Apa Saja Tugas Malaikat Mikail yang Perlu Muslim Ketahui? 

Apa Saja Tugas Malaikat Mikail yang Perlu Muslim Ketahui?  2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah Ta’ala yang diutus untuk menjalankan tugas-tugas mulia. Meyakini adanya malaikat merupakan kewajiban setiap muslim dan salah satu rukun iman. 

Iman kepada malaikat hukumnya fadu ‘ain. Iman kepada malaikat sudah dijelaskan dalam QS An- Nisa ayat 136 yang menyatakan bahwa, “wahai orang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rosulnya, dan kitab yang Allah telah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafr kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauhnya.”

Dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah ra juga sudah dijelaskan bahwa hukum dari beriman kepada tugas malaikat Mikail adalah sebagai berikut. Abu Hurairah ramengatakan bahwa pada suatu hari, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam muncul di tengah banyak orang. Lalu, Rasulullah pun didatangi oleh seorang laki-laki. 

Baca juga: 7 Channel Youtube Dakwah Terbaik yang Wajib Kamu Subscribe!

Orang itu pun bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, apakah iman itu?” Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pun menjawab “iman adalah kamu harus percaya kepada Allah Ta’ala, malaikat-Nya, kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-Nya, dan hari kebangkitan di akhirat nanti.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Secara istilah, malaikat merupakan makhluk ghaib yang diciptakan oleh Allah Ta’ala dari cahaya sebagai utusan-Nya. Malaikat memiliki sifat yang taat, patuh, dan tidak pernah membangkang terhadap perintah Allah Ta’ala. 

Baca juga: Kumpulan Nama Bayi Laki-laki Islami Yang Memiliki Arti Bagus

Malaikat sendiri memiliki tugasnya masing-masing. Secara umum, seluruh malaikat bertugas untuk beribadah kepada Allah Ta’ala, dengan bertasbih siang dan malam tanpa rasa bosan. Ada banyak sekali malaikat, namun yang wajib diketahui adalah 25, dan sala satunya adalah malaikat Mikail. 

Tugas Malaikat Mikail

Tugas malaikat Mikail adalah untuk mengatur urusan makhluk Allah Ta’ala sekaligus mengatur rezeki, terutama kepada manusia. Malaikat Mikail ini bertugas untuk mengatur air, menurunkan hujan maupun petir, membagikan rezeki kepada seluruh umat manusia termasuk hewan dan tumbuhan. 

Disamping itu, malaikat Mikail juga bertugas untuk membagikan rezeki dan mengatur turunnya hujan. Malaikat Mikail ini juga bertugas untuk mendampingi malaikat Jibril dalam menjalankan tugasnya. 

Baca juga: Kewajiban Meyakini Kiamat Kubro Bagi Umat Islam

Tugas pertama dari malaikat Mikail adalah ketika malaikat Jibril menjelankan tugasnya untuk memblah dada dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dan mencucinya, maka malaikat Mikail bertugas untuk mengambilkan air (zam-zam) untuk mencuci hati Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tersebut. 

Kedua, ketika nabi Muhammad melakukan Isra dan Mi’raja, maka malaikat Mikail juga menjalankan tugas bersama dengan malaikat maut. Malaikat Mikail ini bertugas untuk menyampaikan lembaran yang bertuliskan nama, tempat, dan sebab pencabutan nyawa bagi orang yang dimaksud. 

Dan inilah beberapa tugas malaikat Mikail yang perlu Anda ketahui. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk para muslim yang meyakini adanya malaikat dan tugas-tugasnya. Tentunya semua malaikat memiliki tugas yang berbeda-beda. Dan meyakininya adalah hal wajib yang harus muslim lakukan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Inilah 4 Nilai Plus Belanja Groceries Lewat Aplikasi Astro

Wajib hukumnya untuk selalu berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, utamanya adalah bahan makanan. Bahkan tak jarang diantaranya yang suka menyetok...