Mengenal Apa itu Email Hosting dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengarkan kata email hosting? Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia digital marketing mungkin sudah tak asing lagi ketika mendengarkan kata email hosting. Namun, bagi kamu yang masih awam dengan email hosting tidak perlu khawatir, karena pada tulisan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai apa itu email hosting dan manfaatnya untuk bisnis kamu di era digital seperti sekarang.

Di antara banyaknya media komunikasi yang ada, email hingga saat ini masih menjadi media komunikasi yang digandruingi oleh banyak orang, terutama bagi para profesional di dunia kerja dan bisnis. Nah, berbicara mengenai email, pastinya kamu pernah dong menerima email dari pengirim dengan alamat yang unik dan berbeda dari biasanya, seperti alamat email admin@namabisnis.com contohnya?

Baca juga: Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Alamat email dengan nama domain website yang tak biasa yang terletak di belakangnya seperti contoh di atas bisa didapatkan jika kamu memakai layanan email hosting premium alias berbayar. Lalu apakah perbedaan email hosting berbayar dengan email gratisan? Apa saja manfaat yang didapatkan jika menggunakan email hosting? Pada tulisan kali ini adalah penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Email Hosting?

Kamu mungkin sudah sering mendengarkan istilah web hosting dalam dunia blogging ataupun pembuatan website. Jika kita lihat secara sekilas, sebenarnya email dengan web hosting itu memiliki kesamaan, yaitu sama-sama tempat untuk menyimpan data.

Baca juga: cPanel vs Plesk, Mana yang Lebih Baik?

Jadi, email hosting adalah sebuah layanan yang memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mempunyai email dengan alamat email di belakangnya menggunakan nama domain website-nya sendiri dengan server yang berbeda dari server web hosting. Dengan begitu membuat kinerja akun email yang menggunakan email hosting terjaga dengan baik.

Manfaat Penggunaan Email Hosting untuk Bisnis di Era Digital

Bagi kamu yang memiliki bisnis, menggunakan email hosting untuk bisnismu akan memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan daya saing bisnismu di dunia digital. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan email hosting untuk bisnis kamu di era digital. Bagi kamu yang tertarik, bisa beli email hosting di DomaiNesia untuk mendapatkan berbagai manfaat dari penggunaan email hosting untuk bisnis.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Membangun kepercayaan atau kredibilitas bisnis di era digital seperti sekarang semakin mudah dengan hadirnya berbagai tools yang memudahkan pelaku bisnis, salah satunya adalah email hosting ini. Dengan menggunakan layanan email hosting, kamu dapat membuat alamat email dengan nama website bisnis kamu di belakang email-nya, sehingga terkesan lebih profesional dan bisa meningkatkan kredibilitas bisnis kamu di benak konsumen.

Baca juga: Inilah Keuntungan Membuat Blog atau Website di Era Digital!

Membangun Branding Bisnis

Membangun citra atau branding bisnis kamu di dunia digital kini bisa dibantu dengan menggunakan email hosting. Dengan menggunakan email hosting akan memudahkan konsumen yang menerima email untuk mengenali bisnis kamu karena adanya nama website bisnis kamu di belakang alamat email-nya sehingga bisa membantu kamu dalam membangun branding bisnis yang kamu kelola agar lebih dikenal dan melekat di benak konsumen.

Privasi Email Bisnis Lebih Terjaga

Jika dibandingkan ketika dengan menggunakan layanan email gratisan, tentunya menggunakan email hosting yang berbayar bisa memberikan keamanan privasi yang lebih ekstra. Jika kamu menggunakan email gratisan untuk bisnis, ada kemungkinan pihak penyedia layanan email gratisan bisa melihat isi email yang kamu kirimkan. Berbeda jika kamu menggunakan layanan email hosting, privasi kamu lebih terjamin karena penyedia layanan tidak bisa mengintip  apa email yang kamu kirimkan.

Terdapat Fasilitas Backup Email

Bagi pebisnis, email-email yang dikirimkan ke klien atau konsumen biasanya berisikan data-data penting yang harus dijaga dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, pentingnya fitur atau fasilitas backup email agar email bisa dijaga dengan baik dan tak hilang. Pada layanan email gratisan, penggunaan fitur backup email terbatas. Maka dari itu, pentingnya menggunakan layanan email hosting berbayar agar kamu dapat melakukan backup dan restore dengan mudah.

Daya Tampung Penyimpanan Lebih Besar

Berbeda dengan layanan email yang gratisan, daya tampung penyimpanan email hosting berbayar memiliki kapasitas yang lebih besar. Menggunakan layanan email gratisan untuk aktivitas bisnis bukanlah keputusan tepat karena kegiatan bisnis biasanya membutuhkan penyimpanan yang lebih besar. Maka dari itu, menggunakan layanan email hosting merupakan pilihan yang tepat karena layanan email hosting berbayar menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Gimana, ternyata banyak banget ya manfaat dari penggunaan email hosting untuk mendukung kemajuan bisnis kamu di era digital? Mulai dari bisa membantu meningkatkan kredibilitas, membangun branding, menjaga privasi bisnis, bantu backup data lebih mudah, dan punya kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada layanan email gratisan.

Buat kamu yang ingin menggunakan email hosting, sebaiknya menggunakan ekstensi domain yang terbaik juga sesuai dengan keperluan bisnis kamu. Misalnya kamu mempunyai bisnis yang berfokus menyasar konsumen dari Indonesia, bisa menggunakan domain .id dengan cara membelinya di provider domain yang jual domain .id yang terpercaya dengan harga yang terjangkau seperti DomaiNesia.

Demikianlah tulisan kali ini mengenai apa itu email hosting dan berbagai manfaatnya untuk membantu mewujudukan kesuksesan bisnis kamu di era digital. Tunggu apalagi? Buruan gunakan email hosting sekarang juga untuk membantu bisnismu bersaing di dunia digital.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top