Pada artikel ini aku akan membahas mengenai ‘Barang-Barang Yang Sebaiknya Kamu Beli Ketimbang Duitnya Buat Beli Rokok’. Aku akan menjabarkan 6 hal yang seharusnya kamu beli ketika telah mampu mengurangi jatah pembelian rokok.

Tentu 6 hal tersebut memilihnya juga tidak main-main, ia adalah hasil kombinasi antara: riset, main-main dan ngawur. Hahaha. Tapi enggak apa-apa, yang penting, intinya kamu bisa segera berhenti merokok 100 persen kan?

Nah, apa-apa aja sih barang-barang tersebut? Dari pada kamu makin penasaran, yuk selengkapnya cek tulisan di bawah ini.

1. Membeli peralatan berkebun dan bertani

Di tengah banyaknya jiwa-jiwa kapitalis yang bertopeng developer properti, kota-kota di Indonesia mulai banyak dijajah oleh mereka, lalu dijadikan gedung-gedung pencakar langit. Namun meski demikian, Indonesia tetaplah negara agraris.

Mari kita berdoa, agar rakyat Indonesia menyadari bahwa perkembangan dan kemajuan itu bukan dilihat dari sawah-sawah yang telah berubah jadi hotel, mall dan gedung-gedung tinggi lainnya.

Maka dari itu, kalau kamu sudah sanggup mengurangi jatah beli rokok, dan uangnya juga sudah terkumpul, belilah peralatan berkebun. Belajarlah berkebun dan bertani, atau kalau perlu, belajarnya sampai ke perguruan tinggi. Kalau kamu melontarkan pertanyaan:

“Uang dari mana untuk kuliah?”

Jawabannya adalah dari uang-uang yang kamu hasilkan lewat mengurangi jatah merokok itu.

Dengan membeli peralatan berkebun dan bertani, juga berbekal ilmu yang mumpuni, kamu bisa melestarikan serta memajukan pertanian di Indonesia. Kamu juga bisa mencoba bertani kopi jujur.

2. Gadget

Hari ini, hampir semua hal bisa dilakukan dengan menyentuh-nyentuh layar saja pada gadget. Ingin suatu barang, tinggal sentuh layar. Ingin makan, tinggal sentuh. Ingin minum, ya ambil gelas dan air, lah.

Teknologi semakin memudahkan hidup seseorang dalam banyak hal. Segala sesuatu bisa ditangani secara praktis. Beberapa yang mampu memanfaatkan teknologi dengan baik, ia akan menggunakan alokasi waktu lainnya untuk mengerjakan hal lain. Sementara mereka yang terlena, akan memanfaatkan sisi kepraktisan ini untuk semakin bermalas-malasan.

Uang yang kamu hasilkan dari mengurangi jatah rokok, bisa kamu belikan gadget. Lalu kamu mencari celah bisnis yang bisa kamu temukan hanya dengan menggunakan gadget tersebut. Niscaya, kamu akan masuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung!

3. Senter

PLN tak selamanya menyala. Kalau sedang ngambek, ia bisa mematikan listrik sewaktu-waktu. Kadang, ia juga melakukan pemadaman secara bergilir, selayaknya perbuatan para pria hidung belang yang memperlakukan gadis sempoyongan. Bergilir.

Implementasinya, pada hal kecil, bisa kamu lakukan dengan membeli senter. Senter? Ya, senter adalah bentuk kecil kemandirian bahwa kamu tak bergantung penuh kepada PLN. Kalau kamu bisa menahan tidak merokok lebih lama, dan menyisihkan uang lebih banyak, mungkin bisa kamu belikan genset suatu hari nanti. Bermimpilah akan hal itu! Karena menurut Nidji: “Mimpi, adalah kunci, untuk kita, menaklukkan dunia.”

4. Modem

Ini masih senada dengan poin di atas. Kamu tak bisa berharap internet provider akan nyala selamanya. Ketika listrik mati, tentu internet juga akan terkena imbasnya.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, belilah modem. Terserah, apa pun merknya. Kebetulan, karena aku belum ada yang meng-endorse. Kalau ada, pasti nama merk modemnya akan disebut pada artikel ini.

Dibelinya senter adalah biar kamu mandiri, dibelinya modem pun demikian: agar mandiri. Tetapi ini jangan dilanjutkan sampai berlebihan, karena kalau sampai dilanjutkan, bisa-bisa kamu berkeinginan untuk membuat planet untuk ditinggali selain bumi.

5. Martabak manis

Aduh, lumer coklat kacangnya. Aduuuuh. Nggak… nggak… nggak kuat… Nggak… nggak… nggak kuat…

Perlu diketahui bahwa kaki yang kamu langkahkan untuk membeli modem, senter, gadget serta peralatan berkebun dan bertani di atas, akan menuai lelah pada saatnya nanti. Jika lelah, maka kamu akan haus.

Bila kamu haus, maka kamu akan minum. Kalau minum-minum aja, kamu bisa kembung nanti. Makanya, disela-sela itu, kamu harus makan. Makan apa? Martabak manis dong. Mengapa martabak manis?

Karena kalau martabak goreng, nanti kamu bisa cepat lelah. Nanti kalau lelah, kamu akan minum apa? Kan, airnya tadi sudah kamu minum sampai kembung. Jadi, gunakan hasil uang dari menyisakan jatah rokok itu untuk beli martabak manis.

6. Charger dan powerbank

Apa gunanya kamu bisa ber-gadget ria kalau tak punya charger atau powerbank? Charger berguna bila kamu pergi ke suatu tempat, batre habis, dan kemudian menemukan colokan. Sementara powerbank berguna untuk kamu yang pergi ke sebuah tempat yang pas batere habis dan enggak nemu colokan.

Atau, batere habis, ada colokan, tapi malas nyolokin. Lagi pengin ngehabisin energi di powerbank aja. Maka, belilah charger dan powerbank. Karena meskipun kamu menganggap rokok itu penting, namun beli charger dan powerbank juga tak kalah penting.

Catatan: beli charger hanya diperkenankan bagi kamu yang charger-nya rusak. Kalau tidak rusak, sebaiknya jangan beli dulu. Berhematlah.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga artikel yang kami kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang membacanya. Jika temen-temen semua merasa tulisan kali ini bermanfaat, semoga bisa membagikannya lewat tombol share di bawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here