Tips Mengepel Lantai Keramik Agar Selalu Mengkilap

Pada dasarnya lantai yang penutupnya terbuat dari bahan keramik memang saat ini banyak dipakai. Sejumlah orang tertarik lantaran harganya yang cukup bersahabat, selain itu juga karena tampilannya yang mengkilap. Untuk proses membersihkan lantai ini, kiranya pemilik rumah perlu mengetahui beberapa tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap sepanjang hari.

Bentuk, ukuran serta juga model keramik sendiri cukup beragam yang bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Dengan keberadaan lantai yang bersih dan juga nyaman membuat penghuni rumah juga betah saat berlama-lama berada di hunian tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa pemilik rumah terapkan untuk mengepel lantai rumah berbahan keramik supaya tetap terlihat mengkilap:

Menyingkirkan Beragam Barang Yang Menghalangi Lantai

Tips pertama yang bisa diterapkan untuk mengepel lantai dari bahan keramik adalah dengan memindahkan berbagai macam barang yang keberadaanya menghalangi lantai itu sendiri. Selain bisa mempermudah akses dalam proses membersihkan.

Baca juga: Tips Memilih Produk Pembersih Toilet yang Berkualitas

Dengan dipindahkannya barang tersebut juga terhindar dari kemungkinan terkena cipratan air. Di samping itu sejumlah barang seperti furnitur rumah kebanyakan menyimpan debu serta kotoran, meskipun dilihat dari tampilan luar cukup bersih.

Menyapu Lantai Sebelum Mengepelnya

Membersihkan lantai dari debu maupun kotoran terlebih dahulu sebelum memulai untuk proses mengepel bisa mempermudah lantai menjadi cepat bersih. Hal ini lantaran kain pel pada umumnya memang tidak dirancang untuk membawa debu maupun kotoran layaknya sapu. Selain itu dengan membersihkan lantai terlebih dahulu dengan menyapu bisa membuat lantai lebih terlindungi dari perkara yang bisa merusak kualitasnya.

Mengepel Dengan Air Hangat

Menggunakan perpaduan air hangat yang dicampur dengan cairan pembersih lantai dapat menjadi tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap yang bisa dicoba berikutnya. Untuk takaran bisa memakai air hangat sebanyak satu ember kemudian campurkan dengan cairan pembersih lantai secukupnya. Pemakaian air hangat ini bisa membuat kotoran yang menempel pada lantai cukup lama lebih mudah terangkat.

Baca juga: Cara Mencuci Handuk yang Baik Agar Bersih dan Lembut

Menggunakan Sikat

Jika ketika proses mengepel lantai terdapat noda yang membandel dan sulit untuk hilang. Maka coba dengan menggunakan sikat dengan bentuk bulu lembut supaya tidak merusak permukaan dari lantai berbahan keramik itu sendiri.

Secara umum tips satu ini bisa dipraktikkan untuk berbagai macam jenis bahan lantai. Sikat bagian noda pada lantai keramik dengan gerakan pelan-pelan, tujuannya adalah supaya kotoran bisa terangkat dengan seluruhnya dan tidak merusak keramik.

Membersihkan Lantai Dengan Kain Pel

Sesudah kotoran yang menempel pada bagian permukaan lantai menghilang dengan bantuan alat berupa sikat. Maka tips dalam rangka membersihkan lantai bisa dilanjutkan memakai perantara kain pel. Pemilik rumah bisa melakukan proses mengepel ini dengan membaginya dalam beberapa sesi.

Baca juga: Keunggulan AC Multi Split yang Banyak Dipilih Masyarakat Saat Ini

Contoh kecilnya adalah dimulai dari arah dapur menuju ke sejumlah ruangan lain. Cara mengepel semacam ini bisa dipakai untuk meminimalisir kotoran maupun debu untuk berpindah ke ruangan lain. Agar lantai tetap tampak bersih jangan lewatkan untuk melakukan penggantian cairan pembersih beserta memeras kain pel dengan sering.

Mengeringkan Lantai

Pada saat mengeringkan lantai ini bisa dikerjakan dengan mengelap menggunakan kain. Tujuannya tidak lain yaitu supaya lantai bisa kering dengan waktu yang lebih cepat. Akan tetapi jika cara ini dirasa cukup merepotkan, maka pemilik rumah bisa membuka bagian jendela supaya lantai yang basah akibat proses mengepel bisa kering dengan sendirinya.  

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai sejumlah tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap sehingga nyaman ditempati dan membuat betah di rumah. Guna memperoleh hasil lebih, maka pemilik rumah bisa melakukan kegiatan mengepel semacam ini dengan waktu sesering mungkin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap