Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Tarawih Bulan Ramadhan 2021

Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Tarawih Bulan Ramadhan 2021 3
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Arah kiblat sangat penting untuk diketahui apalagi jika bulan ramadhan sudah semakin mendekat. Saat bulan ramadhan seluruh umat muslim akan melaksanakan sholat tarawih sebagai salah satu kewajiban khas yang ada di bulan penuh rahmat ini. Sebelum melaksanakan sholat tarawih ini, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana cara menentukan arah kiblat yang benar.

Baca juga: Aplikasi Islam Sesuai Sunnah Terbaik di Android

Kiblat adalah arah seorang muslim ketika melaksanakan sholat, baik itu sholat wajib maupun sunnah semuanya dilakukan mengarah ke kiblat. Lalu, bagaimana jika kita tidak mengetahui arah sholat? Tentunya Anda harus mengetahui cara menentukan arah kiblat untuk masjid yang akan kami bahas berikut ini.

3 Cara Lengkap Menentukan Arah Kiblat Secara Modern

Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Tarawih Bulan Ramadhan 2021 1
Cara Menentukan Arah Kiblat

Di era digital seperti sekarang ini semuanya sudah bisa dilakukan dengan menggunakan media elektronik, salah satunya adalah menentukan arah kiblat. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini informasinya.

Google Maps

Google Maps adalah aplikasi pelacak lokasi yang diluncurkan secara resmi oleh Google. Meskipun banyak yang mengenalnya sebagai aplikasi penunjuk arah,tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai cara menentukan arah kiblat dengan Google Mapa. Anda hanya perlu masuk ke aplikasi, lalu masukan alamat Anda dan klik cari. Selanjutnya Google Maps akan menentukan arah kiblat sesuai tempat Anda.

Baca juga: Kumpulan Nama Bayi Laki-laki Islami Yang Memiliki Arti Bagus

GPS

Selain Google Maps, pelacak arah bernama GPS atau Global Positioning System ini juga bisa digunakan sebagai penunjuk kiblat yang tepat. Sistem navigasi yang menggunakan teknologi satelit ini dianggap lebih ampuh dan dipercaya dalam menentukan arah kiblat yang baik daripada cara lainnya.

Aplikasi Ponsel

Tahukah Anda bahwa kini Anda bisa menemukan jutaan aplikasi pelacak arah kiblat  yang tidak kalah dari aplikasi Google Maps dan GPS. Aplikasi penentu arah kiblat tersebut bisa Anda unduh di Google Play atau di App Store secara gratis. Namun, pastikan terlebih dulu dengan membaca review dari pengguna sebelumnya untuk menentukan bahwa aplikasi yang akan diunduh memiliki ketepatan 100% atau tidak.

4 Cara Menentukan Arah Kiblat Secara Sederhana

Selain menggunakan beberapa media di atas, Anda juga bisa menentukan arah kiblat dengan beberapa cara berikut ini yang sudah banyak dikenal oleh kebanyakan orang.

Menggunakan Benda Tegak

Cara menentukan arah kiblat untuk masjid yang pertama adalah dengan menggunakan benda tegak. Cara ini adalah cara umum dan sederhana yang banyak digunakan oleh orang-orang yang kehilangan arah kiblat . Anda hanya perlu menyimpan benda tegak yang digunakan dan arah kiblat akan ditentukan dari bayangan benda tersebut.

Baca juga: 4 Aplikasi Membuat Flowchart di HP dengan Mudah

Matahari

Matahari adalah benda termudah yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat dengan tepat. Cara menentukan arah kiblat dengan matahari bisa dilakukan dengan memperhatikan gerak semu harian dari matahari. Sudah kita ketahui bahwa matahari terbit dari Timur dan tenggelam ke Barat. Dengan mengetahui ini, Anda sudah bisa menentukan arah Mekkah sebagai patokan umat muslim.

Lumut di Pohon

Jika Anda sedang bepergian ke tempat yang banyak pohon, maka bisa menggunakan lumut di pohon untuk menentukan arah kiblat. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mencari batang pohon di sekitar pohon, dan apabila ada lumut di salah satu sisi pohonnya maka itulah arah Timur dan lumut yang ada disebaliknya berarti itu adalah Barat.

Kompas

Cara menentukan arah kiblat dengan kompas adalah cara sederhana yang tepat dan sudah digunakan sejak beberapa abad lalu. Metode ini teruji memiliki ketepatan 100% dari beberapa cara menentukan arah kiblat  di atas. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara membaca kompas yang benar.

Bertanya Kepada Penduduk Sekitar

Cara mengetahui arah kiblat yang selanjutnya adalah dengan bertanya ke penduduk sekitar yang sudah paham arah kiblat di daerah tersebut. Cara ini adalah alternatif yang paling ampuh jika beberapa cara di atas tidak bisa Anda gunakan atau tidak tepat. Silahkan di coba!

Nah itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara menentukan arah kiblat yang benar dan tepat. Jika Anda masih penasaran tentang informasi lainnya, Anda bisa berkunjung ke laman maqmur.com karena disini Anda bisa menemukan berbagai informasi bermanfaat yang akan menambah wawasan Anda. Apakah informasi di atas membantu? Bagaimana menurut Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Tips Memilih Hotel di Sentul yang Nyaman untuk Melepas Penat

Bagi kamu yang menyukai kegiatan travelling atau berwisata, pastinya sudah tak asing lagi dengan kawasan Sentul. Bagi kamu yang...