Manfaat Belajar dari Rumah yang Harus Diketahui – Di tengah situasi pandemi Covid 19 seperti saat ini, belum semua sekolah dapat melangsungkan pembelajaran tatap muka secara langsung. Alhasil, pemerintah memutuskan untuk tetap melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah untuk sekolah-sekolah yang berada di zona merah.

Mungkin kamu sudah sangat bosan, sampai kapan belajar di rumah saja? Sungguh, aku rindu dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Suka tidak suka, kebijakan seperti ini harus kamu terima. Begitupun juga dengan orang tuamu.

Eits, tapi jangan salah. Meskipun dianggap membosankan, ternyata belajar dari rumah itu memberikan banyak sekali manfaat lho. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Belajar Lebih Efisien

Belajar materi sekolah baik itu bahasa Indonesia, matematika, sains, agama, seni budaya, ataupun mata pelajaran yang lainnya dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih efisien. Kamu hanya perlu di rumah saja tanpa repot-repot memakai seragam dan mengeluarkan sejumlah uang untuk menaiki transportasi umum.

Tak hanya itu saja, tanpa buku yang banyak pun kamu tetap bisa belajar. Sebab, teknologi menjadi media pembelajaran yang digunakan pada saat ini.

Belajar Lebih Menyenangkan

Jika biasanya di sekolah kamu hanya mendengar guru memberikan materi, namun program pembelajaran jarak jauh membuat aktivitas belajar jauh lebih menyenangkan. Terlebih lagi, saat ini kamu bisa belajar sambil menonton televisi langsung di channel TVRI

Tak cuma itu saja, kamu dapat menciptakan sistem belajar sendiri dengan cara masing-masing. Jika kamu sudah senang dalam belajar, maka akan semakin mudah bagimu untuk bisa memahami setiap materi pelajaran.

Melatih Rasa Percaya Diri

Salah satu metode pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama ini adalah dengan berdiskusi secara online. Diskusi inilah yang dapat kamu manfaatkan untuk melatih rasa kepercayaan dirimu untuk bisa berbicara di depan banyak orang.

Rasanya tentu berbeda, sebab dalam hal ini tidak ada pertemuan tatap muka secara langsung. Namun paling tidak, kamu bisa lebih terlatih dalam melakukan publik speaking dalam satu kelas. Sangat menarik bukan?

Menjadi Lebih Dekat dengan Keluarga

Manfaat belajar dari rumah selanjutnya adalah bisa membuatmu lebih dekat dengan keluarga. Jika kamu menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah, kamu akan kehilangan waktu 8-10 jam bersama keluarga tercinta.

Tetapi, dengan belajar dari rumah membuat kamu bisa dekat dengan keluarga. Bahkan orang tuamu bisa menggantikan peran guru sebagai pengajarmu di rumah. Ingat, orang tua sesungguhnya merupakan guru pertama bagi anak-anak.

Lebih Bebas dan Tidak Terkekang

Kamu akan lebih bebas jika belajar dari rumah daripada di sekolah. Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab kamu harus mengikuti banyak peraturan di sekolah yang mungkin membuatmu merasa terkekang.

Di rumah, kamu bisa menentukan jadwal belajar sendiri, menentukan model pembelajaran sendiri walaupun dengan pengawasan langsung dari orang tua. Bahkan kamu dapat dengan mudah melakukan kegiatan lainnya agar belajar tak lagi membosankan.

Sebagai contoh, kamu bisa belajar sembari minum air putih jika diinginkan. Hal seperti ini sulit dilakukan ketika kamu tengah melakukan pembelajaran di dalam ruang kelas, guru kemungkinan besar akan melarangnya.

Jadi sejatinya belajar dari rumah tak selamanya buruk. Justru ada banyak keuntungan yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan saat belajar di sekolah. Namun dimanapun itu, sebagai seorang pelajar kamu jangan melupakan kewajiban sebagai seorang pelajar. Rajinlah belajar agar kelak menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here