Bagi kamu yang berencana mengunjungi Provinsi Sumatera Barat, kamu bisa banget bertandang ke kota kecil yang kaya akan pesona alamnya yang satu ini. Ya, Payakumbuh. Beberapa destinasi wisata ini sayang banget kamu lewatkan.

Nah, buat kamu yang penasaran, segera masukkan destinasi wisata Payakumbuh terbaik dibawah ke bucket list kamu, ya!

Lembah Harau

Lembah Harau berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota, sekitar 40 menit dari pusat kota Payakumbuh. Tiket masuk ke Lembah Harau berkisar antara Rp.5000-Rp.10.000 per orang. Ada banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi disini, ada sarasah bunta, sarasah aka barayun, sarasah donat, sarasah murai, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jasa Content Placement Indonesia Murah

Kamu juga bisa menginap di homestay dengan harga yang ramah dengan fasilitas yang cukup lengkap. Kamu bisa pula mengunjungi arena berkuda, kampung eropa, dan kampung jepang-korea. Eh, jangan lupa! Sebelum beranjak pergi dari sini, kamu wajib beli souvenir khas Lembah Harau.

Batang Tabik

Batang Tabik adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang suka bermain air. Pemandian ini terletak di Sungai Kamuyang, sekitar 20 menit dari pusat kota Payakumbuh.  Batang Tabik memiliki 3 kolam utama. Ada kolam anak-anak, kolam dewasa, dan kolam ibu.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits

Kolam yang menjadi primadona pengunjung adalah kolam ibu, satu-satunya kolam yang berlantaikan bebatuan alami dan terdapat ikan larangan di dalamnya. Seusai mandi disalah satu objek wisata Payakumbuh keren ini, pengunjung bisa melipir ke warung-warung di Batang Tabik untuk sekedar makan mie rebus, kerupuk mie, dan menu lainnya.

Jembatan Ratapan Ibu

Jembatan yang dibangun pada masa kolonial Belanda dan membentang sepanjang 40 M ini bersisian dengan sebuah patung yang berbentuk seorang Ibu yang tengah menunjuk ke arah sungai. Di sisi bawah jembatan, kamu akan melihat RTH (Ruang Terbuka Hijau) Ratapan Ibu.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Menarik untuk Dikunjungi

Untuk masuk ke area RTH kamu dikenai biaya Rp.0,- alias gratis! Di destinasi wisata payakumbuh termurah ini kamu bisa menikmati jajanan sembari menikmati suara aliran sungai dan bias cantik lampu warna-warni yang melingkari jembatan.

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda adalah wisata Payakumbuh terbaik lainnya dimana kamu bisa menaiki rakit dari bambu untuk menyusuri aliran air di Kapalo Banda dengan tarif yang tidak terlalu menguras kantong. Kamu juga akan menemukan ayunan kayu yang menggantung di tepi aliran sungai yang kece banget untuk dijadikan spot foto.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Cirebon Paling Hits yang Wajib Dikunjungi!

Di sisi kanan sungai Kapalo Banda kamu juga bisa mempercantik feed instagram kamu dengan berfoto di hutan pinus lokasi syuting Buya Hamka, loh! Untuk masuk kesini kamu harus membayar biaya retribusi Rp.5000,- per orang.

Kelok 9

Objek wisata payakumbuh terhits ini mungkin sudah familiar bagi sebagian orang. Kelok 9 adalah jembatan layang unik yang terletak di Kabupaten 50 Kota. Kamu tidak akan dikenai biaya retribusi disini.

Nah, kalau ke kelok 9 tidak afdhol rasanya kalau kamu tidak makan jagung bakar dan minum secangkir kopi di puncak kelok 9. Bagi kamu yang hobi fotografi, dijamin deh kamu bakalan puas banget berfoto di kelok 9.

Nah, gimana? Udah tertarik belum traveling ke Payakumbuh? Tapi, jangan lupa! Selain pergi jalan-jalan, kamu juga harus menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan objek wisata, ya!

Demikianlah tulisan saya kali ini mengenai rekomendasi destinasi wisata di Sumatera Barat, tepatnya di Payakumbuh. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat ya, terutama bagi kamu yang berencana berlibur ke Payakumbuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here