10 Tips Menemukan Ide Posting di Blog dengan Mudah

10 Tips Menemukan Ide Posting di Blog dengan Mudah 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Pernahkah kamu kehabisan ide untuk membuat posting di blog? Jujur, kalau aku pernah. Lantas, apakah aku hanya tinggal diam menunggu ide tersebut datang dengan sendirinya? Tidak! aku segera mencari ide posting tersebut entah itu lewat blogwalking, berkunjung ke bank artikel seperti Ezine Articles atau mampir ke salah satu website di internet yang populer saat ini yaitu Hipwee dan IDN Times.

So what? Jika aku sudah menemukan ide posting apakah ide tersebut bisa membuat pembaca blog aku tertarik untuk membacanya? Tergantung isi posting bukan? Ngapain kita baca posting blog kalau tidak menarik dan bermanfaat buat kita, mending cari blog lain yang memuat posting menarik dan bermanfaat sekaligus memberi pencerahan buat kita. Betul tidak?

Baiklah, Berikut ini adalah 10 Tips Menemukan Ide Posting di Blog dengan Mudah yang pasti akan menarik perhatian pembaca dan membuat mereka ketagihan untuk datang kembali ke blog kamu. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tipsnya!

Buat Headline “Bagaimana…”

Jenis headline ini sederhana dan berisi manfaat yang besar. Pastikan kamu membuat headline posting dengan manfaat yang jelas baik untuk pembaca maupun niche (kategori) yang kamu bidik. Judul headline “Cara membuat badan menjadi langsing” akan lebih menarik perhatian jika diubah menjadi, “Bagaimana membuat tubuh kamu langsing dalam 7 hari”.

Melakukan Polling Tentang Topik Posting Selanjutnya

Tidak ada konten yang lebih baik daripada konten yang ingin di baca oleh pembaca blog kamu. Hal ini bisa kamu praktikkan dengan melakukan polling atau meminta pembaca untuk menyuarakan pendapatnya terhadap postingan blog yang akan kamu sajikan selanjutnya pada mereka. Jika kamu menggunakan platform wordpress kamu bisa gunakan plugin WP-Polls.

Wawancara

Postingan jenis ini selalu menarik perhatian pembaca blog kamu. Siapa orang yang kamu wawancarai? Bisa siapa saja yang menurut kamu kompeten atau layak untuk diwawancarai dan juga memiliki nilai tambah bagi pembaca. Bisa seorang internet marketer yang sukses atau seorang seleb blogger misalnya.

Mentrackback Pada Postingan Sejenis

kamu bisa lakukan dengan blogwalking kemudian mentrackback jika ada postingan blog lain ada yang sesuai dengan topik posting yang sedang kamu bahas di blog. Manfaat nya adalah posting blog kamu menjadi lebih dapat dipercaya karena kamu melakukan trackback pada blog yang sudah memiliki kredibilatas baik.

Selain itu si penerima trackback kemungkinan besar akan berkunjung juga ke blog kamu untuk melihat dan membaca postingan yang kamu buat. Limpahan traffic pun tidak mustahil didapatkan dari blog lain karena pembaca penasaran dengan topik sejenis yang sedang dibahas di blog kamu.

Posting Hasil Penelitian

Hasil riset adalah salah satu cara yang baik untuk menarik perhatian pembaca. Ajukan beberapa pertanyaan pada pengunjung atau fans blog kamu yang ingin kamu ketahui jawabannya tentang satu topik yang sedang hangat saat ini. Bila kamu memiliki sejumlah tanggapan yang layak (min 100 orang yang bersedia mengikuti survey) lalu dari hasil riset tersebut kamu tarik kesimpulan yang menarik dan sajikan pada pembaca blog kamu.

Posting berita atau informasi yang sedang HOT saat ini

Setiap orang pasti menyukai berita atau informasi yang menarik dan sedang HOT entah itu gosip artis, kondisi ekonomi, informasi mudik lebaran, atau kondisi politik terkini baik dari dalam maupun luar negri.

Postingan Berseri

Tidak cuma sinetron saja yang berseri, postingan di blog pun bisa dibuat berseri juga, seperti artikel yang sedang kamu baca ini aku sengaja membuat nya berseri yaitu (part 1) dan (part 2) tujuan aku agar lebih menarik dan membuat pembaca blog penasaran.

Komentar Pembaca

Jangan pernah anggap remeh setiap orang yang berkomentar di blog kamu, siapa tahu dari komentar yang masuk beberapa diantaranya bisa menjadi harta karun berupa bahan ide-ide brilian untuk postingan kamu selanjutnya.

Pengalaman Pribadi

Jika dulu kamu seorang newbie yang dipkamung sebelah mata tetapi dengan usaha, kerja keras, doa dan tekad kamu yang kuat akhirnya kamu bisa berhasil menjadi seorang selebblogger, TOP internet marketer, atau apapun itu, buatlah postingan tentang pengalaman dan proses perjalanan kamu hingga bisa meraih sukses yang gemilang di bidang kamu tersebut. Siapa tahu postingan kamu bisa menjadi inspirasi bagi pembaca dan juga bagi aku.

Arsip

Coba sekali-kali lihat arsip blog kamu dan kamu akan terkejut karena ide posting bisa kamu temukan disana. Carilah ide-ide posting blog setengah jadi dulu, kemudian matangkan hingga menjadi ide Killer untuk selanjutnya kamu buat postingan dan sajikan pada pembaca blog kamu.

So, darimana kamu menemukan ide posting blog? Mari sama-sama kita sharingkan disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Cara Jualan di Instagram Shopping Agar Cepat Laku

Menggunakan Instagram shopping bisa membuat produk jualan online kamu semakin cepat laku. Adanya fitur ini memudahkan pelanggan berbelanja produk...
error: Kalau mau copas untuk tugas boleh hubungi kontak aku. Kalau untuk maling mending gausah, haha.