Spot Welding atau juga biasa dikenal sebagai las titik merupakan sebuah teknik las menggunakan metode resistansi listrik. Pada metode ini biasanya pelat lembaran dijepit menggunakan dua elektrode aktif.

Nah, saat arus nantinya dialirkan, maka akan terjadi sebuah sambungan las pada posisi pelat yang dijepit tadi. Memang jika dilihat dari penjelasannya sedikit cukup rumit, maka dari itu kegiatan ini hanya dilakukan oleh para profesional.

Pada dasarnya cara kerja dari mesin ini memiliki 3 faktor utama yang mendukung lancar atau tidaknya mesin beroperasi. Faktor tersebut yaitu durasi mesin, kuat arus listrik, dan juga besarnya tekanan yang timbul.

BACA JUGA: 3 Langkah Perawatan Genset agar Tetap Tahan Lama

Mungkin saat ini Anda sudah sedikit memahami tentang pengertian dan cara kerja mesin satu ini. Anda bisa mempelajari mengenai pengertian dan fungsi lengkapnya dibawah ini.

Ini Dia! Pengertian Spot Welding Secara Lengkap

Di atas sudah sedikit disinggung mengenai apa itu spot welding dan bagaimana cara kerjanya. Sebenarnya apa sih pengertian spot welding sendiri? Nah, kegiatan ini merupakan salah satu jenis teknik dalam pengelasan.

Apa yang membedakan teknik ini dari teknik lain? Teknik ini menggunakan pelat penjepit untuk menghubungkan bagian satu dengan bagian lainnya. Proses penjepitannya biasanya dilakukan menggunakan elektroda.

Pada pengelasan jenis ini, pelat logam akan ditata dengan cara menumpuk atau biasa disebut lap join. Setelah itu, lembaran logam bisa diletakkan diatas tumpukan pelat tersebut dan elektroda dialiri listrik sehingga bisa menghasilkan panas. Tentu arus yang dialirkan kepada elektroda haruslah kuat. Setelahnya tentu logam-logam tersebut akan meleleh dikarenakan panas yang dihasilkan oleh arus listrik.

Apa Saja Fungsi Spot Welding? Simak Berikut Ini

Nah, setelah tahu dan paham pengertiannya, maka saat ini Anda juga harus paham apa saja fungsi dari teknik satu ini. Sebenarnya fungsi dari las titik ini hampir sama dengan las pada umumnya, hanya saja teknik ini lebih dikhususkan kepada pelat logam dengan tekanan yang rendah. Tentu logam yang dimaksud adalah logam yang mudah dialiri panas sehingga sangat rentan untuk meleleh.  Berikut fungsi teknik las di beberapa industri.

Manufaktur Mobil

Nah, untuk fungsi yang pertama biasanya teknik ini digunakan oleh industri manufaktur mobil sebagai penyambung antar pelat bodynya. Seperti yang telah Anda ketahui mobil dan bus saat ini kebanyakan menggunakan lembaran baja, untuk itu teknik ini digunakan karena dinilai lebih bagus.

Industri Pesawat

Selain berfungsi dalam industri manufaktur mobil, teknik las ini juga berfungsi dalam industri pesawat. Bahan bodi pesawat yang menggunakan pelat alumunium tentu snagat cocok ketika menggunakan teknik las titik. Akan tetapi selain teknik las titik, bodi pesawat biasanya juga menggunakan teknik tekuk plat karena pada dasarnya bodi pesawat penuh tekukan.

Nah diatas telah dijelaskan mengenai pengertian dan fungsi spot welding secara mendetail. Bagi Anda yang sedang mengerjakan suatu proyek pengelasan tidak perlu khawatir lagi. Indotrading menghadirkan berbagai macam mesin spot welding yang tentunya memiliki kualitas terbaik. Beli disini Anda bisa menemukan lebih dari 250 ribu produk dari 40 ribu perusahaan yang dijual dengan sangat terjangkau.

Indotrading merupakan b2b marketplace yang telah dipercaya lebih dari 5 tahun mendedikasikan dirinya untuk UKM Indonesia agar lebih menyadari pentingnya bisnis online. Dengan adanya Indotrading ini, UKM akan lebih mampu bersaing dengan pemain bisnis besar di skala lokal maupun internasional. Maka dari itu yuk mulai belanja di https://www.indotrading.com/ sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here