Mengenal Dayamaya, Program Pengembangan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T

Berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan berbagai dampak positif bagi negara-negara di dunia, termasuk juga negara kita. Salah satu bukti dampak positif dari berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dengan munculnya ekonomi digital.

Buat kalian yang belum tau, ekonomi digital adalah semua bentuk aktivitas ekonomi yang menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Nah, pemerintah kita melihat betapa besarnya potensi ekonomi digital ini, yang mana harapannya nanti bisa memberikan banyak manfaat bagi kemajuan negara kita ke depannya.

Tak hanya berfokus di kota-kota besar saja, melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo, pemerintah kita juga memerhatikan daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) untuk dikembangkan potensi ekonomi digital-nya melalui program Dayamaya.

Apa itu Program Dayamaya?

Mengenal Dayamaya, Program Pengembangan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T 2

Buat kamu yang belum tau, Dayamaya ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam mengembangkan potensi ekonomi digital ke seluruh pelosok negeri. Jadi Dayamaya ini merupakan program yang secara dirancang khusus untuk mengajak para pelaku Startup, komunitas dan UMKM untuk bersama-sama mengembangkan potensi-potensi ekonomi digital yang ada di daerah 3T.

Tak hanya itu saja, program Dayamaya ini juga berperan dalam memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada dan mungkin kerap kali menjadi penghambat mereka untuk mengembangkan potensi mereka di daerahnya.

Dengan berkolaborasi bersama Startup, Komunitas dan UMKM yang ada, saat ini program Dayamaya sudah menghasilkan 18 inisiator yang terpilih pada tahun 2019, dan dari semua itu terdapat 3 inisiator yang telah menampakkan berkontribusi yang nyata di masyarakat. Adapun 3 inisiator yang sudah berkontribusi secara signifikan tersebut adalah sebagai berikut!

Atourin, Startup Sektor Pariwisata

Mengenal Dayamaya, Program Pengembangan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T 3

Inisiator pertama yang telah memberikan kontribusi secara signifikan dari program Dayamaya ini adalah startup Atourin. Buat teman-teman yang belum tau, Atourin ini sesuai dengan namanya adalah startup yang berkontribusi di sektor pariwisata.

Atourin membantu masyarakat-masyarakat di daerah 3T dengan cara menawarkan jasa dan layanan, baik itu secara online maupun juga secara langsung. Bukti dari kontribusi startup ini bagi perkembangan ekonomi digital masyarakat adalah dengan memberikan pelatihan bagi pemandu wisata di Natuna.

Cakap, Startup Pembelajaran Bahasa Asing

Mengenal Dayamaya, Program Pengembangan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T 4

Masih ada hubungannya dengan sektor pariwisata, startup binaan Dayamaya berikutnya adalah Cakap. Startup ini memberikan pembelajaran bahasa asing demi mendukung perkembangan ekonomi digital di daerah 3T.

Melalui platform Cakap, orang-orang di sana bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang sudah disediakan di sana. Contohnya saja pelatihan untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris.

Dengan adanya platform belajar bahasa asing ini, diharapkan masyarakat bisa memperkenalkan potensi pariwisata daerahnya ke orang-orang dari seluruh dunia.

Jahitin, Startup Pelatihan Menjahit

Dilihat dari namanya mungkin teman teman sudah mengetahuinya, ya Jahitin adalah platform pelatihan menjahit yang sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat agar bisa meningkatkan keahliannya dalam menjahit.

Dengan adanya platform ini, masyarakat bisa mengetahui berbagai macam pelatihan menjahit dan bagaimana caranya mengolah limbah kain tenun menjadi sesuatu yang nilai ekonomi yang tinggi.

Tak hanya sekadar pelatihan menjahit, platform Jahitin ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjual produk hasil jahitannya ke pasar-pasar agar cepat laku.

Bagaimana, sangat menarik dan bermanfaat kan program Dayamaya ini? Dengan adanya program ini merupakan bukti dari pemerintah berusaha terus meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi digital bagi masyarakat yang berada di kawasan 3T.

Semoga dengan adanya program Dayamaya ini, semoga saja bisa membawa perubahan di daerah 3T dalam bidang perekonomian berbasis digital. Apalagi kerjasama antara pemerintah dengan startup ataupun komunitas sangat dibutuhkan untuk membantu perubahan di daerah 3T menjadi semakin cepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap