Fungsi dari Dedicated Server yang Harus Kamu Ketahui!

Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia pembuatan dan pengembangan website, mungkin sudah tak asing lagi dengan berbagai istilah yang berkaitan dengan penyimpanan digital, seperti Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting. Tapi, apakah kamu sudah pernah mendengarkan nama Dedicated Server dan apa fungsinya?

Bagi kamu yang baru terjun di dunia pembuatan dan pengembangan website, Shared Hosting tentunya menjadi pilihan awal agar website yang kamu buat bisa dioperasikan dengan segera, apalagi website kamu membutuhkan kapasitas yang tidak terlalu besar sangat cocok jika menggunakan Shared Hosting.

Baca juga: Inilah Keuntungan Membuat Blog atau Website di Era Digital!

Tetapi jika kamu memiliki website yang semakin berkembang dan memiliki jumlah pengunjung yang semakin meningkat, itu bisa membuat Shared Hosting yang kamu miliki semakin kesulitan untuk mengcover banyaknya permintaan dari pengunjung website yang kamu miliki, mungkin sudah waktunya kamu untuk memikirkan agar meningkatkan media penyimpanan ke hosting khusus, seperti Dedicated Server.

Apa Fungsi Dedicated Server dan Keunggulannya?

Berbeda dengan Shared Hosting, Dedicated Server merupakan produk hosting yang memberikan kemudahan kepada pemiliknya untuk memiliki satu server khusus dengan cara menyewa tanpa perlu berbagi dengan orang lain, sehingga Dedicated Server memberikan lebih banyak keunggulan bagi penggunanya, karena dengan adanya Dedicated Server memungkin website kamu mempunyai server sendiri tanpa perlu berbagi.

Baca juga: 10 Tips Menemukan Ide Posting di Blog dengan Mudah

Yang membuatnya unggul dari jenis hosting lain, Dedicated Server menawarkan ketangguhan dan kemudahan bagi pemiliknya, sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan daya yang besar untuk membangun situs web. Buat kamu yang masih penasaran, berikut ini adalah keunggulan dari Dedicated Server yang harus kamu ketahui!

Menawarkan fleksibilitas

Keunggulan pertama dari Dedicated Server adalah menawarkan kemudahan berupa fleksibilitas kepada penggunanya, seperti memungkinkan kamu untuk menyesuaikan server sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Jika kita bandingkan dengan shared hosting, tentu menggunakan layanan dedicated server jauh lebih leluasa dan memberikan kemudahan, seperti pengguna tidak dibatasi pada pemakaian aplikasi dan software tertentu. Dengan menggunakan layanan dedicated server memudahkan kamu untuk memiliki sebuah server yang bisa diatur yang sesuai dengan keperluan.

Akses dan Kontrol Penuh

Nah, akses dan kontrol yang penuh merupakan keunggulan yang akan anda rasakan bedanya jika menggunakan layanan dedicated server dibandingkan menggunakan layanan hosting lainnya. Hal ini terjadi karena layanan dedicated server ini membantu pemiliknya buat menggunakan secara penuh dan bebas melakukan setting sesuai dengan keinginannya. 

Meningkatkan keamanan website

Seperti yang kita ketahui bersama, keamanan merupakan hal yang paling penting sehingga harus diperhatikan ketika seseorang hendak menyewa sebuah hosting. Nah, dengan menggunakan layanan dedicated server akan memberikan keamanan yang kamu miliki jadi lebih meningkat dibandingkan menggunakan hosting jenis lain, selain itu jika suatu waktu mengalami kerusakan pada komponen server kita juga tidak harus bertanggung jawab.

Alamat IP yang berbeda dengan lain

Setiap server yang ada di internet mempunyai IP Address-nya sendiri. Berbeda ketika menggunakan shared hosting, yang mana itu artinya kamu juga berbagi IP Address dengan website-website lainnya.

Baca juga: 8+ Kelebihan WordPress Dibandingkan Platform Lainnya

Yang mana tentunya ini sangat berisiko, jika ada website lain yang menggunakan hosting yang sama untuk membuat website spam atau website dewasa, ini berisiko membuat website kamu mengalami penurunan di mesin pencarian. Dengan menggunakan layanan dedicated server, itu artinya kamu bisa dengan bebasnya memilih alamat IP buat server kamu sesuai dengan yang kamu inginkan tanpa berbagi ini dengan orang lain. 

Dapat meningkatkan posisi di mesin pencari

Sejak tahun 2010, mesin pencari raksasa Google menjadikan kecepatan loading suatu website menjadi salah satu faktor (core web vitals) yang menentukan dalam hasil di pencariannya. Nah, dengan menggunakan layanan dedicated server mampu membantu meningkatkan posisi website kamu di mesin pencari, sehingga berpotensi mendapatkan banyak pengunjung secara organik. Mengapa ini bisa terjadi? Karena dengan menggunakan layanan dedicated server memungkinkan kamu untuk memiliki website yang bisa lebih cepat diakses lewat berbagai perangkat. Hal ini dikarenakan resource atau sumber daya pada dedicated server hanya digunakan oleh satu akun hosting saja dan tidak dibagi-bagi, sehingga membuatnya memiliki performa yang lebih kencang.

Tips Memilih Dedicated Server Indonesia yang Berkualitas

Gimana, banyak banget keunggulan yang didapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan dedicated server, ‘kan? Buat kamu yang masih bingung, tips dalam memilih dedicated server adalah dengan menyesuaikan lokasi server dengan target audience yang ingin kamu sasar. Dedicated server Indonesia merupakan pilihan yang tepat buat kamu yang menargetkan pengunjung atau audience yang berada di negara Indonesia.

Selain itu, dalam memilih dedicated server Indonesia yang berkualitas yang harus kamu perhatikan adalah provider hosting-nya, pastikan kamu memilih provider hosting berkualitas seperti NEO Web Hosting

NEO Web Hosting menawarkan produk-produk cloud terintegrasi di Indonesia dengan kualitas terbaik, hal ini dibuktikan dengan keunggulannya memiliki multi data center, sertifikasi keamanan, UNLIMITED Network Traffic, jaminan support yang cepat, dan penawaran berbagai promo menarik. Salah satu promonya yang bisa kamu dapatkan adalah diskon 25% untuk layanan NEO Dedicated Hosting ;

  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain)
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar

Bagaimana, ternyata fungsi dan keunggulan dari dedicated server banyak juga, ya? Semoga dengan adanya tulisan kali ini, bisa membantu teman-teman semua yang masih kebingungan dalam memilih dedicated server yang berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap