Penyebab Android Lemot Dan Cara Memperbaikinya dengan Cepat – Semenjak dari pertama beli sampai saat ini, gadget android kamu semakin lama semakin lambat saja bila digunakan untuk membuka aplikasi atau game, cari tahu penyebabnya disini.

Baca juga: Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Jika smartphone kita menjadi lambat tentunya hal tersebut akan sangat menjengkelkan, mau buka satu aplikasi saja butuh waktu hitungan menit, belum lagi jika aplikasi tersebut tergolong berat, semacam game android yang punya spek tinggi.

Sebenarnya banyak penyebab kenapa baik smartphone ataupun tablet kamu menjadi lambat alias lemot, berikut beberapa faktor utama yang menjadi penyebabnya.

1. Terlalu banyak aplikasi / game yang terpasang

Memang dengan banyaknya aplikasi atau game yang tersedia di google play store saat ini, membuat kamu dengan mudah untuk mendapatkan aplikasi dan game tersebut dengan harga yang sangat murah atau bahkan gratis.

Baca juga: Aplikasi Islam Sesuai Sunnah Terbaik di Android 2020

Download ini dan itu, hingga tidak terasa smartphone kamu pun penuh dengan berbagai aplikasi dan game yang bisa menghabiskan memori serta RAM, yang tentunya hal ini bisa mengakibatkan smartphone android kamu melambat. Jadi salah satu solusinya adalah segera hapus atau uninstall aplikasi dan game yang tidak penting dan jarang kamu pakai.

2. Tutup aplikasi yang berjalan

Ternyata banyak aplikasi atau game yang berjalan di belakang layar, dan tersebut tidak bisa kamu lihat langsung. Hal seperti inilah yang bisa membuat smartphone kamu semakin melambat. Bayangkan saja jika puluhan game dan aplikasi kamu berbarengan berjalan di belakang layar dalam waktu bersamaan, tentu gadget android kamu bakal melambat bahkan bisa nge lag atau hang.

Baca juga: Android TV dari Coocaa, Bikin Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan

Solusi adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak kamu butuhkan terus menerus, caranya adalah kamu harus membuka menu pengaturan kemudian klik pada pilihan aplikasi, lalu nonaktifkan aplikasi dan game yang kamu pilih.

3. Hindari memakai wallpaper bergerak

Memasang wallpaper bergerak memang akan memperindah smartphone atau tablet android kesayangan, tapi tahukah kamu jika hal tersebut yaitu memasang wallpaper bergerak bisa mengakibatkan android kamu menjadi lambat.

Baca juga; Bingung Nyari Smartphone dengan Kualitas Gahar tapi Terjangkau? Ini Rekomendasinya!

Karena wallpaper bergerak bisa memakan memori android kamu lebih besar dari gambar biasa yang tidak bergerak, solusinya tentu saja jangan memasang wallpaper bergerak di android kamu, cukup pasang gambar biasa saja.

4. Perbarui OS android

Memang ternyata OS atau sistem android pada gadget kamu harus lah terus diperbarui atau di update, karena perbaruan sistem OS tersebut bisa membuat android kamu berjalan lebih cepat.

Baca juga: Review Spesifikasi Lengkap dan Harga HP Samsung J7 Plus

Fungsi dari kita melakukan perbaruan pada sistem android adalah, supaya sistem android dari smartphone kamu bisa mendapatkan versi terbaru. Dan tentu saja versi terbaru dari OS android ini merupakan penyempurnaan dari yang lama, dari mulai memperbaiki bug dari sistem android yang lama sampai mengoptimalkan hardware sehingga kinerja android kamu jadi lebih baik.

5. Perbarui aplikasi android

Melakukan perbaruan pada aplikasi yang telah terpasang di android kamu ternyata bisa membuat smartphone tidak lemot, karena seperti halnya OS android, aplikasi pun perlu untuk mendapatkan update versi terbarunya, supaya ketika kamu membuka aplikasi tersebut bisa cepat terbuka dan tidak lambat berjalan.

Hindari Penggunaan Aplikasi Launcher

Launcher menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat tampilan Handphone lebih menarik,namun di sisi lain,aplikasi ini memakan banyak RAM yang tentu memperlambat Kinerja Android anda,sara saya lebih baik anda menggunakan Launcer bawaan dari Ponsel anda, jika terpaksa pilihlah Aplikasi Launcer yang paling cepat.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here