Mengenal Lebih Dekat Apa itu Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing

Jika berbicara mengenai apa itu digital marketing, sebaiknya kita kilas balik mengingat bagaimana orang-orang memasarkan bisnisnya di awal tahun 90-an. Mulai dari menyebarkan brosur, memasang pamflet, beriklan di majalah, hingga memasang baris iklan di koran. Tidak ada yang salah dengan metode marketing tersebut. Bahkan, metode pemasaran tersebut terbilang sangat ampuh saat itu. Mengingat pada saat itu internet belum dikenal luas, khususnya di Indonesia.

Baca juga: Jasa Content Placement Indonesia Murah dan Berkualitas Ada di Sini!

Nah! Seiring berkembangnya zaman. Metode marketing tersebut pun perlahan mulai ditinggalkan. Dampak dari berkembangnya internet telah merubah pola kebiasaan masyarakat. Sehingga para pegiat marketing mau tidak mau terpaksa merubah metode pemasaran, untuk tetap dapat mempertahankan, dan meningkatkan penjualannya. Dan tentu saja, metode pemasaran yang wajib dikuasai oleh para marketer saat ini adalah bidang digital marketing. Apa itu digital marketing? Bagaimana jenis-jenisnya? Dan apa keuntungan bagi Kita mempelajarinya?

Pengertian Digital Marketing

Sesuai penamaannya, digital marketing (pemasaran digital) merupakan suatu aktivitas/kegiatan yang melibatkan penggunaan beragam perangkat digital, dengan tujuan mempromosikan produk/brand, untuk mendatangkan pelanggan atau pembeli.

Metode digital marketing terus mendapatkan perhatian, seiring bertambahnya pengguna internet di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tentu saja dengan alasan sederhana, di mana semakin banyak media cetak konvensional yang terus ditinggalkan. 

Kita lihat, bagaimana koran mulai ditinggalkan karena hadirnya website berita. Majalah yang dulunya menjadi media cetak favorit mingguan seakan tidak lagi memiliki daya tarik. Dan banyak media cetak konvensional lainnya yang telah kehilangan powernya.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Jika Kita berbicara mengenai jenis digital marketing, maka yang dimaksud adalah jenis-jenis platform atau media digital itu sendiri. Kita akan bahas satu persatu di bawah ini.

Social Media Marketing

Salah satu jenis media digital marketing paling popular saat ini adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk/brand. Alasannya cukup sederhana. Jutaan manusia setiap jamnya masuk ke sosial media untuk melakukan beragam aktivitasnya. Mulai dari sekedar membaca postingan teman, informasi grup, bahkan sampai mencari barang yang ingin dibeli. 

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Instagram untuk Promosi Bisnis

Dengan menganalisis potensi inilah, tidak heran bila banyak pegiat marketing memilih terjun ke digital marketing, untuk mendapatkan pelanggan.

Website Marketing

Adapun yang dimaksud dengan website marketing adalah metode pemasaran digital yang memanfaatkan media website sebagai wadah untuk mendapatkan pelanggan/pembeli. Bukan hanya memasarkan, dengan memanfaatkan website Kita dapat meningkatkan branding terhadap produk yang Kita miliki. Sehingga citra dari brand yang Kita miliki akan semakin kuat, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Inilah Keuntungan Membuat Blog atau Website di Era Digital!

Adapun metode yang umumnya diterapkan dari website marketing terbagi menjadi 2, yaitu SEO dan SEM. Apa itu SEO dan SEM? Simpelnya, SEO (Search Engine Optimization) merupakan metode optimasi website di mesin pencari, sehingga visibilitas website yang Kita miliki menjadi lebih tinggi. Dari visibilitas tinggi inilah yang nantinya akan menjadi peluang untuk menjaring konsumen, melalui klik masuk ke halaman website dari mesin pencari. Ibarat kata, semakin tinggi visibilitas website Kita di mesin pencari, hal tersebut ibaratkan brosur pemasaran yang Kita sebar akan semakin banyak pula.

Periklanan Digital

Sebenarnya periklanan digital tidak jauh berbeda dengan 2 jenis metode marketing di atas. Hanya saja, yang dimaksud periklanan digital di sini lebih spesifik pada pemanfaatan platform secara khusus, sehingga perusahaan platform tersebut yang langsung memasarkan produk/brand yang Kita miliki. 

Baca juga: Ini dia 4 Tips Membuat Iklan Soft Selling dengan Baik dan Benar

Untuk lebih mudah memahami, Kami akan berikan contoh. Pernahkah Anda membuka YouTube, kemudian dalam video tersebut terdapat jeda iklan sebuah produk. Nah! Itu merupakan bagian dari periklanan digital. Mereka yang memanfaatkan periklanan digital, produknya akan langsung dipasarkan oleh platform di mana ia hendak memasang iklan. Tentu saja, di era digital saat ini ada banyak sekali platform yang bisa Kita manfaatkan untuk digital marketing. Mulai dari FB Ads, Google Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, YouTube Ads, dan masih banyak lagi.

Keuntungan Mengaplikasikan Digital Marketing

Bila Kita membandingkan metode pemasaran digital dan konvensional, tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya saja, tentu Kita perlu cerdas membaca pasar dan pola masyarakat. Di era seperti saat ini, metode konvensional sudah terbilang kurang efektif. Oleh Sebab itu, mmeulai untuk masuk ke pemasaran digital adalah pilihan yang terbaik. Berikut di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari menerapkan pemasaran digital.

Pemasaran Lebih Simpel

Perbedaan yang cukup jelas antara metode digital marketing dan marketing konvensional adalah soal kesederhanaan. Dalam menerapkan digital marketing, yang Kita butuhkan paling utama adalah ilmu dan koneksi internet. Bila Kita mengetahui ilmunya, dan mampu membaca pasar dengan baik. Kita cukup melakukan klik-klik dari bangku Kita untuk menjalankan iklan. Berbeda dengan metode marketing konvensional, di mana Kita harus berpanas-panasan menyebar brosur. Atau keliling dari rumah ke rumah mengenal produk yang Kita miliki.

Calon Pelanggan Telah Terpetakan Dengan Jelas

Keuntungan lainnya dari digital marketing adalah Kita dapat memetakan dengan jelas, siapa saja yang dapat Kita tawarkan untuk mengenal produk Kita. Tentu saja, kemudahan ini dapat Kita peroleh dari peralatan yang disediakan oleh platform di mana Kita beriklan. Kita dapat menentukan rentang usia, jenis kelamin, hobi dan informasi lainnya. Sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan menjadi semakin besar.

Membangun Kedekatan Antara Perusahaan Dengan Pelanggan

Dengan adanya sosial media sebagai alat digital marketing, Kita bukan hanya mampu untuk mengenalkan produk. Lebih dari itu, Kita dapat membangun kedekatan antara pelanggan yang menggunakan produk Kita, dengan perusahaan/brand itu sendiri. Tentunya, kedekatan ini mampu menciptakan loyalitas yang akan berdampak positif pada brand yang Kita miliki.

Artikel Disusun Oleh Akhbar Penyedia Jasa Tulis Artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap