Domain nama atau biasa yang disebutkan dengan nama domain sangat berguna dalam memudahkan pengunjung untuk mengunjungi suatu website. Misalkan saja Google.com, Facebook.com, maupun Yahoo.com. Setiap domain memiliki peranan yang penting terhadap hosting, karena memang keduanya sangat berguna bagi kelangsungan website.

Apabila kamu berniat untuk membuat suatu website, pasti terpikir dalam benak untuk menjadikannya sebagai ladang mendapatkan penghasilan tambahan maupun toko online. Apapun itu, kamu perlu memahami beberapa jenis nama domain yang populer digunakan. Misalkan saja .id, .net, .org, dan lain sebagainya.

Daftar Domain Name Populer

Domain name pertama kali yang muncul di jaringan internet adalah .com. Seiring berjalannya waktu, nama domain tersebut semakin bertambah banyak jenisnya. Nama domain di Indonesia yang terkenal terkenal setidaknya ada 5. Kamu akan bisa mengetahuinya dengan membaca berikut.

Domain .NET

Domain yang banyak penggunanya selain .com adalah .net. Istilah .net sendiri adalah singkatan dari networking dan sebagian besar website yang menggunakan nama domain tersebut khusus berkaitan dengan jaringan. Ada juga perusahaan berbasis selain jaringan yang sering menggunakan .net, seperti IT, perusahaan komputer, maupun layanan internet.

Domain .ID

Nama domain ada yang bisa dipakai sebagai identitas dari suatu negara. Contoh nama domain Indonesia adalah .Id. Pada umumnya website yang menggunakan domain tersebut membuat konten dalam website dengan bahasa Indonesia. Pengguna dari domain ini cukup fleksibel, karena dapat dipakai oleh website perseorangan maupun perusahaan.

BACA JUGA: Jenis-Jenis Website di Internet dan Berbagai Keunggulannya

Tidak jarang pula organisasi maupun instansi berbadan hukum dan berlokasi di Indonesia ini juga menggunakan .id. Domain ini sudah mulai populer dipakai sebagai alternatif .com sejak 2014. Pada masa itu, kamu akan bisa menemukan ada banyak sekali perusahaan yang melakukan diskon besar-besaran terhadap domain .id.

Domain .CO

Sebenarnya ekstensi domain .co dipakai untuk menunjukkan warga negara Columbia. Sekarang masyarakat dari seluruh dunia bisa saja menggunakan .co pada website mereka. Penggunaan domain ini menjadi lebih bebas, karena seluruh instansi maupun perorangan dapat menggunakannya.

BACA JUGA: Manfaatkan Jasa Pembuatan Website Profesional

Domain .co menjadi lebih cepat populer dibandingkan dengan domain lain, karena sangat mirip tulisannya dengan .com. Banyak masyarakat sampai dengan hari ini yang masih mengira .com dan .co itu sangat mirip dan kurva pengguna .co menjadi semakin naik setiap tahunnya.

Domain .ORG

Domain .org adalah singkatan dari organization. Ekstensi domain yang satu ini tidak bersifat fleksibel penggunaannya dan terbatas untuk berbagai macam organisasi, instansi, maupun lembaga. Suatu komunitas juga bisa menggunakan nama domain ini. Sebagian besar dari website dengan domain .org biasanya merupakan website non-profit.

Domain .CO.ID

Nama domain bagus lainnya adalah .co.id. Domain ini biasanya tidak ditujukan untuk meningkatkan kredibilitas website yang dimiliki. Ada sejumlah persyaratan kompleks yang harus dilampirkan ketika hendak mendaftarkan domain ini. Adakalanya nama domain co.id adalah lebih populer dari .com.

BACA JUGA: 4 Keuntungan Membuat Blog atau Website di Dunia Digital

Bagi kamu yang dapat memenuhi persyaratan menggunakan domain tersebut, maka disarankan untuk mendaftarkannya. Beberapa website populer yang menggunakan .co.id adalah kaskus.co.id, citilink.co.id, dan klikbca.co.id.

Domain .INFO

Domain berikutnya yang masuk dalam kategori generic Top Level Domain atau disingkat gTLD adalah .info. Kepanjangan dari .info adalah information. Setidaknya sejak 2008 sudah ada pengguna domain ini sampai 5,2 juta secara internasional. Pastinya jumlah yang ada sekarang ini jauh lebih banyak lagi.

Sebagian besar website yang menggunakan domain ini berisikan tentang konten informatif. Misalkan saja berita, baik miliki personal atau perusahaan. Siapa saja dapat menggunakan domain .info dan mendaftarkan domain ini tidak memerlukan persyaratan khusus.

Domain .ME

Jaman dahulu pada saat pertama kali muncul, domain .me banyak dipakai oleh blogger yang berkeinginan menunjukkan identitas mereka. Padahal ekstensi tersebut mewakili negara Montero dan hanya pada tahun 2016 saja, sudah terdapat pendaftar domain tersebut sampai dengan 1 juta registrasi.

Sebagian besar masyarakat yang menggunakan domain ini berasal dari mancanegara. Sedangkan website di Indonesia yang terkenal menggunakan .me adalah Lintas.Me dan Keepo.Me.

Domain .TV

Hampir seluruh masyarakat masih mengira bahwa ekstensi berupa .tv mewakili suatu perusahaan stasiun televisi. Walaupun memang itu ada benarnya, tetapi penggunaan awal dari ekstensi tersebut adalah merujuk pada negara Tuvalu.

Kamu berminat menggunakan salah satu domain name yang tersedia di atas, maka dapat segera memesan di DomaiNesia. Ada banyak sekali domain yang ditawarkan kepada klien dengan harga lebih terjangkau berkat adanya promo. Bagi kamu yang berminat, maka dapat segera memesan untuk bisa mendapatkan domain populer dengan harga miring.

Apabila domain name yang kamu inginkan tidak terdapat dalam artikel ini, kamu tetap akan bisa melakukan pemesanan di DomaiNesia. Provider domain dan hosting yang satu ini menawarkan daftar nama domain dan paket hosting yang banyak jenisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here