4 Langkah Membuat Anak Jadi Rajin Menggosok Gigi – Bagi sebagian orang tua menyuruh anak untuk menggosok gigi merupakan hal yang susah. Banyak di antara anak-anak yang sering kali ketika disuruh menggosok gigi menolak ajakan orang tuanya, bahkan sebagian anak ada yang lari ketakukan ketika orang tuanya menyuruh untuk menggosok gigi.

Tak bisa dipungkiri, bagi sebagian anak menggosok gigi seolah-olah menjadi momok yang menakutkan. Sebenarnya kita tak bisa terlalu menyalahkan sang anak dari ketakutan tersebut.

Bisa jadi ada beberapa faktor yang menyebabkan sang anak jadi malas menggosok gigi. Dalam beberapa kasus, ada beberapa penyebab yang membuat anak jadi malas atau takut menggosok gigi, salah satunya belum terbiasa.

Yap, bagi sebagian anak aktivitas menggosok gigi bukanlah suatu hal yang biasa mereka lakukan, sehingga terkadang terasa bagi mereka sebagai beban. Maka dari itu orang tua harus mulai secara perlahan menyuruh anak menggosok gigi.

BACA JUGA: Ketahuilah, Ternyata Ini 5 Nutrisi Penting Pada Susu Anak

Nah, agar anak-anak mau menggosok gigi. Dalam tulisan kali ini saya akan memaparkan beberapa tips agar anak mau menggosok gigi. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Menyikat Gigi di Depan Anak

Seperti yang saya sebutkan di atas tadi, salah satu penyebab anak menjadi malas atau takut menggosok gigi adalah karena belum terbiasa dan menganggap menggosok gigi menjadi kegiatan yang asing sehingga membuatnya takut.

Maka dari itu, perlu orang tua membiasanya diri untuk menggosok gigi secara rutin di depan anak-anaknya agar sang anak terbiasa dengan kegiatan menggosok gigi. Sehingga ke depannya mereka berani dan mau menggosok giginya.

Memilihkan Sikat Gigi yang Nyaman

Tips selanjutnya adalah dengan memilihkan sikat gigi yang nyaman. Banyak dari anak yang tidak mau menggosok gigi disebabkan oleh salahnya pemilihan sikat gigi oleh orang tua. Banyak dari orang tua menggunakan sikat gigi yang abal-abal sehingga dapat mencederai gusi atau gigi sang anak.

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak agar Menjadi Saleh dan Saleha

Maka dari itu, orang tua perlu memilihkan sikat gigi yang nyaman terbuat dari bahan-bahan yang halus sehingga tidak membuat gigi atau gusi si kecil menjadi sakit.

Menjadikan Menggosok Gigi sebagai Kegiatan Menyenangkan

Tips yang ketiga adalah dengan membuat menggosok gigi menjadi kegiatan yang menyenangkan. Banyak dari orang tua yang membuat kegiatan menggosok gigi seolah-olah menakutkan. Sebagian dari orang tua ada yang terlalu memaksakan dan menyuruh anak untuk menggosok gigi dengan kasar, sehingga sang anak menjadi takut.

Maka dari itu orang tua haruslah lebih bijak dalam membuat kegiatan menggosok gigi menjadi lebih menyenangkan. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti dengan memberikan bentuk sikat gigi yang lucu atau menggosok gigi sambil bermain semuanya bisa Anda coba di rumah.

Berikan Pasta Gigi yang Disukainya

Selanjutnya adalah dengan memberikan sang anak pasta gigi sesuai yang disukainya. Terkadang orang tua hanya mau menuruti egonya sendiri, sehingga memberikan sang anak pasta gigi dengan rasa yang tidak ia sukai, entah itu rasanya kepedasan ataupun tidak cocok di lidah sang anak.

BACA JUGA: Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang untuk Pertumbuhan Anak

Maka dari itu, perlu orang tua sedikit berdiskusi dengan anak-anak mengenai apa pasta gigi yang ia mau. Kenapa begitu? Agar sang anak senang bisa menggosok gigi dengan pasta gigi kesukaannya, sehingga menggosok gigi jadi lebih bersemangat.

Demikianlah tulisan kali ini mengenai Langkah Membuat Anak Jadi Rajin Menggosok Gigi. Semoga apa yang saya sampaikan pada tulisan kali ini bisa bermanfaat bagi para orang tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here