Vivo Y91 adalah ponsel entry-level yang cukup andal. Hadir mulai akhir 2018 lalu, seri ini dibanderol di bawah Rp 3 jutaan. Spesifikasi yang dihadirkan cukup bisa jadi andalan terutama untuk baterainya yang terbilang cukup besar di kelasnya. Berikut beberapa ulasannya.

Desain yang Mewah

Pengguna akan merasakan kemewahan saat pertama kali memegang perangkat ini. Material polycarbonate yang digunakan diolah menjadi bodi yang cantik. Apalagi dengan finishing glossy dengan pilihan warna: ocean blue, glossy red, dan starry black.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Bermain Game di Smartphone Begitu Digemari

Ponsel ini tidak hanya terlihat mewah tetapi juga nyaman untuk digenggam berkat konsep bodi perangkat 3D yang melengkung. Meski berukuran 155,11 x 75,09 x 8,28 mm, namun Vivo Y91 tetap nyaman untuk digenggam.

Hadir dengan Layar Luas

Memiliki layar berukuran 6,22 inci, tampilan yang dihadirkan perangkat ini terbilang cukup luas. Hadirnya poni di bagian depan dengan screen-to-body ratio 88.6% membuatnya terlihat semakin luas.

BACA JUGA: Smartphone dengan Kualitas Gahar tapi Terjangkau? Ini Rekomendasinya!

Lebar layar yang digunakan adalah IPS Full Incell. Layar ini mendukung resolusi HD + yang cukup nyaman untuk ditonton. Dengan kerapatan hingga 320 dpi, gambar yang ditampilkan sudah memiliki detail dan warna yang jernih dan cukup tajam.

Layar ini juga memiliki respon sentuhan yang baik. Saat menguji dengan sepuluh ketukan sekaligus, layar bisa merespons dengan cukup cepat.

Performa yang Mumpuni

Sebagai ponsel 2018, antarmuka yang disematkan oleh perangkat tersebut masih FunTouch OS 4. Android Oreo 8.1. Meski terbilang cukup tertinggal, namun antarmuka ini sudah memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan penggunanya.

Misalnya, V-appstore, yang mempermudah pengelolaan aplikasi Anda. Fitur ini juga dapat digunakan untuk secara otomatis menghapus aplikasi yang tidak digunakan dan mengosongkan cache.

Selain memiliki sistem operasi versi lama, pengguna juga perlu cerdik menghemat memori saat menggunakan ponsel ini. Pasalnya, sebagai ponsel basic, RAM hanya 2 GB yang dilengkapi dengan memori internal 16 GB. Meski begitu, secara keseluruhan Vivo Y91 masih bisa digunakan dengan cukup lancar. Masalahnya, sepertinya penggunaan penyimpanan eksternal Anda perlu disematkan agar perangkat Anda berjalan lebih lancar.

Performa bagus ini berkat chipset Snapdragon 439, yang merupakan otak dari ponsel. Chipset ini berisi prosesor octa-core dengan GPU Adreno 505.

Pengujian dengan AnTuTu dan Benchmark memberikan skor yang cukup tinggi untuk ponsel sekelasnya. Hasil pengujian GeekBench menunjukkan nilai yang lebih tinggi daripada MediaTek Helio A22.

Efek Bokeh dengan Dual Kamera

Tersedia dengan harga yang sangat terjangkau, Vivo Y91 hadir dengan dua kamera sekaligus di bagian belakang case. Kamera ini juga dilengkapi dengan lampu kilat LED yang menambah sumber cahaya saat memotret.

BACA JUGA: Penyebab Android Lemot Dan Cara Memperbaikinya dengan Cepat

Kedua kamera tersebut memiliki sensor 2MP dan 13MP. Sensor 2MP yang disediakan digunakan untuk menciptakan efek bokeh saat memotret. Hasil yang didapat juga cukup bagus. Sementara itu, sensor 13MP merupakan kamera utama yang menjadi dasar perangkat ini. Usai digunakan, kamera mampu mengambil gambar yang tidak terlalu mengecewakan. Apalagi saat digunakan dalam kondisi cerah.

Untuk membuat bidikan Anda menjadi lebih baik, Vivo juga menyertakan fitur kecerdasan buatan (AI). Adanya fungsi ini mampu menentukan depth of field, sehingga Anda mendapatkan efek bokeh profesional.

Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Menggunakan baterai dengan kapasitas yang cukup besar menjadi salah satu hal yang disukai belakangan ini. Vivo Y91 juga mempertaruhkan aspek ini dengan menanamkan baterai 4030mAh.

Baterai ini mampu bertahan cukup lama dengan berbagai aktivitas sehari-hari. Sayangnya, fungsi fast charging belum disediakan. Namun untungnya, sistem manajemen daya yang Anda miliki cukup handal untuk meningkatkan performa baterai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here