Ingin Lantai Berkualitas? Yuk, Simak Review Penggunaan Lantai Kayu di Rumah

dining area, interior design, furniture-6469853.jpg

Penggunaan bahan yang tepat untuk lantai adalah hal yang harus Anda perhatikan. Lantai adalah salah satu bagian penting dalam pembangunan rumah yang dapat menjamin kenyamanan Anda.  Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan lantai kayu di rumah.  Banyak orang memikirkan pemakaian kayu dalam pembuatan lantai karena kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Baca juga: Tips Mengepel Lantai Keramik Agar Selalu Mengkilap

Sebenarnya, ada banyak pilihan yang dapat Anda manfaatkan untuk memasang lantai dalam rumah. Mulai dari semen hingga keramik. Namun, Anda juga dapat melihat jauh lebih dulu review berkaitan dengan penggunaan kayu.  Dengan begitu, tidak akan mengalami kerugian setelah memasang material untuk lantai.

Plus dan Minus Penggunaan Lantai Kayu di Rumah

Sebelum mengeluarkan uang untuk menyewa tukang atau memutusakam pemakaian lantai kayu, sebaiknya kamu memeriksa terlebih dahulu berapa harga lantai kayu di pasaran. Selain itu, Anda harus mengetahui juga berbagai macam kelebihan dan kekurangan yang diberikan jauh lebih dulu. Jadi, tidak akan menyesal dalam pemasangan dan dapat membuat pertimbangan dengan baik. Berikut beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam penggunaan:

Dapat menstabilkan suhu

Kelebihan pertama yang membuat banyak orang langsung memutuskan pemakaian lantai kayu adalah karena kemampuan meredamkan suhu. Rumah akan terasa tidak nyaman dan juga super panas jika menggunakan lantai yang salah. Dengan menggunakan kayu, suhu dalam ruangan akan menjadi stabil. Jadi, tidak dingin atau terlalu panas karena kayu mampu meredam suhu.

Baca juga: Cara Mudah Dekorasi Rumah Agar Terlihat Semakin Indah

Jenis lantai aman

Tentunya, Anda juga akan mendapatkan kelebihan lainnya dalam memanfaatkan kayu karena jenis lantai ini jauh lebih aman. Kayu dibuat menggunakan bahan alami sehingga tidak akan membahayakan kesehatan. Karena itu, rumah dengan banyak anak-anak atau lansia sebaiknya memilih penggunaan lantai kayu karena jauh lebih aman untuk keamanan.

Kayu tidak terlalu padat seperti keramik dan bahan lainnya. Selain itu, kayu juga mempunyai tekstur yang halus dan jauh lebih ringan. Jadi, hal ini dapat menjadi antisipasi jika ada yang terjatuh. Karena tidak terlalu padat, dapat meminimalisir resiko cedera seperti kepala bocor dan lainnya. Bahkan, ketika membentur lantai kayu juga tidak akan ada masalah yang besar.

Pemasangan mudah

Penggunaan lantai kayu di rumah juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu pemasangan yang jauh lebih mudah. Dengan ini, Anda dapat menyimpan banyak uang untuk keperluan lainnya. Tidak harus menyewa banyak orang dalam pemasangan kayu untuk lantai. Biasanya, kayu dapat langsung dipasang ketika lantai sudah rata tertutup beton. Tidak butuh tambahan apapun lagi.

Memiliki tampilan menarik

Ada banyak model yang dapat Anda padukan dengan lantai kayu sehingga rumah Anda terlihat jauh lebih menarik. Dapat dikatakan bahwa jenis lantai ini mudah dipadukan dengan interior ruangan. Bahkan, dapat disandingkan dengan berbagai macam desain sesuai dengan keinginan. Kayu memberikan kesan yang nyaman dan mewah dalam rumah Anda.

Warna mudah pudar

Tentunya, walaupun mempunyai berbagai macam kelebihan untuk Anda dalam pemakaian, tetap ada kekurangan dari penggunaan kayu. Salah satu kekurangan yang ada dapat dilihat dari warna kayu yang mudah memudar. Jadi, Anda akan menghabiskan lebih banyak uang untuk mengecat atau melakukan perbaikan nantinya. Pastinya, akan cukuo merepotkan untuk Anda yang sibuk.

Baca juga: Ini dia Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Kamar!

Perawatan khusus

Penggunaan lantai kayu di rumah juga dapat membuat Anda menghabiskan banyak biaya dalam urusan perawatan. Berbeda halnya dengan lantai keramik yang dapat Anda bersihkan secara simple setiap harinya. Anda harus menggunakan langkah sederhana dengan memoles lantai kayu jika ingin rumah yang tetap menarik. Dengan membersihkan seperti ini, lantai tidak akan menjadi kusam.

Mudah tergores

Sayangnya, masih ada kekurangan lainnya dalam penggunaan lantai kayu seperti ini. Anda harus menghindari berbagai macam benda tajam yang mungkin dapat menggores permukaan kayu. Misalnya, memotong kertas dengan cutter di lantai. Maka, cetakan goresan akan langsung terlihat. Begitu juga halnya dalam memindahkan furniture. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak.

Mudah lapuk

Berbeda dengan keranik yang tahan akan berbagai macam gangguan, kayu menjadi salah satu material yang kurang awet untuk digunakan. Apalagi dalam tempat yang lembab tingkat tinggi. Dengan begitu, kayu akan lapuk semakin cepat dan tidak dapat bertahan. Selain itu, ada kekurangan lainnya dimana bahan kayu sangat mudah terserang jamur dan juga banyak rayap.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kelebihan dalam penggunaan lantai kayu di rumah. Anda harus mendapatkan material yang tepat untuk lantai. Dengan menggunakan review jauh lebih dulu sebelum pembelian. Maka, Anda tidak akan mengalami kerugian karena mengeluarkan uang. Pikirkan sendiri secara matang sebelum memasang lantai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap