Wisata Pantai Cantik di Padang yang Wajib Dikunjungi – Pantai merupakan salah satu tempat yang kerap kali menjadi favorit para wisatawan untuk menghabiskan liburan mereka. Jika berbicara mengenai pantai, mungkin yang paling menjadi favorit di Indonesia adalah Pantai Kuta, Bali. Namun, di Indonesia banyak sekali pantai, termasuk wisata pantai di Padang yang wajib masuk ke daftar tujuan wisata Anda.

Pantai-pantai di Padang, Sumatera Barat, tersebut memiliki pemandangan yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang ada di tempat lain. Selain berburu kuliner di Padang, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri mengunjungi pantai-pantai tersebut.

Wisata Pantai di Padang yang Memesona

Berikut beberapa daftar pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Padang, yang dilansir dari Minangku.com :

Pantai Pasumpahan

Dinamakan Pantai Pasumpahan karena memang pantai ini terletak di Pulau Pasumpahan, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Dari Teluk Bungus, Anda bisa menyewa speedboat untuk menuju ke lokasi Pantai Pasumpahan. Perjalanan menuju lokasi pantai terasa sangat menyenangkan karena wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru yang mengagumkan.

BACA JUGA: 4+ Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru Yang Menarik dan Indah

Di area sekitar pantai, Anda bisa melihat batu-batu karang yang masih terjaga dengan baik dan terlihat begitu indah. Para pencinta alam juga bisa menambah pengalamannya di sini dengan mencoba melakukan pendakian bukit yang ada di sekitar pantai. Di bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter ini, Anda bisa menyaksikan panorama pulau dari atas yang sangat indah.

Tak hanya Pulau Pasumpahan yang menjajakan sejuta keindahannya, di dekat pulau tersebut juga terdapat pulau lain bernama Pulau Sikuai yang dapat dijelajahi. Aktivitas menjadi semakin seru dengan adanya camping ground serta olah raga air yang bisa dijajal.

Pantai Padang

Pantai Padang merupakan pantai yang memiliki letak strategis karena berada di tengah perkotaan. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Padang Barat dan dapat dijangkau dengan melakukan perjalanan selamat 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau.

Para pencinta kuliner dijamin akan puas ketika berwisata di sini karena di sepanjang pantai tersedia banyak penjual makanan tradisional yang bisa Anda cicipi. Beberapa makanan yang menjadi favorit wisatawan di antaranya adalah lontong pical, sate, rujak, jagung bakar, dan aneka olahan ikan laut segar yang ditangkap langsung oleh nelayan setempat.

Sebelum beranjak pulang, sempatkan untuk berfoto di monumen yang bertuliskan “Kota Padang” di area sekitar pantai sebagai kenang-kenangan telah mengunjungi salah satu tempat yang indah ini.

Pantai Pasir Jambak

Dari pusat kota Padang, Pantai Pasir Jambak berlokasi sekitar 20 kilometer. Lokasi pantai dapat dijangkau dengan melewati jalan raya Padang – Bukittinggi. Pantai Pasir Jambak menjadi terkenal karena memiliki keindahan pantai yang masih alami, sehingga jauh dari kehidupan kota yang hingar bingar.

Pohon-pohon pinus di sekitar pantai ditambah rumput-rumput hijau yang terhampar luas menjadi tempat favorit untuk bersantai sembari menikmati panorama laut yang alami dan cantik. Tak hanya itu, pasir pantainya yang halus juga sangat nyaman untuk ditelusuri dengan hanya berjalan-jalan sembari menikmati hembusan angin yang menerpa.

Aktivitas paling nikmat yang bisa Anda lakukan adalah berjemur di area pantai sambil menyedot segarnya air kelapa hijau. Tak ada salahnya juga membawa bekal sendiri agar suasana bersantai menjadi semakin syahdu.

Pantai Bungus

Pantai Bungus wajib Anda kunjungi sebagai destinasi wisata pantai di Padang yang menawarkan panorama indah dan menenangkan. Pantai ini terletak di sebelah 20 kilometer kota Padang, tepatnya di Teluk Kabung. Panorama yang bisa Anda lihat di pantai ini di antaranya adalah bukit-bukit yang mengelilingi area pantai dengan sangat cantiknya.

Tak hanya itu, hamparan pasir pantai yang berwarna putih pun kian menambah ketenangan para pengunjung yang menghabiskan waktu liburnya di sini. Keunikan lain yang dimiliki Pantai Bungus adalah memiliki garis pantai yang berbentuk bulan sabit ketika dilihat dengan drone dari atas. Selain dengan drone Anda bisa menyaksikannya secara langsung dengan menyewa paragliding.

Anda bisa menyegarkan pikiran di sini hanya dengan berkeliling area pantai sembari menghirup angin segar yang berhembus. Tak hanya itu saja, menikmati keindahan lautnya juga sangat bagus dilakukan dengan menyewa perahu nelayan.

Pantai Nirwana

Terletak di 14 kilometer dari pusat kota, Pantai Nirwana kerap menjadi kunjungan wisatawan yang mampir ke kota Padang. Panorama indah yang dimiliki Pantai Nirwana ini sudah melegenda sejak zaman kolonial Belanda. Karena letaknya yang tak jauh dari Teluk Bayur, Anda bisa melihat barisan kapal-kapal yang sedang bersandar.

Keindahan Pantai Nirwana akan bertambah saat dalam kondisi air surut, karena Anda akan bisa melihat batu-batu koral kecil yang berserakan di pantai. Suasana kian membuat pikiran menjadi rileks dengan pepohonan yang berbaris di pesisir pantai menghembuskan angin segar serta memperlihatkan pemandangan pantai yang begitu asri.

Bagi para pemburu sunset, Pantai Nirwana memang benar-benar surganya pemandangan matahari terbenam. Dengan langit oranye serta pantulan sinar matahari yang mengenai surutnya air laut, menjadi objek potret yang begitu menakjubkan. 

Pantai Air Manis

Tak hanya Pantai Kuta di Bali yang kerap menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara, Pantai Air Manis di Padang juga sangat digemari wisatawan dari luar negeri. Salah satu daya tarik yang menjadikan pantai ini menjadi favorit wisatawan adalah panorama Gunung Padang yang sangat indah jika dilihat dari pantai ini.

BACA JUGA: 5+ Tempat Wisata di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Ombaknya yang kecil juga memberikan ketenangan para wisatawan yang hanya bersantai sembari menikmati hidangan. Di pantai ini juga memiliki objek yang sangat terkenal karena ceritanya yang melegenda, yakni patung Malin Kundang. Seperti yang diketahui bahwa Malin Kundang merupakan sosok anak durhaka yang mendapat kutukan dari ibunya menjadi batu.

Batu yang menyerupai anak laki-laki yang sedang bersujud itu diyakini masyarakat sebagai Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu. Selain itu, adanya batu-batu berserakan di sekitar patung tersebut juga diyakini sebagai pecahan-pecahan kapal yang dinaiki Malin Kundang. 

Tak jauh dari lokasi pantai terdapat pulau kecil seluas 1 hektar yang bernama Pisang Kecil. Untuk menjangkau pulau tersebut dapat dilakukan dengan hanya berjalan kaki.

Pantai Carolina

Pantai menarik lainnya yang ada di kota Padang adalah Pantai Carolina yang ada di Jalan Padang Painan. Pantai ini bisa dikunjungi wisatawan kapan saja karena memang buka selama 24 jam. Pantai ini terbilang unik karena memiliki bentuk bentangan yang unik, yakni menyerupai huruf W. Tak heran memang karena pantai ini terletak di area teluk.

Di siang hari, Anda bisa melihat pemandangan bukit di seberang pulau yang indah dengan latar langit biru dan laut yang begitu menenangkan. Pasir pantai berwarna coklat terang dan bertekstur halus, sehingga sangat nyaman dipijak. Untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan dari tengah laut, Anda bisa menyewa perahu nelayan yang ada di sini.

Setelah berkunjung ke wisata pantai di Padang yang satu ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Padang yang tak jauh dari sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here