Ini dia 8 Keuntungan Membuat Website dengan WordPress

Ketika mencari rekomendasi content management system (CMS) terbaik, bisa jadi WordPress merupakan salah satu anjuran yang Anda miliki. Di sini Anda bisa mengetahui beberapa keuntungan membuat website dengan WordPress.

WordPress memang suatu CMS terpopuler sepanjang beberapa tahun terakhir. Informasi yang dipunyai W3Techs menampilkan kalau platform ini digunakan oleh 34,5% website di dunia. Jadi, kenapa banyak orang memilih CMS ini? Postingan ini akan membahas semua keunggulan WordPress serta alasan kenapa Anda bisa memakainya untuk bermacam tipe website.

Apa saja kelebihan WordPress serta kenapa Anda wajib memakainya? Ikuti jawabannya di bawah ini ya!

Gratis

Pada dasarnya, WordPress bisa di unduh serta digunakan secara gratis. Cuma saja, Anda membutuhkan layanan website hosting serta nama domain supaya bisa mengoperasikannya. Di samping itu, web WordPress bisa di modifikasi dari segi tampilan serta fungsi tanpa wajib mengeluarkan uang sepeserpun.  Silakan baca artikel 6 langkah membuat website wordPress self hosted agar Anda mengerti tahapan yang dibutuhkan untuk membuat website dengan CMS wordpress.

Baca juga: Jaga Konsistensi Ngeblog dengan Gabung Grup Blog Walking Asik

Banyak Pilihan Plugin

Untuk meningkatkan fitur di WordPress, Anda memerlukan plugin. Saat ini telah ada lebih dari 50.000 plugin free di repository-nya. Sebagai contoh, Anda dapat “menyulap” WordPress jadi suatu website ecommerce dengan WooCommerce. Tetapi, CMS ini dapat digunakan untuk membuat portfolio online memakai plugin seperti Envira Gallery.

Di samping itu, masih terdapat banyak opsi yang disuguhkan oleh developer developer pihak ketiga, baik free ataupun berbayar. Dengan demikian banyaknya alterasi yang ada, pengguna CMS ini dapat membangun WordPress sesuai kemauan dengan mudah.

Ribuan Tema buat Kustomisasi

Salah satu keuntungan membuat website dengan WordPress yaitu banyaknya tema ataupun template web yang dapat Anda pilih. Di repository-nya sendiri ada lebih dari 7.000 tema gratis.

Tidak hanya itu, nyaris seluruh tema WordPress mudah dikustomisasi tanpa coding. Bila mau mengganti font, warna tulisan, serta model layout, Anda cuma perlu melakukannya dengan beberapa klik. Ditambah lagi, Anda dapat membeli bermacam template premium di toko yang lain, semacam ThemeForest. Karena berbayar, mereka umumnya mempunyai fitur yang lebih unggul.

Baca juga: Inilah Keuntungan Membuat Blog atau Website di Era Digital!

Instalasi serta Pembaruan Mudah Dilakukan

WordPress populer akan proses instalasinya yang bisa dituntaskan dibawah 5 menit. Apalagi, banyak penyedia layanan website hosting memberikan fitur instalasi praktis yang cuma membutuhkan satu klik.

Tidak hanya itu, pembaruannya juga mudah. Ketika tipe terkini dari CMS ini diluncurkan, Anda akan menemukan pemberitahuan serta bisa cepat memperbaruinya dengan satu klik. Perihal ini juga berlaku buat plugin serta tema.

Multifungsi

Dengan banyaknya tema serta plugin yang ditawarkan oleh CMS ini, nyaris tidak ada web yang bisa dibuat. Anda tidak cuma bisa membuat suatu web pribadi ataupun toko online yang simpel, namun juga company profile, apalagi web ecommerce.

Fleksibel

Salah satu keuntungan membuat website dengan WordPress yaitu fleksibel. WordPress bisa dipakai buat membangun web dalam bermacam skala, mulai dari website simpel sampai toko online dengan bermacam produk.

Akan tetapi, fleksibilitas WordPress tidak berhenti sampai di sana. CMS ini pula bersifat mobile-friendly. Maksudnya, Anda bisa memunculkan tampilan web buat bermacam ukuran layar. Terlebih lagi, perihal ini tidak memerlukan kemampuan teknis.

Untuk mengendalikan tampilan konten web, Anda cuma butuh membuka menu kustomisasi tema. Di samping itu, terdapat pula sebagian plugin yang membantu Anda mendapatkan web mobile friendly.

Aman

Keamanan informasi merupakan salah satu hal paling utama ketika Anda mempunyai web, terutama bila berurusan dengan transaksi serta data pribadi.

Anda tidak butuh takut sebab banyak plugin penambah keamanan yang ada di WordPress, semacam WordFence serta Sucuri Security. Di samping itu, CMS ini senantiasa meng-update penggunanya tentang isu-isu keamanan yang ada.

Tetapi, Anda juga bisa tambahkan keamanan WordPress dari sisi server website hosting. Biasanya di penyedia jasa hosting, seluruh tipe layanan website hosting telah termasuk SSL certificate free.

Mudah Dimaksimalkan Untuk SEO

Supaya suatu web mudah ditemui dalam mesin pencarian semacam Google, Anda wajib melaksanakan SEO ataupun search engine optimization. Untungnya, melaksanakan pengoptimalan pada WordPress tidak terlalu rumit.

Tanpa menambahkan plugin apapun, Anda telah bisa mengganti permalink pada halaman serta web post, dan meningkatkan alt text pada foto di web. Ditambah lagi Anda dapat mendapatkan banyak plugin SEO berkualitas di dalam repository CMS ini, contohnya Yoast SEO.

Terdapat banyak sekali keuntungan membuat website dengan wordpress yang bisa Anda ketahui. Berbagai macam keuntungan yang bisa Anda miliki bila membuat web dengan WordPress. Tidak hanya instalasi serta pembaharuan yang mudah, CMS ini menawarkan kemampuan tidak terbatas dengan plugin serta tema gratis yang dimilikinya.

Terlebih platform ini bisa diamankan tanpa wajib menguasai coding. Terlebih lagi, terdapat banyak panduan serta forum tentangnya. Jadi kini Anda bisa membuat website dengan menggunakan WordPress, selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top