apa-apa saja sih keunggulan dari Pertamina Lubricants?

Bersaing di Kancah Internasional

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 9

Jika kamu mengira produk-produk besutan Pertamina Lubricants hanya terkenal di Indonesia saja, kamu salah. Kenyataannya produk-produk pelumas dari Pertamina Lubricants tak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun juga sudah terkenal dan bersaing sampai ke luar negeri.

Seperti yang disebutkan oleh Pak Andria Nusa selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran Pertamina Lubricants pada tahun 2018 lalu, beliau menyebutkan bahwa Pertamina Lubricants sudah melebarkan sayap di lebih 14 negara, bahkan juga sudah mempunyai distributor di luar negeri. Keren banget kan?

Memiliki Segudang Penghargaan

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 10

Keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh badan usaha milik negara ini adalah memiliki segudang penghargaan. Hal ini bisa kita lihat dari sederet prestasi yang pernah diraihnya.

PT Pertamina Lubricants pernah meraih penghargaan sebagai “The Most Inspiring Quality” pada ajang The Quality Editor Choice Award 2018. Tak hanya itu saja, ada juga tiga penghargaan dari BUMN Marketeers Award 2019 dan masih banyak penghargaan bergengsi lainnya yang berhasil disabetnya. Bagaimana, masih ragu untuk memboyong produk dari Pertamina Lubricants?

Memiliki Sertifikasi yang Jelas

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 11

Keunggulan produk-produk oli dari Pertamina Lubricants tak boleh diragukan lagi kualitasnya di kancah nasional maupun internasional, hal ini bisa kita lihat dari betapa gencarnya perusahaan ini untuk mensertifikasikan produk-produk oli atau pelumasnya ke Balai Sertifikasi Industri (BSI).

Sertifikasi produk ini tentunya berguna bagi kepentingan konsumen sehingga masyarakat tidak ragu terhadap mutu dan kualitas oli yang ditawarkan oleh Pertamina.

Keseriusan Pertamina Lubricants terhadap sertifikasi produknya juga bisa kita lihat dari dari prestasinya yang beberapa lagi mendapatkan predikat Gold dan Platinum untuk penerapan SNI.

Penutup dari Tulisan Kali Ini

Bagaimana, masih ragu dalam memilih oli motor terbaik untuk digunakan pada kendaraan kesayangan? Sekarang sudah tau kan apa merek oli motor berkualitas yang cocok digunakan untuk motor matic? Ya, jawabannya adalah oli motor Enduro dari Pertamina Lubricants.

Sepertinya hanya itu saja tulisanku pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang aku bagikan bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya, terutama bagi kamu yang sedang mencari oli motor berkualitas yang pas digunakan untuk kendaraan kesayangan.

Demikianlah tulisan kali ini semoga bermanfaat, terima kasih.

Oli Motor Terbaik Enduro dari Pertamina, Apa Keunggulannya? 12

Oil Center Building
Jl. M.H Thamrin Kav 55 Jakarta 10350 Indonesia,
Lantai 5,6,7

  • https://motorisblog.com/review-oli-pertamina-enduro-matic-g-dalam-penggunaan-harian/
  • https://www.otomotifo.com/harga-oli-enduro-matic-terbaru/
  • https://oto.detik.com/event/d-3342189/pelumas-enduro-matic-g-20w-40-tahan-hingga-7500-km
  • Gambar melalui Google Images
  • Desain menggunakan aplikasi Pixellab di Android
  • Icon via Flaticon.com

64 KOMENTAR

  1. Informasinya sangat lengkap. Saya hanya pemakai motor saja. Karena perempuan selalu merasa tak perlu tahu menahu soal perawatan motor yang saban hari saya pakai. Yang penting taruh saja rutin ke tempat service. Hehehe.. Urusan tukang servicenya selanjutnya. Tapi rasanya saya juga perlu belajar soal perawatan motor. Selanjutnya mungkin akan coba pakai oli dari pertamina ini.

  2. Wah lewat artikel ini saya baru ngerti jenis oli dan apa kegunaannya, selama ini numpang naik ojek doang..hehehe.

  3. ternyata banyak ya kelebihan dari enduro oli ini. Apalagi dari pertamnina, yang sudah punya merek. Harganya juga cukup terjangkau

  4. Sering denger sih, kalua oli dari PERTAMINA itu dah jaminan mutu deh. Kalau suami pesan, untuk ke bengkel ganti oli, ya dia pesen oli yang dari PERTAMINA. Aku ya nurut aja…Haha…Ternyata baca artikel ini jadi lebih jelas deh…

  5. Oli ini memang sangat penting buat mesin kendaraan bermotor ya, oleh karena itu nggak boleh salah pilih oli. Pilih produk pertamina, jaminan mutu terpercaya

  6. Oli Enduro memang oli yang terbaik untuk motor. Selain ramah lingkungan, kualitasnya juga baik.

    Saya pun pake oli Enduro pada motor kesayangan

  7. Urusan kendaraan sebenernya aku jarang ikutan kak. Selama ini Pak swamik yang lebih megang hehehe. Tapi dia emang selalu concern sama oli. Katanya kalo oli tuh harus yg oke. Gak mau main-main soal yang satu itu. Dan Enduro salah satunya yg terthebest yah. Palagi produk Indonesia punya. Thanks info lengkapnya kak. Manfaat banget deh.

  8. Baca artikel yang super duper komplit dan mencerahkan ini jadi makain mantap hati pilih oli motor Enduro dari Pertamina Lubricants. Juwara memang kualitasnya dan karya anak bangsa pula

  9. Infonya lengkap kap banget kak, terimakasih bisa jadi pencerahan kalau galau milih oli mana yang tepat nih. Oli yang tepat memang berpengaruh bagi kelangsungan hidup mesin ya kak

  10. Wah jadi belajar banyak saya mas
    Biasanya motor tinggal pakai, klo ada masalah ya serahin ke bengkel
    Tapi kalau urusan oli sih tetap enduro pilihannya

  11. Oli motor produksi nasional ini awalnya membuat aku ragu memakainya. Khawatir kalah kualitas. Eh ternyata, kata temen teknik mesin, olinya udah standar internasional… auto bikin mantep makai dan hematttt…

  12. Bermanfaat banget infonya ..terbaik memang oli motor Enduro, mesin Tdk gampang panas dan awet teriakannya jg enteng ..apalagi ini produk dalam negeri..keren pokoknya..

  13. wah baru tau tyt oli ngefek jg ke bahan bakar ya, bener jg klo pembakarannya bagus lebih ekonomis bahan bakarnya, gutlak ya…untuk lombanya..

  14. Komplit banget ulasannya, Mas. Jadi tahu banyak nih soal seluk beluk oli. Selama ini cuma tahu pakai kendaraannya aja tanpa mikir bahwa harus menggunakan oli dan oli yang terbaik juga. Apalagi aku punyanya sepeda motor matic.

  15. Wah ini info yang sangat bermanfaat. Karena kadang memang bingung kalau ditanya mau oli yang mana saat bawa motor ke bengkel. Maklum perempuan suka nggak paham. Hahahaaa …

  16. Mantap banget dek tulisannya, artikelnya lengkap. JAdi tergiur nyuruh paksu buat pindah ke oli dari petaminah ini. Apalagi di SPBU-SPBU di Pekanbaru sudah banyak kayak bengkel kecil enduro ini ya

  17. wahhh, biasanya make oli pasti bawaan dari pabrikannya. besok nyobain oli ini ah, manatau cocok sama akaii, terus akaii ngga ngambek-ngambek lagi. Motor sehat, kantong pun sehat wkwkwk xD

  18. Aku aku aku! Tiap hari pakai mobil tapi ga begitu ngerti tentang per olian ini! Benar benar info yang sangat berguna nih bang! Terimakasiih ya! Aku jadi tertarik cari tahu tentang si Oli ini.

  19. Kapok jarang ganti oli motor, berasap dibuatnya dan cepat panas mesin. Keknya mesti coba deh ini

  20. oli merupakan yang paling penting bagi stiap kendaraan salah satunya motor, jika salah memilih oli akan berakibat fatal bagi kendaraannya, memang oli enduro, oli terbaik yang harus di gunakan.

  21. emang keren oli enduro dari pertamina ini sangat di rekomendasikan karena bisa memiliki peluang untuk menang dan sebagi oli terbaik di dunia

  22. Untuk mengganti oli sebaiknya berapa kali dalam setahun dan bagaimana tandanya jika sudah waktunya mengganti oli? terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here