Makanan Khas Semarang yang Lezat, Wajib Dicoba! – Beberapa waktu lalu, aku sudah membagikan sebuah tulisan mengenai tempat wisata dan sewa bus di Kota Semarang. Di tulisan itu, aku menyebutkan bahwa kota Semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti wisata alam dan wisata sejarahnya.

Buat yang penasaran, bisa baca di Sewa Bus Semarang dengan Berbagai Keunggulan

Nah, setelah selesai membahas mengenai transportasi dan destinasi wisata di kota Semarang, selanjutnya aku mau membagikan tulisan mengenai makanan atau kuliner khas yang ada di kota Semarang.

Makanan Khas Semarang yang Lezat, Wajib Dicoba!

5+ Makanan Khas Semarang yang Lezat, Wajib Dicoba! 1
Makanan Khas Semarang via Pixabay.com

Tak lengkap rasanya jika kita sudah berkunjung dan jalan-jalan di kota Semarang tanpa mencicipi makanan khas yang ada di kota ini. Nah, apa sajakah makanan khas Semarang yang lezat dan wajib dicoba itu? Yuk simak tulisannya di bawah ini!

Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso, Olahan Babat yang Lezat

Makanan khas Semarang pertama yang aku rekomendasikan ke kalian adalah nasi goreng babat dan babat gongso. Buat kamu yang belum tau apa itu babat, jadi babat sendiri merupakan bagian dari jeroan sapi yang sering dijadikan sebagai olahan makanan di negeri kita, contohnya nasi goreng babat dan babat gongso ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Yang Eksotis Di Yogyakarta

Di Semarang, kamu bisa menemukan banyak warung makan yang menjual makanan khas Semarang ini. Di sana, babat dibuat dengan cara khusus sehingga bau khas sapinya tidak ada lagi ketika kita mau makan. Salah satu warung makan yang terkenal di Semarang menyajikan makanan khas ini adalah Babat Pak Karmin. Warung ini terkenal dengan sajian nasi goreng dan babat gongsonya yang empuk dan gurih.

Makanan Khas Semarang Tahu Gimbal dari Petis

Selanjutnya ada tahu gimbal yang merupakan salah satu makanan khas Semarang yang banyak menjadi favorit. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang mencoba olahan makanan dari bumbu petis ini.

Baca juga: Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Kuliner khas Semarang ini berisikan lontong, bakwan dengan isian udang atau gimbalnya, potongan kol dan tauge, yang kemudian diberikan saus kacang dengan bumbu petis. Buat kamu yang penasaran, rasa dari tahu gimbal ini adalah gabungan antara rasa manis, gurih dan asin yang lezat.

Nasi Pindang dengan Kuah Sedap dan Segar

Dan selanjutnya ada makanan khas Semarang lainnya yang menggungah selera, yaitu Nasi Pindang. Buat kamu yang belum tau mungkin bingung ini makanan apa, tapi yang berasal dari pulau Sumatera mungkin mengira nasi pindang adalah makanan khas Semarang dari olahan ikan, tapi nyatanya tidak.

Jadi di Semarang, nasi pindang adalah kuliner khas yang berasal dari olahan daging sapi yang dipadukan dengan kuah rempah kluwek dan daun melinjo. Sekilas, nasi pindang ini mirip dengan rawon dari Jawa Timur. Buat kamu yang penasaran, nasi pindang ini tampilannya tidak terlalu pekat dan selalu disajikan dengan nasi, rasanya lebih segar ketika masuk ke tenggorokan. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

Mangut Welut, Makanan Khas Semarang dengan Citarasa Pedas

Buat kamu yang menyukai makanan dengan citarasa pedas mungkin makanan khas Semarang berikut ini cocok untuk kamu, makanannya adalah mangut welut. Mangut welut adalah kuliner khas Semarang dari olahan belut air tawar.

Rasa mangut welut sendiri gurih, pedas, dan segar yang berasal dari kuah mangutnya membuat siapa saja yang mencoba menjadi ketagihan. Karena berasal dari olahan belut, makanan khas Semarang ini memiliki kandungan protein yang tinggi, cocok untuk kamu yang ingin menguatkan otot dan gigi.

Wedang Tahu, Minuman Hangat dan Menyegarkan

Selesai mencicipi kuliner khas Semarang yang berat-berat, sepertinya kamu harus mencoba minuman khas dari Semarang, yaitu wedang tahu. Kuliner khas Semarang ini sangat cocok buat kamu yang menyukai minuman hangat untuk menyegarkan badan.

Baca juga: Wajib Coba! Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Indonesia

Minuman khas Semarang ini dibuat dari campuran gula aren, jahe, dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Rasanya yang manis dan hangat, sangat cocok menemani ketika musim hujan melanda.

Tak hanya itu aja, kamu bisa membaca mengenai Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Nah bagaimana, cukup banyak dan bervariasikan makanan khas Semarang? Sebenarnya masih banyak banget loh kuliner yang bertebaran di kota Semarang, tapi karena aku males banget jadinya hanya itu aja yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat ya!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here